Bagaimana cara duduk Anda? Apakah dengan kaki yang disilangkan? Menyilangkan kaki adalah salah satu kebiasan duduk yang sering dilakukan wanita. Bagi wanita, duduk dengan kaki disilangkan memang terlihat lebih anggun daripada melebarkan kedua kaki. Namun, ternyata kaki yang disilangkan menyimpan bahaya yang mungkin jarang diketahui orang. Salah satunya adalah bisa meningkatkan tekanan darah.

Apakah cara duduk kita bisa menaikkan tekanan darah?

bahaya menyilangkan kaki

Ini adalah fakta yang jarang diketahui banyak orang. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Blood Pressure Monitoring, duduk dengan kaki yang disilangkan dapat meningkatkan tekanan darah, tapi hanya sementara.

Menyilangkan kaki meningkatkan tekanan darah sistolik hampir tujuh persen dan diastolik sebesar dua persen. Tekanan sistolik atau angka atas tekanan darah adalah tekanan saat jantung sedang memompa darah. Sementara, tekanan diastolik atau angka bawah tekanan darah adalah angka jantung sedang istirahat untuk melakukan pengisian darah ke jantung.

Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa pasien hipertensi harus menghindari menyilangkan kaki saat pemeriksaan tekanan darah.

Sebab, kebiasaan duduk ini telah ditemukan dapat menaikkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Sementara pada pasien nonhipertensi hanya menyebabkan tekanan sistolik naik. Jadi jagalah agar kedua telapak kaki Anda tetap di lantai saat melakukan pemeriksaan tekanan darah.

Hal ini disebabkan karena kaki yang menyilang, mendorong lebih banyak darah ke jantung. Meskipun, kaki yang menyilang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara, tapi ini tidak berarti akan membahayakan kesehatan jantung atau menyebabkan dorongan tekanan darah yang sangat berisiko.

Namun, jika Anda berisiko memiliki penggumpalan darah, sebaiknya diskusikan dengan dokter tentang bagaimana cara duduk yang sehat dan bagaimana postur tubuh Anda dapat memengaruhi kesehatan.

Menyilangkan kaki juga menyimpan bahaya lainnya

Menurut dr. Stephen T. Sinatra, FACC, seorang ahli jantung dan penulis The Great Cholesterol Myth, sering menyilangkan kaki dapat membuat sendi pinggul stres dan dapat menyebabkan pengumpulan darah di kaki ketika pembuluh darah dikompresi. Ini bisa membuat Anda rentan terhadap radang pembuluh darah di kaki bagian bawah dan mungkin gumpalan darah.

Selain itu, kaki  yang menyilang juga dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher. Pinggul Anda akan sedikit terpelintir ketika menyilangkan kaki dan menyebabkan ketidakseimbangan di panggul. Ini akan memberi tekanan pada tulang belakang dan kemungkinan akan menyebabkan nyeri punggung dan bahkan nyeri leher di kemudian hari.

Menyilangkan kaki dalam waktu yang lama juga dapat menimbulkan sensasi tidak mengenakkan pada kaki dan kaki bagian bawah seperti kram, mati rasa atau kesemutan. Meski hanya sementara, jika dilakukan setiap hari dan dalam waktu yang lama akhirnya dapat berdampak buruk pada saraf kaki Anda.

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan menyilangkan kaki?

Jika Anda merasa terlalu lama menyilangkan kaki dan terlalu sering, cobalah untuk menghindarinya lebih dari 10-15 menit. Setiap setengah jam, Anda harus bangun dan berjalan-jalan.

Selain itu, cobalah gunakan kursi yang layak yang memberi dukungan yang baik untuk punggung bawah Anda. Kaki juga harus menyentuh lantai sehingga tidak ada tekanan berlebih di salah satu bagian.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca