Tak Mau Pesta Natal Terganggu Nyut-nyutan Karena Gigi Sensitif? Hindari 4 Makanan dan Minuman Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Siapa bisa menolak beragam santapan menggoyang lidah yang dihidangkan di pesta Natal? Namun bagi pemilik gigi sensitif, tahan diri dulu. Ada beberapa jenis makanan dan bahkan minuman yang harus dihindari jika tidak mau gigi sensitif Anda bermasalah di tengah pesta. Agar perayaan pesta Natal bisa berjalan khidmat tanpa nyut-nyutan, yuk cari tahu makanan dan minuman apa saja yang perlu dihindari.

Daftar makanan yang harus dihindari gigi sensitif saat pesta Natal

Pesta Natal bisa menjadi “ujian” tersendiri bagi pemiliki gigi sensitif. Alih-alih bebas menyantap aneka hidangan yang tersusun rapi di meja, Anda mungkin hanya menelan ludah karena tidak bisa merasakan nikmatnya makanan dan minuman tersebut.

Demi kebaikan si gigi sensitif, berikut jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat pesta Natal:

1. Es krim

resep es krim buah sehat

Makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas merupakan “musuh” yang harus dihindari oleh pemiliki gigi sensitif. Salah satunya termasuk es krim.

Ini karena suhu ekstrem dari makanan tersebut dapat mengiritasi saraf pada gigi yang sensitif. Lapisan enamel alias lapisan paling luar gigi biasanya sudah terkikis. Tanpa adanya lapisan enamel, suhu dingin bisa langsung menyerang saraf gigi sehingga menimbulkan keluhan nyeri, ngilu, dan nyut-nyutan pada gigiKondisi inilah yang menyebabkan munculnya rasa sakit dan ngilu di mulut.

Meski begitu, nyut-nyutan akibat makan es krim bukan cuma karena dinginnya saja. Jordan Taylor, DMD, seorang dokter gigi di Alabama, Amerika Serikat, berujar, kandungan gula dalam es krim juga dapat membuat gigi lebih sensitif.

2. Buah asam

manfaat nanas untuk kanker

Ada berbagai jenis buah-buahan asam. Sebut saja jeruk, nanas, lemon, hingga jeruk nipis.

Selain makanan dan minuman yang terlalu dingin, buah-buahan asam tersebut juga termasuk makanan yang sebaiknya dihindari oleh pemilik gigi sensitif di pesta Natal.

Bukan tanpa alasan. Hal ini karena buah-buahan asam dapat semakin mengikis enamel gigi yang telah menipis. Akibatnya, memicu munculnya sensitivitas dan rasa ngilu pada gigi Anda.

3. Soda

remaja minum soda

Bukan hanya makanan, tapi minuman bersoda juga dianjurkan dihindari oleh pemilik gigi sensitif saat pesta Natal.

John T. Grbic, DMD, selaku dosen kedokteran gigi di Columbia University College of Dental Medicine, New York City, mengungkapkan bahwa gula, karbonasi, dan perisa asam di dalam soda bisa merangsang munculnya rasa nyeri dan ngilu pada gigi.

4. Permen dengan tekstur keras dan lengket

permen mengandung narkoba

Bagi Anda yang punya gigi sensitif, menikmati permen di pesta natal mungkin tidak akan semanis rasanya. Terlebih jika permen yang Anda makan memiliki tekstur keras dan lengket. Makanan yang satu ini perlu dihindari karena dapat memperburuk kondisi gigi sensitif.

Permen dengan tekstur keras, entah itu lolipop atau permen pada umumnya, mengandung gula yang cukup banyak. Sementara permen dengan tekstur lengket juga bisa dengan mudah menempel pada gigi.

Makanan dengan rasa manis dan bertekstur lengket dapat memengaruhi kondisi saraf di dalam dentin gigi. Dentin adalah lapisan gigi yang terletak di bawah enamel.

Lapisan dentin sebenarnya mirip dengan lapisan enamel, tapi teksturnya sedikit lebih lembut. Pada dentin juga terdapat lubang berukuran sangat kecil, sehingga semakin memudahkan aliran menuju saraf gigi.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 25, 2019 | Terakhir Diedit: Desember 13, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca