5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Merusak Gigi

Oleh

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terlupakan untuk dijaga dan dirawat. Tanpa Anda sadari, kebiasaan-kebiasaan di bawah ini dapat merusak gigi Anda.

1. Mengunyah es batu

Beberapa orang memiliki kebiasaan mengunyah es batu setelah minumannya habis. Anda mungkin menganggap mengunyah es batu tidak berbahaya bagi kesehatan gigi karena es batu tidak mengandung gula. Namun kebiasaan ini sebenarnya dapat merusak gigi. Selain dapat menyebabkan gigi Anda patah, rusaknya lapisan di dalam gigi juga dapat terjadi jika Anda mengunyah es batu yang teksturnya terlalu keras. Rusaknya lapisan dalam ini dapat menyebabkan sakit gigi berkepanjangan. Jika Anda tak bisa menahan keinginan untuk mengunyah es batu, cobalah ganti es batu dengan permen karet bebas gula.

2. Langsung menyikat gigi setelah makan

Anda mungkin berpikir menyikat gigi langsung setelah makan akan mengurangi risiko sakit gigi karena makanan yang terselip. Namun menyikat gigi langsung setelah makan tidak dianjurkan, terutama setelah Anda mengonsumsi makanan manis dan asam. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung banyak gula dan makanan asam (seperti jeruk, lemon) akan menciptakan suasana acid di mulut kita. Keadaan ini akan melemahkan lapisan gigi yang disebut enamel.

Langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan tersebut akan mengikis lapisan enamel Anda. Jika hal ini terus berlanjut, gigi Anda dapat menjadi rapuh dan akan muncul masalah gigi sensitif di kemudian hari. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat menunggu 30 menit setelah makan untuk menyikat gigi. Atau Anda bisa berkumur dengan air terlebih dahulu sebelum menyikat gigi untuk menghilangkan asam di mulut Anda.

3. Makanan manis dan bersoda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan manis akan menciptakan suasana asam di mulut kita yang dapat merusak lapisan enamel gigi, sementara minuman bersoda memiliki kadar asam yang tinggi. Meskipun soda yang Anda minum adalah soda diet yang diklaim tidak memiliki tambahan gula, bisa jadi kadar asam yang terdapat di dalam soda lebih tinggi sehingga berpotensi merusak gigi.

4. Membuka kemasan dengan gigi

Hal ini mungkin sering Anda lakukan, terutama jika Anda tidak dapat menemukan alat pembuka kemasan di sekitar Anda. Namun kebiasaan ini dapat merusak gigi. Membuka kemasan makanan ringan hingga kemasan botol dapat merusak dan menimbulkan trauma pada lapisan gigi dan meningkatkan risiko gigi patah atau menjadi goyang. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi. Lebih baik Anda menyediakan gunting dan pembuka botol di dekat Anda dibandingkan menggunakan gigi untuk membuka kemasan makanan.

5. Sering makan snack atau camilan

Ketika kita makan camilan, produksi air liur di mulut kita tidak sebanyak seperti saat kita makan siang ataupun makan malam. Bagaimana air liur memegang peranan dalam menjaga kesehatan gigi kita? Seperti dikutip dari WebMD, air liur dapat membantu kesehatan gigi dengan cara melapisi gigi menggunakan kalsium dan mineral yang terdapat di dalamnya. Selain itu air liur juga berfungsi untuk menetralkan makanan bersifat asam yang dapat merusak lapisan gigi.

Saat makan camilan, air liur yang diproduksi tidak banyak, jadi gigi kita kurang terlindungi. Selain itu ketika makan camilan, kita cenderung memilih camilan yang manis sehingga memperparah kemungkinan terjadinya timbunan plak pada gigi. Anda dapat memilih camilan yang bebas gula seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.

BACA JUGA:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 25, 2016 | Terakhir Diedit: September 5, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca