Memiliki perut six-pack merupakan idaman banyak pria, mungkin termasuk Anda sendiri. Perut buncit pada pria memang bisa membuat Anda tidak percaya diri sehingga timbulah keinginan untuk mengecilkan perut. Saking inginnya punya perut bidang dan berotot, ada juga yang memilih cara instan untuk mendapatkan perut six-pack, salah satunya dengan melakukan operasi seperti abdominal etching. Apa itu abdominal etching dan benarkah bisa bikin perut buncit pada pria jadi six-pack? Ini dia ulasannya.

Abdominal etching untuk mengurangi perut buncit pada pria

Abdominal etching juga dikenal dengan six-pack liposculputure, liposuction, atau sedot lemak. Ini adalah prosedur non-invasif yang digunakan untuk membuat perut buncit Anda menjadi six-pack dalam waktu singkat. Tanpa harus pergi ke gym berjam-jam dan melakukan ribuan sit-up.

Abdominal etching merupakan cara menghilangkan lemak berlebih di antara otot perut, menciptakan lekukan pada perut yang akan terlihat six-pack. Dengan abdominal etching, perut Anda bisa tampak lebih kencang dan lebih berotot.

Untuk apa saja abdominal etching?

Prosedur ini dapat mengatasi beberapa bagian tubuh Anda seperti:

  • Paha
  • Pinggul dan bokong
  • Perut dan pinggang
  • Lengan bagian atas
  • Lutut dalam
  • Daerah dada
  • Betis dan pergelangan kaki

Abdominal etching dapat dilakukan sendiri atau bersamaan dengan prosedur operasi plastik lainnya, seperti facelift atau tummy tuck.

Siapa yang dapat melakukan abdominal etching?

Jika Anda ingin melakukan abdominal etching, Anda harus sehat secara fisik dan memiliki otot perut yang terlihat secara alami dan atletis, namun dengan kantong lemak yang relatif kecil di daerah perut. Jika lemak tubuh total Anda lebih dari 18 persen, kemungkinan Anda bukan kandidat yang tepat untuk abdominal etching.

Konsultasikan dengan dokter bedah Anda apakah Anda termasuk dalam kriteria-kriteria tersebut. Selama konsultasi ini, Anda harus mendiskusikan apa tujuan Anda melakukan prosedur ini. Dokter bedah Anda akan memeriksa Anda untuk menentukan apakah abdominal etching atau operasi plastik perut lainnya yang tepat untuk Anda.

Prosedur dan proses pemulihan

Dokter bedah akan membuat irisan kecil di perut Anda, kemudian memasukkan tabung tipis bernama cannula di bawah sayatan kulit tersebut. Cannula akan digerakkan di sekitar perut untuk menyedot lemak, dua sampai tiga liter dalam satu prosedur, untuk menghindari kehilangan banyak darah.

Sedot lemak juga bisa digunakan bersamaan dengan abdominal etching untuk memahat garis lemak di sekitar area perut demi tampilan perut six-pack. Daerah perut dapat dibentuk, serta mengurangi lemak di pinggang untuk memberikan kerangka perut yang lebih ramping.

Biasanya, Anda dapat kembali pulih dan bekerja dalam 1-2 hari setelah melakukan prosedur ini. Hasil akhir perut ramping dan six-pack sudah bisa Anda nikmati antara enam minggu sampai dua bulan setelah prosedur.

Namun, jangan harap hasil abdominal etching akan bisa bertahan selama-lamanya. Tanpa olahraga rutin dan latihan pembentukan otot perut, Anda tidak akan bisa mempertahankannya.

Risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi

Menurut American Society of Aesthetic Plastic Surgery, sedot lemak dianggap sebagai prosedur kosmetik yang paling aman dan paling populer. Karena abdominal etching adalah jenis prosedur sedot lemak, efek samping dan komplikasi yang timbul akan sedikit atau jarang terjadi.

Risiko yang mungkin terjadi meliputi infeksi, perdarahan dan jaringan parut (keloid) yang berlebihan. Bengkak dan memar yang berkepanjangan adalah efek samping yang paling mungkin. Ada juga risiko yang terkait dengan bius umum. Diskusikan semua kemungkinan yang akan terjadi dengan dokter bedah Anda sebelum melakukan prosedur.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca