Saat Darurat, 7 Trik Ini Bisa Bantu Mengatasi Bau Mulut Tanpa Sikat Gigi

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/06/2019
Bagikan sekarang

Apa yang biasanya Anda gunakan untuk mengusir bau mulut yang membandel? Tentu langsung sikat gigi, bukan? Namun, ketika Anda sedang bepergian atau berada di luar rumah dan tidak membawa sikat gigi, jangan biarkan bau mulut mengganggu aktivitas Anda. Masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut meski tidak membawa sikat gigi. Penasaran apa saja? Simak dalam ulasan berikut ini, ya.

Trik jitu untuk mengatasi bau mulut, jika tidak ada sikat gigi

1. Makan buah

Selain bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, ternyata buah juga berperan aktif dalam menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Contohnya buah apel dengan kandungan polifenol yang ampuh untuk membasmi bakteri sekaligus membantu menghilangkan senyawa atau gas yang berbau seperti belerang pada mulut.

Buah-buahan jenis lain yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, stroberi, jambu, dan anggur dipercaya menghasilkan asam pada mulut guna mencegah bakteri berkembang biak.

Pada dasarnya, semua buah yang kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi ini adalah salah satu cara praktis untuk menghilangkan bau mulut. Mengapa? Begini, saat Anda mengunyah buah-buahan maka mulut akan memproduksi lebih banyak air liur, yang secara perlahan akan mengatasi bau mulut.

2. Bersihkan lidah

membersihkan lidah tidak buat lidah baal

Meski tidak memiliki sikat gigi, Anda masih bisa membersihkan area mulut, misalnya lidah, menggunakan alat penggosok lidah. Ada banyak bakteri yang bersembunyi di lidah dan bisa menjadi sarang penyebab bau mulut.

Untuk itu, gunakan alat pembersih lidah dengan cara menggosok dari bagian pangkal lidah yang paling dalam kemudian tarik hingga ke arah depan. Kemudian akhiri dengan berkumur selama beberapa kali. Lidah Anda pun akan bersih dan segar kembali.

3. Makan permen karet rasa mint

mencegah asam lambung

Menurut drg. Tripti Meysman, pendiri klinik gigi bernama CityTooth di Minneapolis, Amerika Serikat, makan permen karet bisa menjadi salah satu solusi cerdas untuk mengatasi bau mulut saat Anda tidak bawa sikat gigi.

Sebaiknya, pilih permen karet rasa mint dan hindari permen karet dengan rasa manis. Sebab, bakteri di dalam mulut bisa memakan kandungan gula yang terdapat dalam permen karet rasa manis, sehingga kemudian menghasilkan asam dalam mulut. Kondisi asam pada mulut bisa merusak enamel gigi sekaligus menyebabkan aroma napas tidak sedap.

4. Gunakan obat kumur

manfaat obat kumur

Menggunakan mouthwash bisa menjadi pertolongan pertama untuk membersihkan area mulut jika tidak memiliki sikat gigi. Selain ampuh untuk menyegarkan aroma napas berkat rasa mint yang terkandung di dalamnya, obat kumur juga bisa memberi perlindungan ekstra dalam menyingkirkan bakteri.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pastikan Anda menggunakan obat kumur yang mengandung zat aktif guna membasmi bakteri penyebab bau mulut sehingga bisa mengurangi aroma napas yang tidak sedap.

5. Makan yogurt

maag tidak boleh makan yogurt

Yogurt dapat memperlancar kerja sistem pencernaan. Tidak hanya itu, bagi Anda yang sering mengalami masalah dengan bau mulut, yogurt bisa menjadi salah satu pilihan camilan atau minuman terbaik.

Pasalnya, yogurt memiliki kandungan probiotik yang ampuh menyingkirkan bakteri jahat di mulut serta menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri, yang mengakibatkan adanya bau khas dari mulut Anda.

Akan tetapi, pilih yogurt plain tanpa rasa, ya, Jangan pilih yang rasa buah-buahan atau cokelat karena kandungan gulanya bisa jadi berlebihan.

6. Hindari makan makanan sumber bau mulut

petai dan jengkol

Tanpa Anda sadari, di balik rasa makanan yang enak ternyata ada beberapa makanan yang menjadi sumber bau mulut, seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombai, petai, dan jengkol. Bahkan menggosok gigi dan berkumur dengan mouthwash pun tidak bisa membantu menyegarkan napas Anda.

Menurut Richard Price, seorang dokter gigi sekaligus juru bicara American Dental Association, senyawa penyebab bau mulut yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut bertahan di mulut Anda, hingga kemudian masuk ke aliran darah dan paru-paru.

Jadi kalau Anda sedang tidak bawa sikat gigi, hindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan bau mulut, ya.

7. Minum banyak air putih

minum air putih sebelum tidur

Pernahkah ketika baru bangun tidur Anda merasa ada aroma tidak sedap yang keluar dari mulut? Ya, itu disebabkan karena produksi air liur yang berkurang saat Anda tidur. Produksi air liur yang sedikit ini memicu pertumbuhan bakteri, yang kemudian akan menghasilkan senyawa sulfur (belerang) sehingga menyebabkan bau tidak sedap dari mulut.

Nah, cara yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan untuk mengatasi bau mulut yakni dengan minum banyak air putih, terlebih saat baru bangun tidur. Pasalnya, bakteri yang menyebabkan napas Anda berbau tidak sedap memiliki sifat anaerobik, artinya bakteri tersebut akan tumbuh subur dalam suasana yang kering.

Itu sebabnya, air putih berperan untuk membasahi sekaligus menyeimbangkan area dalam mulut Anda guna mengatasi pertumbuhan bakteri tersebut.

Perlu diingat, tujuh cara di atas hanya bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama pada keadaan darurat. Tips-tips ini tidak bisa menggantikan pentingnya sikat gigi secara tepat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Langkah Mencegah Ngilu Akibat Gigi Sensitif Saat Puasa

Ngilu akibat gigi sensitif dapat kambuh saat berbuka dan sahur saat puasa. Agar makan dan minum tetap nikmat, yuk ketahui cara mengcegah gigi ngilu ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Manfaat Eucalyptus untuk Usir Bau Mulut saat Puasa

Menurut beberapa penelitian, eucalyptus memiliki manfaat untuk mengusir bau mulut. Tanaman herbal ini juga berguna untuk melindungi gigi dari penyakit.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020