Mengenal Pink Noise dan Manfaatnya untuk Kualitas Tidur Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pada malam hari, ketika bising kendaraan berganti dengan sunyi, Anda mungkin merasa kesulitan untuk memejamkan mata dan tidur dengan nyaman. Akibatnya, jam tidur menjadi berkurang dan memengaruhi aktivitas harian Anda keesokan paginya. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini adalah mendengarkan pink noise agar tidur lebih nyenyak. 

Supaya lebih jelas, simak dahulu ulasan mengenai fungsi pink noise terhadap kualitas tidur Anda berikut ini. 

Apa itu pink noise?

perawatan kulit eksim saat musim hujan atau dalam ruangan dingin

Warna suatu suara umumnya ditentukan melalui energi sinyal suara, frekuensi, dan kecepatan suara. 

Selain white noise, ada pula pink noise. Pink noise merupakan suara yang berasal dari frekuensi rendah dan menciptakan suara yang dalam.

Berikut ini beberapa contoh suara yang dihasilkan dari frekuensi pink noise

  • Suara dedaunan yang saling bergesek
  • Hujan yang merata
  • Angin
  • Detak jantung

Pink noise menghasilkan suara yang lebih seimbang dan teratur sehingga dipercaya dapat membuat seseorang dapat tidur dengan lebih nyenyak.

Bagaimana pink noise membuat tidur lebih nyenyak?

mengatasi gangguan tidur

Seperti yang dilansir dari laman Cleveland Clinic, pink noise ternyata dapat meningkatkan aktivitas otak dan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. 

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilansir dari Journal Of Theoretical Biology tentang efek pink noise terhadap aktivitas otak dan kualitas tidur seseorang. Uji coba ini diikuti oleh 40 peserta dengan pendengaran yang normal dan diberikan pink noise ketika mereka tidur siang. 

Hasilnya, hampir semua peserta menunjukkan penurunan gelombang otak saat diberikan pink noise tadi. Hal itu membuat tidur mereka lebih lelap.

Normalnya, semua orang bisa mendengarkan pink noise untuk dapat tidur lebih nyenyak. Namun, untuk orang yang memiliki gangguan tidur, mendengarkan pink noise akan membuat mereka kesulitan untuk mengenali sumber suara yang lainnya.

Meski penelitian tersebut menunjukkan bahwa pink noise dapat membuat tidur lebih nyenyak, masih dibutuhkan penelitian yang lebih dalam untuk benar-benar mengetahui manfaat frekuensi suara yang satu ini untuk kualitas tidur. 

Tips mendapatkan kualitas tidur yang baik selain pink noise

tidak cukup tidur

Walaupun pink noise memang dapat membantu Anda bisa tidur lebih nyenyak, cara ini bukanlah satu-satunya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Terdapat beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan agar Anda lebih terlelap saat tidur, yaitu:

  • Disiplin mengikuti jadwal tidur. Usahakanlah untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari. 
  • Menghindari minuman berkafein dan senyawa nikotin beberapa jam menjelang waktu tidur agar bisa memejamkan mata tepat waktu.
  • Meredupkan atau mematikan lampu. Cahaya yang terang bisa merangsang otak untuk terus aktif dan membuat Anda kesulitan tidur. 
  • Jangan tidur siang lebih dari 30 menit supaya Anda tidak terjaga pada malam hari. 

Walaupun memang ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa pink noise dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, yang paling penting adalah rutinitas sebelum tidur dan memperbaiki gaya hidup.

Jika Anda tetap tidur terlalu larut atau minum minuman berkafein, seperti kopi menjelang tidur, tentu saja pink noise tidak akan terlalu membantu untuk Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 1, 2019 | Terakhir Diedit: September 30, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca