Minyak Belacak untuk Membesarkan Penis, Apakah Efektif?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Berbagai penawaran menarik soal produk pembesar penis sering kita jumpai di pelosok dunia maya, mulai dari perangkat pemanjang penis, suplemen minum, sampai minyak pijat. Minyak belacak kini menjadi salah satu suplemen pembesar penis alternatif yang banyak dicari oleh kaum pria guna membuktikan kebenarannya.

Apa itu minyak belacak?

Minyak belacak adalah konsentrat minyak yang berasal dari ikan belacak — juga dikenal sebagai ikan tembakul atau gabus laut. Ikan belacak adalah jenis ikan amfibi yang hidup unik di lumpur sekitar muara perairan pasang surut.

Tak jelas bagaimana prosedur yang harus dilakukan demi mendapatkan produk akhir minyak belacak. Namun pada umumnya, produsen minyak ikan komersil haruslah terlebih dulu memanaskan ikan dalam alat pengukus khusus sebelum melalui proses pemisahan rumit untuk memisahkan minyak ikan murni dari protein dan komponen ikan lainnya. Minyak belacak umumnya dijual dalam bentuk botolan kecil, meski juga ada beberapa produsen yang menawarkan minyak bulus dalam bentuk suplemen kapsul.

Apa saja manfaat minyak belacak?

Minyak belacak memiliki berbagai klaim manfaat kesehatan, sebagian besar terkait dengan vitalitas seksual. Manfaat minyak belacak yang paling populer di Indonesia adalah khasiatnya untuk memperbesar alat vital laki-laki, meningkatkan gairah seks, serta mengatasi ejakulasi dini dan/atau impotensi.

Apa kata dunia medis soal manfaat ikan belacak untuk vitalitas seks pria?

Sampai saat ini informasi medis yang menguak soal kandungan gizi dari ikan ini masih sangat terbatas. Pengiklan menawarkan berbagai jenis pil dan suplemen pembesar penis dengan menampilkan iklan yang tampak canggih mengutip berbagai studi “ilmiah” dari penelitian mancanegara. Tapi sebenarnya, ada sangat sedikit bukti ilmiah nyata yang dapat mendukung klaim-klaim menggiurkan tersebut. Belum lagi aksesnya yang sangat terbatas.

Para dokter dan ahli kesehatan mewanti-wanti masyarakat untuk lebih bijak dan berpikir seribu kali tentang suplemen perangsang seksual yang ramai beredar di pasaran. Ada satu hal yang luput diumbar oleh para produsen obat kuat nonresep ini. Banyak produsen nakal yang tidak mencantumkan daftar lengkap bahan yang digunakan dan/atau membuktikan keamanan atau efektivitas produk mereka.

Padahal, untuk bisa beredar di Indonesia, suplemen makanan dan obat-obatan herbal harus mendapatkan persetujuan resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) guna dibuktikan keefektivitasan dan keamanannya. Ini membuat penggunaan obat-obatan tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Tidak ada satupun obat herbal dapat seefektif VIAGRA® (sildenafil citrate) dan obat farmasi resep lainnya yang setara untuk mengembalikan ereksi, kata Steven Lamm, MD, asisten profesor kedokteran di New York University sekaligus penulis The Hardness Factor, dilansir dari WebMD.

Ketakutan bahwa penis Anda terlihat terlalu kecil atau terlalu kecil untuk bisa memuaskan pasangan Anda saat berhubungan seks adalah kekhawatiran umum. Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan pria yang berpikir penis mereka terlalu kecil sebenarnya memiliki penis berukuran normal. Kebanyakan pria memiliki gambaran berlebihan dari ukuran besar penis “normal”.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . Waktu baca 6 menit

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Mata plus sering dikenal sebagai penyakit orang tua. Padahal banyak juga kasus mata plus pada anak. Baca terus dan pelajari berbagai penyebab dan gejalanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Manfaat Bahan-bahan Herbal untuk Pengobatan Gangguan Lambung

Tak jarang orang memilih obat alami untuk bantu atasi maag. Apakah sajakah obat herbal yang bisa membantu atasi sakit maag? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Gastritis, Health Centers 18/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Benarkah frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dari es krim? Cari tahu di sini untuk memastikan apakah frozen yogurt memang lebih sehat.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nafsu seks ibu hamil

Kenali Perubahan Gairah Seks Ibu Hamil di Trimester Ketiga, Plus Tips Seks yang Aman

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tanggal kedaluwarsa

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit