Tak Hanya Bau Mulut, Malas Gosok Gigi Bisa Picu Infeksi Pernapasan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Mungkin Anda sering dengar, kalau jarang sikat gigi atau rongga mulut tidak bersih bisa sakit gigi atau sariawan. Nah, kebiasaan ini ternyata bisa berdampak lebih buruk, lho, bagi kesehatan Anda. Nyatanya, kesehatan paru bisa terganggu akibat jarang gosok gigi. Bagaimana bisa?

Paru-paru terganggu akibat jarang gosok gigi

The Dental health Foundation menemukan fakta bahwa kesehatan paru bisa terancam akibat jarang gosok gigi. Penelitian ini menyatakan bahwa bakteri yang ada di mulut dapat meningkatkan risiko penyakit pneumonia.

Pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru, sehingga menyebabkan kantung udara di dalam paru meradang dan membengkak. Kesehatan mulut yang buruk memang disebut-sebut sebagai salah satu faktor dari infeksi pernapasan.

Pasalnya, bakteri dari mulut bisa turun ke area pernapasan dan akhirnya menyebar.

Bakteri pada gigi yang rusak meningkatkan risiko kematian akibat pneumonia

Para peneliti meneliti lebih jauh bakteri yang terdapat pada lidah peserta riset, yang rata-rata berusia 70-80 tahun. Di hasil penelitian, ditemukan beberapa jenis bakteri yaitu Prevotella histicola, Veillonella atypica, Streptococcus salivarius, dan Streptococcus parasanguinis. 

Bakteri tersebut lebih sering ditemukan pada seseorang yang memiliki banyak plak di gigi dan gigi berlubang. Selain itu, peneliti juga menemukan lebih banyak jamur di antara peserta yang memakai gigi palsu.

Lantas, dari hasil penelitian, diketahui juga bahwa lansia yang memiliki kondisi mulut yang tidak bersih dan terdapat banyak bakteri, cenderung punya infeksi pernapasan.

Kesehatan tubuh secara umum terganggu akibat jarang gosok gigi

Tak hanya memengaruhi paru-paru, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan komplikasi penyakit.

Mulut adalah pintu masuk bakteri penyebab penyakit ke bagian tubuh lainnya. Bakteri  dari mulut dapat menyebar ke aliran darah. Jika kesehatan mulut Anda tidak baik, maka jumlah bakteri yang akan masuk ke aliran darah pun akan meningkat.

Tanpa kebersihan mulut dan gigi yang tepat, seperti jarang gosok gigi, bakteri juga dapat menyebabkan infeksi mulut. Misalnya, kerusakan gigi dan penyakit gusi. Bahkan, infeksi pada mulut bertanggung jawab pada terjadinya tiga penyakit sistemik, yaitu penyakit kardiovaskuler, stroke, komplikasi diabetes melitus, dan aterosklerosis.

Selain itu, ketidakseimbangan mikroba dalam usus juga dikaitkan dengan beberapa penyakit yang melibatkan sistem kekebalan tubuh, seperti penyakit radang usus.

Jaga kesehatan mulut itu, penting!

Dengan Anda menjaga kesehatan mulut yang baik, Anda bisa mencegah berbagai penyakit infeksi yang mengintai.

Anda cukup gosok gigi dua kali sehari selama dua menit menggunakan pasta gigi berfluoride. Bersihkan juga sela-sela gigi setiap hari dengan sikat gigi atau benang gigi. Ganti sikat gigi setidaknya tiga atau empat bulan sekali

Perhatikan juga apa yang Anda konsumsi sehari-hari, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan dan minuman manis. Jangan merokok. Selain itu, periksa kesehatan gigi dan mulut secara rutin setidaknya enam bulan sekali ke dokter gigi.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca