Alasan Kenapa Pengguna Kawat Gigi Pantang Makan Permen

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Para pengguna behel atau kawat gigi pastinya sudah tidak asing lagi dengan pantangan makan permen. Alasannya bermacam-macam, mulai dari merusak braket gigi hingga melukai gusi dan gigi. Jadi, apa saja ya bahaya permen bagi pengguna behel?

Kandungan gula sumber makanan bakteri mulut

menelan permen karet

Pada dasarnya, pengguna behel atau bukan, permen adalah jenis makanan yang sifatnya dapat merusak kesehatan gigi Anda. Kandungan gula yang ada pada permen masuk dalam kategori karbohidrat, sehingga bisa menjadi sumber bakteri pada gigi Anda.

Permen yang mengandung gula ternyata menghasilkan asam yang dapat membuat gigi busuk. Oleh karena itu, bahaya permen bagi pemakai behel atau bukan sebenarnya hampir sama. Keduanya sama-sama mungkin alami masalah gigi. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang menggunakan behel, harus membatasi konsumsi permen. Pasalnya dapat membuat gigi patah dan merusak kawat jika terlalu banyak gerakan mengunyah pemen. 

Semua jenis permen berbahaya bagi pengguna behel

pemakai behel kawat gigi

Banyak orang yang mengira bahwa permen yang lembut dan mudah dikunyah tetap aman dikonsumsi untuk para pengguna kawat gigi. Akan tetapi, ternyata selembut dan sekecil apapun permen yang Anda kunyah, masih bisa merusak behel dan gigi Anda.

Pada saat Anda mengunyah permen yang keras atau lengket tanpa kawat gigi, gigi Anda mengalami tekanan yang diperlukan untuk memecah permen. Apalagi, ketika Anda memakai behel menggigit permen mengharuskan Anda menambah kekuatan untuk mengunyah permen.

Kebanyakan kasus memperlihatkan bahwa mengonsumsi permen dapat membuat braket dan band behel menjadi longgar. Walaupun dapat dikembalikan ketika berkonsultasi dengan dokter, braket atau band kawat gigi yang longgar tentu menjadi pengganggu.

Permen yang lengket pada gigi dapat merusak behel

anak mencuri permen

Selain merusak gigi Anda, mengunyah permen untuk pengguna behel dapat mengacaukan kawat gigi mereka. Hal ini dikarenakan pada saat Anda baru saja memasang behel, gigi Anda akan sangat sensitif terhadap makanan dan benda yang masuk ke dalam mulut.

Nah, pada saat proses beradaptasi dengan gigi Anda lalu permen pun masuk, bayangkan saja bagaimana jadinya gigi dan behel Anda. Rusak, bukan?

Walaupun bahaya memakan permen bagi pengguna behel cukup banyak, terdapat beberapa alternatif yang bisa Anda pilih untuk mengatasi keinginan makanan manis Anda. Nah, apa saja ya opsi tersebut?

Alternatif permen yang aman untuk pengguna kawat gigi

cokelat dan kecerdasan

Menikmati sebutir dua butir permen memang tidak sebanding dengan rasa sakit yang akan Anda tanggung. Akan tetapi, tentu saja keinginan untuk memakan manis sering tidak tertahankan.

Nah, berikut ini beberapa jenis makanan pengganti permen yang ramah untuk gigi Anda, tetapi memuaskan nafsu gula Anda.

Cokelat

Cokelat sebenarnya baik, lho untuk para pengguna behel. Sebagai pengganti permen, cokelat atau kue brownies yang lembut bisa Anda konsumsi. Jika mendapati kue Anda terlalu keras, rendam dalam susu dingin untuk melembutkannya.

Potongan apel

Potongan apel pun sebenarnya bisa dikonsumsi oleh orang yang memakai behel. Walaupun apel termasuk dalam kategori makanan yang tidak boleh dimakan pengguna behel, pastikan Anda sudah memotongnya terlebih dahulu.

Sebenarnya, bahaya permen bagi pengguna behel sudah tampak sangat jelas karena kandungan gulanya yang merusak gigi dan gusi. Oleh karena itu, usahakan untuk mengurangi hingga menghilangkan kebiasaan mengunyah permen untuk sementara waktu. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk mengetahui pengetahuan lebih lanjut.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca