4 Kiat Cerdas Membayar Utang Tidur Selama Liburan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26/12/2019
Bagikan sekarang

Liburan tidak selalu harus diisi dengan jalan-jalan melanglang buana. Beberapa orang justru memilih memanfaatkan kesempatan liburannya dengan tidur dan beristirahat di rumah. Ya, liburan biasanya jadi ajang ‘balas dendam’ untuk bisa bangun siang atau tidur berjam-jam demi melunasi utang tidur karena begadang atau tidur larut di hari kerja. Namun, agar tidak hanya memberi manfaat sesaat, Anda perlu tahu cara tepat membayar utang tidur waktu liburan.

Tips membayar utang tidur waktu liburan

Tidur cukup adalah salah satu kebutuhan manusia paling mendasar yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan badan dan mental.

Idealnya orang dewasa butuh tidur malam sekitar 7-8 jam setiap hari. Sayang karena sibuk dengan urusan pekerjaan, sekolah, atau kegiatan lain, banyak orang tidak terbiasa tidur cukup setiap malam. Hal ini membuat mereka berpikiran untuk memanfaatkan akhir pekan atau libur panjang semata-mata demi “membayar” utang tidur mereka yang telah lama menumpuk.

Supaya pelunasan utang tidur Anda bisa maksimal waktu liburan, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

1. Segera tidur ketika mengantuk

Rasanya bukan jadi sebuah rahasia lagi kalau liburan merupakan kesempatan emas untuk bisa bangun siang dan berleha-leha di kasur seharian. Akan tetapi, ketimbang bangun siang, cobalah ubah mindset untuk bisa banguan lebih awal dari biasanya ketika liburan.

Biarkan tubuh Anda beristirahat dengan tenang selama tidur. Anda tak perlu pasangan alarm, biarkan tubuh Anda membangunkan dirinya sendiri di pagi hari. Cara sederhana ini efektif untuk memperbaiki siklus tidur yang berantakan.

2. Cukupi batas durasi tidur yang direkomendasikan

Sah-sah saja untuk tidur lebih lama saat liburan. Namun, Anda tetap harus tahu bagaimana cara membayar utang tidur yang tepat. Sebab, otak manusia sebenarnya tidak memiliki kemampuan untuk menggantikan waktu tidur yang terlanjur hilang.

Hal ini pun diamini oleh Matthew Walker, seorang spesialis tidur dan penulis buku “Why We Sleep”. Dalam laman Business Insider, Walker menjelaskan bahwa tidur itu tidak seperti bank. Ini artinya, Anda tidak dapat terus-terusan menumpuk utang tidur dan menunda untuk melunasinya sekaligus di satu waktu, seperti saat liburan panjang.

Jika Anda melewatkan 10 jam tidur selama seminggu, usahakan untuk tidur sekitar 2-3 jam lebih lama setiap malam. Lakukan cara ini secara konsisten atau sampai Anda mampu melunasi utang tidur sepenuhnya. Sementara bila Anda punya utang tidur jangka panjang, Anda mungkin akan membutuhkan beberapa minggu untuk melunasinya.

Kebanyakan orang umumnya akan tidur lebih dari 12 jam pada percobaan pertama. Namun seiring waktu, ketika tubuh sudah berdaptasi, durasi tidur biasanya perlahan akan kembali normal.

Para ahli sepakat bahwa lamanya waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 6 sampai 9 jam setiap hari.

3. Lakukan secara bertahap

Selalu ingat kata pepatah, semua yang ada di dunia ini tidak terjadi secara instans. Ini artinya, Anda membutuhkan sebuah proses untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Nah, hal ini pun berlaku ketika Anda akan membayar utang tidur.

Awalnya Anda mungkin merasa kesusahan untuk bisa tidur lebih cepat. Hal ini wajar, karena di hari-hari biasa, Anda  hampir selalu tidur larut malam.

Untuk menyiasatinya, mulailah secara perlahan dan bertahap. Majukan jam tidur Anda satu sampai dua jam lebih awal dari biasanya. Terus coba cara ini sampai terbentuk rutinitas tidur yang baik.

Hindari tidur siang dalam waktu yang lama karena hal tersebut dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari.

4. Buat suasana yang mendukung

Dr. Emerson Wickwire, seorang spesialis kesehatan jiwa dari University of Maryland School of Medicine mengatakan bahwa kamar tidur yang kotor dan berantakan justru akan membuat Anda susah tidur. Itu sebabnya, pastikan kamar yang Anda tempati nyaman dan bersih.

Selain itu, pastikan juga kamar Anda jauh dari gangguan. Entah itu sinar lampu yang terlalu terang maupun suara gaduh dari luar ruangan. Sebaiknya, jauhkan juga handphone, laptop, dan gadget lainnya dari tempat tidur.

Dengan begitu, akan tercipta lingkungan yang mendorong Anda untuk tidur lebih cepat. Jadi, pelunasan utang tidur waktu Anda liburan pun dapat berjalan lebih maksimal.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Publishing, H. (2019). Repaying your sleep debt - Harvard Health. Harvard Health. Retrieved 6 November 2019, from https://www.health.harvard.edu/womens-health/repaying-your-sleep-debt

How to Get Rid of All of Your Sleep Debt and Feel Well Rested Again | Sleep.org. (2019). Sleep.org. Retrieved 6 November 2019, from https://www.sleep.org/articles/say-goodbye-sleep-debt/

What is Sleep Debt? How To Get Rid Of It |Sleep Advisor. (2019). The Sleep Advisor. Retrieved 6 November 2019, from https://www.sleepadvisor.org/what-is-sleep-debt/

You actually can't make up for lost sleep. (2019). Business Insider. Retrieved 6 November 2019, from https://www.businessinsider.com/you-actually-cant-make-up-for-lost-sleep-2017-11/?IR=T

Yang juga perlu Anda baca

Tips Tidur Nyenyak untuk Melawan Cuaca yang Terlalu Dingin

Untuk tidur nyenyak saat kedinginan terkadang tidak selalu mudah. Berikut tips dan cara agar tetap tidur berkualitas dengan melawan cuaca dingin.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Kurang Tidur Dapat Memengaruhi Gairah Seks, Ini Tips Mencegahnya

Kurang tidur bisa memberikan berbagai dampak negatif pada kondisi kesehatan Anda. Namun, apakah kurang tidur juga bisa memengaruhi gairah seks?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Tips Tidur Nyenyak Semalaman dengan Kipas Angin

Tidur dengan kipas angin kerap disebut berakibat buruk untuk kesehatan. Apakah hal itu benar adanya? Lantas, bagaimana caranya agar tetap nyenyak semalaman?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin

Kurang Tidur Dapat Merusak Hubungan Percintaan, Kok Bisa?

Kurang tidur biasanya membuat Anda merasa lelah dan masih banyak lagi. Tapi, tahukah Anda ternyata kurang tidur bisa merusak hubungan Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Direkomendasikan untuk Anda

Tak Melulu Bermain, Waktu Istirahat Juga Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Tak Melulu Bermain, Waktu Istirahat Juga Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 30/05/2020
Tips Tidur Nyenyak Selama Perjalanan Jarak Jauh

Tips Tidur Nyenyak Selama Perjalanan Jarak Jauh

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020
3 Cara Jitu Mencegah Mimpi Basah Saat Puasa

3 Cara Jitu Mencegah Mimpi Basah Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020
Biasakan Tidur Bersama Pasangan Anda agar Lebih Nyenyak

Biasakan Tidur Bersama Pasangan Anda agar Lebih Nyenyak

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 06/04/2020