Benarkah Sampo Anjing Ampuh Membasmi Kutu Rambut?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/08/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sekali menghinggapi kepala, kutu akan susah sekali dihilangkan karena mereka melekat kuat pada batang rambut. Kutu juga menghasilkan banyak telur dalam satu waktu. Tak heran bila banyak orang rela melakukan cara apa pun untuk membasmi kutu di rambutnya. Salah satu cara yang dianggap ampuh untuk memberantas kutu rambut dan telurnya adalah keramas pakai sampo anjing. Namun, benarkah?

Siapa saja bisa kutuan

kutu dan ketombe

Rambut kutuan adalah salah satu masalah yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Parasit kecil ini dapat menempel pada rambut kepala siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin maupun usia. Bahkan, rambut kutuan juga dapat dialami oleh orang yang sering keramas.

Meski begitu, anak-anaklah yang paling rentan terkena kutu rambut. Pasalnya, mereka sering melakukan kontak fisik dan saling berbagai barang pribadi dengan anak lainnya. Entah dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa, rambut kutuan harus segera diobati.

Selain bikin rambut gatal tidak karuan, rambut kutuan juga bisa membuat Anda minder ketika berinteraksi dengan orang lain. Telur kutu yang menempel di helaian rambut kerap kali masih bisa dilihat dengan mata telanjang.

Bisa pakai sampo anjing untuk membasmi kutu rambut?

kutu rambut

Salah satu cara yang diyakini orang ampuh untuk menghilangkan kutu di rambut adalah keramas pakai sampo anjing. Namun, ingat! Sampo anjing tidak dibuat untuk manusia.

Sampai saat ini pun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa sampo anjing bisa digunakan untuk kulit kepala manusia. Penggunaan sampo anjing untuk menghilangkan kutu rambut juga belum terbukti keamanannya pada manusia.

Sampo hewan mungkin mengandung beberapa bahan aktif yang sama dengan sejumlah sampo antikutu. Namun, bahan kimia dalam sampo anjing dapat mengiritasi kulit kepala Anda. Apalagi bila Anda termasuk orang yang sensitif dengan bahan kimia tertentu.

Mengutip dalam laman Healthy Children, produk pembersih hewan, bensin, atau minyak tanah tidak disarankan untuk menghilangkan kutu rambut. Tidak ada penelitian yang membuktikan ketiga cara ini bekerja untuk menghilangkan kutu rambut.

Cara ampuh membasmi kutu rambut

kutu rambut tidak hilang

Ketimbang coba beragam cara yang belum terbukti keamanannya, lebih baik pakai obat khusus antikutu. American Academy of Pediatrics (AAP) pun menganjurkan hal yang serupa.

AAP mengatakan bahwa cara membasmi kutu rambut yang paling efektif adalah dengan pakai obat antikutu. Obat antikutu dapat diperoleh dengan atau tanpa resep dokter. Variannya pun beragam, mulai dari sampo, gel, krim bilas, atau obat minum.

Obat antikutu harus digunakan bila rambut Anda benar-benar kutuan. Sebelum menggunakannya pastikan Anda membaca aturan pakai pada label kemasan dengan seksama. Bila Anda tidak paham mengenai cara pakainya, jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter.

Hindari memberikan obat antikutu pada anak-anak di bawah usia 2 tahun. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu ke dokter untuk memastikan keamanan obat antikutu pada anak-anak.

Setelah menggunakan obat antikutu, Anda bisa menggunakan metode sisir serit untuk membantu membuang kutu dan telur dari kulit kepala dan rambut. Berhubung kutu adalah hewan yang sangat kecil, Anda dapat menggunakan kaca pembesar untuk membantu melihat kutu dengan jelas.

Selama menjalani pengobatan, pastikan Anda tidak menggunakan barang-barang pribadi secara bergantian dengan orang lain. Pasalnya, kutu mudah menyebar dengan cepat dari satu orang ke orang lainnya. Terutama menyebar melalui kontak kepala ke kepala, pakaian, seprei, sisir, atau bahkan topi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bisakah Pakai Baby Oil untuk Menghilangkan Kutu Rambut?

Pengobatan rumahan menggunakan baby oil diyakini banyak orang sebagai cara menghilangkan kutu rambut yang ampuh. Benarkah anggapan ini? Yuk, cek faktanya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 13/06/2019 . Waktu baca 3 menit

6 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kepala Terbakar Matahari

Kulit kepala orang yang berambut tipis dan sering berkegiatan saat panas terik berisiko terbakar matahari. Intip cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 05/06/2019 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Jarang Keramas Menyebabkan Infeksi Kulit Kepala?

Bukan hanya gatal mengganggu, infeksi kulit kepala juga menyebabkan rambut rontok dan kebotakan. Apakah masalah kulit ini disebabkan oleh jarang keramas?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Kulit, Health Centers 26/03/2019 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Cara Mengatasi Infeksi Kulit Kepala Sesuai Penyebabnya

Infeksi kulit kepala disebabkan oleh berbagai penyebab dan akan bertambah parah jika tidak segera diatasi. Lantas, bagaimana caranya mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Kulit, Health Centers 22/03/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
cara penularan kutu rambut

Bagaimana Sebenarnya Cara Penularan Kutu Rambut?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor

Panduan Pakai Obat Kutu Agar Gatal Cepat Hilang

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020 . Waktu baca 4 menit
meminjam helm orang lain

4 Risiko Kesehatan Akibat Sering Pinjam Meminjam Helm

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 08/09/2019 . Waktu baca 4 menit