Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Katanya, obat kumur juga bisa dijadikan obat sariawan. Meski di pasaran sudah banyak beredar obat sariawan berbentuk kumur maupun oles, banyak orang yang percaya kalau berkumur dengan obat kumur bisa menjadi cara mengobati sariawan pada mulut. Apakah benar seperti itu? Mari simak faktanya di bawah ini.

Apa yang menjadi penyebab sariawan?

Sariawan merupakan sebuah luka atau borok pada bagian dalam mulut manusia, dan dapat terjadi pada anak-anak, remaja hingga orang dewasa.  Sariawan biasanya terjadi pada bagian bawah lidah atau sepanjang sisi rongga mulut.

Sedangkan penyebab sariawan bisa didasari oleh sistem kekebalan tubuh yang melemah, sehingga tidak dapat melawan virus dari penyakit influenza, kekurangan vitamin B12 dan juga asam folat. Kadang perubahan hormonal seperti menstruasi juga bisa menyebabkan sariawan muncul.

Benarkah obat kumur bisa menjadi obat sariawan?

Ini memang tidak salah. Tapi, tidak semua obat kumur bisa dijadikan sebagai obat sariawan. Obat kumur bisa mengobati sariawan ringan pada mulut dan bakteri di tenggorokan Anda. Sariawan ringan yang dimaksud contohnya disebabkan oleh goresan makanan yang teksturnya keras ataupun bakteri.

Di dalam obat kumur, terdapat kandungan zat antiseptik yang membunuh bakteri penyebab sariawan, sehingga mempercepat penyembuhan dengan cara yang mirip seperti krim antibiotik  untuk mengurangi luka di kulit.

Peneliti di University of Pennsylvania mengatakan, sampai saat ini belum ada obat kumur yang mampu menjadi obat sariawan secara ampuh. Namun setidaknya, ada 5 bahan dalam obat kumur yang didapuk bisa mengatasi sariawan tingkat ringan:

  • Zat antibiotik, fungsinya untuk membunuh bakteri di sekitar luka
  • Zat antihistamin atau anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan dalam mulut
  • Zat antijamur untuk mengurangi pertumbuhan jamur dalam mulut
  • Zat kortikosteroid untuk mengobati peradangan  sariawan
  • Zat antasida yang membantu memastikan bahan lainnya cukup melapisi bagian dalam mulut Anda

Yang harus diperhatikan saat menggunakan obat kumur untuk mengobati sariawan

  • Kebanyakan sariawan akan sembuh selama satu minggu. Namun, segera temui dokter jika sariawan Anda tidak sembuh juga setelah 2 minggu, atau bentuk sariawan semakin besar atau meluas. Dokter juga akan mendiagnosis Anda untuk menentukan apa ada masalah medis yang memicu munculnya sariawan.
  • Ketika Anda menggunakan obat kumur, jangan minum langsung dari leher botol obat kumur. Dikhawatirkan bakteri lain akan berpindah dari botol ke dalam tubuh, sehingga dapat memicu timbulnya peradangan baru di dalam mulut atau tenggorokan.
  • Jangan menggunakan obat kumur dengan takaran lebih dari 15 ml. Hindari pemakaian obat kumur untuk sariawan pada anak berusia 12 tahun ke bawah.
  • Saat mengalami sariawan, hindari penggunaan pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate. Karena zat tersebut bisa yang bisa memperparah luka pada sariawan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca