4 Alasan Sarapan Lebih Baik Dimakan, Bukan Cuma Minum

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14/05/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Kesibukan di pagi hari, mulai dari mandi hingga menyiapkan diri, sering kali menyita banyak waktu. Anda pun jadi terburu-buru dan tidak sempat menyiapkan makanan untuk sarapan pagi. Sebagai gantinya, Anda mungkin hanya sempat minum.

Meskipun perut Anda terisi, makanan ternyata lebih baik untuk sarapan dibanding minuman. Memang apa alasannya? Simak ulasannya berikut ini.

Alasan makanan itu lebih baik untuk sarapan pagi

Untuk mengawali aktivitas, Anda sangat memerlukan sarapan. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak terbiasa untuk sarapan. Padahal, sarapan dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Sebaliknya, jika Anda melewatkannya, kadar gula darah jadi rendah sehingga tubuh lelah, sulit untuk konsentrasi, cemas, dan mudah marah.

Selain melewatkan sarapan pagi, ada juga yang memilih sarapan seadanya. Misalnya, hanya dengan minum susu, teh manis, atau minuman lainnya yang mudah dibuat. Padahal, sarapan yang paling baik harusnya dimakan bukan hanya diminum. Ada beberapa alasan kenapa Anda sebaiknya makan sarapan di pagi hari, bukan hanya minum, yaitu:

1. Makan membuat perut kenyang lebih lama daripada minum

Meski sama-sama mengisi perut, makanan lebih lama bertahan di dalam perut dibanding minuman. Ini menghindari perut Anda keroncongan saat beraktivitas.

Rasa lapar yang datang lebih cepat ini pasti mengganggu konsentrasi dan membuat Anda tidak nyaman untuk bekerja. Semakin lama Anda menahan rasa lapar, nafsu untuk makan jadi semakin besar. Akibatnya, porsi makan siang Anda jadi lebih banyak dari biasanya dan membuat makan kebanyakan.

2. Mengunyah makanan meningkatkan metabolisme tubuh

Sarapan pagi berupa makanan mengharuskan mulut Anda untuk mengunyah. Proses pengolahan makanan ini melibatkan koordinasi otot-otot di sekitar mulut, merangsang organ pencernaan dan organ lainnya, seperti jantung yang bertugas memompa darah.

Lancarnya peredaran darah yang mengangkut oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh tubuh, tentu akan membuat Anda lebih berenergi dan otak berkerja lebih baik.

menu sarapan vegan

3. Makanan padat mengandung nutrisi yang lebih lengkap daripada minuman

Bila diperhatikan, makanan untuk sarapan pagi tentu jauh lebih unggul nutrisinya dibandingkan minuman. Makanan menyediakan nutrisi lengkap seperti serat, vitamin, protein, mineral, dan karbohidrat.

Semua nutrisi tersebut pasti sangat menunjang kelancaran Anda dalam beraktivitas. Beda dengan minuman yang nutrisinya lebih sedikit, terutama pada kandungan seratnya.

4. Nutrisi dalam makanan padat diserap lebih baik oleh tubuh

Makanan yang lebih lengkap nutrisinya, tentu akan dicerna dan diserap lebih lama oleh lambung dan usus. Hasil penyerapannya pun akan lebih bermanfaat bagi tubuh.

Anda jadi kenyang lebih lama, mendapat energi lebih banyak, dan dapat berpikir lebih tajam. Semua manfaat ini sangat mendukung Anda untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Makanan apa yang paling baik untuk sarapan pagi?

Bila bosan dengan menu yang itu-itu saja atau tidak punya banyak waktu untuk menyiapkannya, jangan khawatir. Sereal sarapan multigrain bisa jadi pilihannya. Makanan multigrain mengandung berbagai jenis biji-bijian seperti gandum utuh, beras, dan jagung. Karena itu, kandungan vitamin, mineral, dan seratnya pun lebih kaya.

Itulah mengapa memulai hari dengan sarapan produk multigrain sangat disarankan. Kandungannya yang padat nutrisi berfungsi sebagai sumber energi yang baik untuk memulai hari.

Agar asupan nutrisinya lebih sempurna dan menjadi bekal energi yang baik di pagi hari, lengkapi sereal sarapan multigrain dengan potongan buah seperti pisang atau stroberi. Taburi dengan bubuk kayu manis agar aromanya lebih sedap.

Buat Anda yang kurang suka sarapan manis, Anda bisa membuat bubur sereal multigrain dengan menambahkan sayuran, daun bawang, telur, kacang, serta daging ayam suwir. Anda juga bisa berkreasi dengan topping lain seperti tempe orek, jamur, atau sayur bayam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menu Sarapan Sehat untuk Anda yang Menjalani Diet Atkins

Menjalani diet Atkins memang tidak mudah pada awalnya. Sebagai permulaan, Anda bisa membuat menu sarapan diet Atkins untuk dikonsumsi setiap pagi.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 14/09/2019 . 4 menit baca

Ingin Menurunkan Berat Badan, Sebaiknya Sarapan Atau Tidak?

Jika sedang berencana untuk menurunkan berat badan, sarapan biasanya dihindari karena ditakutkan dapat membuat gemuk. Bagaimana seharusnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28/08/2019 . 5 menit baca

Yuk, Bujuk Anak yang Malas Sarapan Pagi Dengan 3 Trik Ini

Menghadapi anak malas sarapan kadang bikin para ortu jadi jengkel. Tenang dulu. Daripada memaksanya makan, lebih baik bujuk si kecil dengan trik jitu ini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Parenting, Tips Parenting 22/02/2019 . 5 menit baca

Tak Cuma Cegah Lapar, Rutin Sarapan Pagi Juga Bisa Bikin Anak Berprestasi!

Bukan cuma memastikan perut anak tetap kenyang saat belajar di sekolah, manfaat sarapan pagi juga bisa tingkatkan prestasi anak di sekolah, lho! Kok bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Parenting, Nutrisi Anak 21/02/2019 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

smoothies untuk sahur

7 Resep Smoothies untuk Sahur yang Bikin Kenyang Seharian

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020 . 5 menit baca
sarapan minum susu

Hanya Minum Susu untuk Sarapan, Sehatkah Kebiasaan Ini?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 11/04/2020 . 4 menit baca
menu sarapan tidak mengantuk

3 Menu Sarapan Anti-Ngantuk yang Bikin Anda Bertenaga Sepanjang Hari

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020 . 4 menit baca

3 Resep Olahan French Toast untuk Sarapan Pagi yang Lebih Sehat dan Bervariasi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 07/03/2020 . 5 menit baca