Psst, Rutin Menelepon Orangtua, Ternyata Membuat Mereka Panjang Umur, Lho

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Banyak orang yang pergi merantau dan menjalani hubungan jarak jauh dengan keluarganya. Sebagian dari merek mungkin masih sering menghubungi keluarga serta orang tuanya tercinta. Namun sebagian lagi, tidak sempat melakukannya karena sibuk beraktivitas sehari-hari. Namun, yang harus Anda ingat meskipun terpisah jauh, jangan lupa untuk rutin menelepon demi menanyakan kabar dan keadaan orang tua. Pasalnya, hal ini bisa meningkatkan kemungkinan orang tua panjang umur, lho. Kok bisa? Simak penjelasannya berikut ini.

Tidak tinggal dengan orang tua? Jangan sampai mereka kesepian

Jika Anda tinggal di rumah yang berbeda dengan orang tua, ditambah dengan padatnya aktivitas yang harus Anda jalani, maka mungkin hubungan Anda dengan orang tua sudah mulai berjarak.

Namun tentu ini bukan berarti menjadi alasan untuk tidak mengetahui kabar orang tua. Sekedar menelepon atau berkirim pesan singkat saat kondisi Anda tidak memungkinkan untuk menghampiri orang tua, bisa jadi pilihan terbaik. Penting untuk Anda ingat, sebaiknya jangan sampai orang tua merasa kesepian saat jauh dari buah hatinya.

Dikutip dari laman Independent, berdasarkan penelitian dari University of California yang melibatkan sekitar 1.600 orang tua dengan usia rata-rata 71 tahun. Menunjukkan hasil bahwa orang tua yang terus-menerus merasa kesepian cenderung memiliki umur yang lebih pendek, dibandingkan dengan orang tua yang mendapatkan curahan perhatian dari anak dan keluarga, serta di keliling oleh banyak teman.

Para peneliti menyimpulkan, ini dikarenakan oleh adanya rasa kesepian yang terus menyelimuti diri orang tua. Dilanda rasa kesepian memang bukan hal yang mudah, bahkan kesepian yang berlangsung dalam waktu lama bisa memperburuk kondisi kesehatan seseorang.

Sekadar menelpon saja, sudah bisa membuat orang tua panjang umur. Kok bisa?

Kesepian bisa memengaruhi perubahan emosi dalam tubuh yang kemudian memicu timbulnya stres. Berbeda dengan stres pada umumnya, jika seseorang mengidap stres karena kesepian maka dapat berlangsung lebih lama dibandingkan stres biasa.

Selain itu, rasa kesepian juga dapat berpengaruh terhadap masalah medis yang akan berujung pada timbulnya depresi, penurunan kognitif, serta memicu penyakit kardiovaskular. Kondisi-kondisi ini yang disinyalir akan sulit membuat orang tua panjang umur.

Coba ingat-ingat kembali, sebelum keadaan membuat Anda harus berada jauh dari orang tua, berapa banyak waktu yang telah Anda dan orang tua lakukan bersama selama bertahun-tahun. Hal inilah yang kemudian menjadi sebuah kebiasaan, yakni selalu memiliki orang terdekat untuk berbagi cerita maupun keluh kesah setiap harinya.

Nah, bila kemudian setelah berada jauh dari orang tua Anda jarang menelepon atau sekedar bertanya kabar, akan memberikan dampak besar terhadap kehidupan, kesehatan, bahkan keadaan emosional orang tua Anda.

Solusi terbaiknya, jika Anda ingin membuat orang tua panjang umur adalah dengan tetap menunjukkan perhatian meskipun Anda tidak berada di dekatnya.

Tips supaya bisa erat dengan keluarga, meski menjadi anak rantau

tips LDR dengan anak

Beberapa kiat mudah berikut ini bisa Anda terapkan agar hubungan Anda dan orang tua tetap terjalin erat, meskipun tidak tinggal bersama:

Selalu bertanya kabar

Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk selalu bertanya kabar. Jangan jadikan kesibukan sebagai penghalang komunikasi Anda dengan orang tua. Setidaknya sekedar menelepon meskipun hanya sebentar, sudah bisa menyenangkan hati orang tua.

Jadwalkan waktu bersama orang tua

Jika memungkinkan, luangkan waktu beberapa kali dalam seminggu untuk melakukan quality time bersama orang tua, entah itu sekedar makan sederhana, menonton film bersama, maupun sesi cerita mengenai kegiatan yang Anda dan orang tua lakukan selama satu minggu tersebut.

Berikan dukungan untuk orang tua

Dukungan keluarga merupakan hal yang sangat penting, sebab tanpa itu semua mungkin Anda tidak mampu untuk melalui masa-masa baik dan buruk sepanjang hidup Anda. Maka itu, apa salahnya jika sekarang gantian Anda yang mendukung orang tua.

Tunjukkan perhatian Anda

Mungkin ada beberapa keluarga yang bisa menunjukkan perhatian dan kasih sayang dalam bentuk kecupan ringan, pelukan hangat, bahkan saling mengatakan “sayang” kepada satu sama lain.

Tapi tidak harus selalu begitu, Anda tetap bisa menunjukkan perhatian dan kasih sayang terhadap orang tua dengan menjadi anak yang sopan, menghormati, dan bisa menuruti perkataan orang tua dengan baik.

Pada intinya, sejauh apapun Anda melangkah, kini atau nanti, orang tua akan tetap menjadi bagian penting dalam hidup Anda. Untuk itu, tetaplah jaga komunikasi yang baik dengan kedua orang tua Anda.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 30, 2018 | Terakhir Diedit: April 23, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca