Rutin Sikat Gigi, Kunci Mencegah Demensia Sejak Dini?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Menggosok gigi sebanyak dua kali sehari sangat penting dan wajib dilakukan untuk siapa saja. Selain untuk menjaga kebersihan gigi, menggosok gigi diyakini para ilmuwan bisa mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan otak, salah satunya demensia. Benarkah gosok gigi rutin bisa mencegah demensia? Cari tahu penjelasannya di bawah ini.

Bakteri plak pada gusi dan gigi kemungkinan sebabkan demensia

Sebuah penelitian oleh tim dari King’s College London University of Southampton di Inggris meneliti 59 orang dengan kondisi demensia ringan hingga sedang selama enam bulan dengan cara memantau kesehatan gusi mereka.

Pasien demensia yang memiliki penyakit gusi ternyata kondisinya tambah parah 6 kali lebih cepat daripada pasien lain yang gusi dan giginya sehat-sehat saja. Periodontitis atau penyakit gusi sering terjadi pada orang lanjut usia (lansia) dan bisa bertambah parah sering bertambahnya usia mereka.

Pada penelitian ini, diperkirakan bahwa bakteri atau plak yang menempel di gusi dan gigi dapat meningkatkan tingkat peradangan dalam tubuh. Peradangan ini berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit Alzheimer.

Penyakit gusi dapat dicegah dan dijaga melalui sikat gigi dan menggunakan obat kumur secara teratur. Peneliti juga mengatakan bahwa menjaga kesehatan gigi bisa menjadi cara mudah untuk mengurangi dampak Alzheimer.

Profesor Clive Holmes, penulis senior dari University of Southampton mengatakan bahwa hasil penelitian ini menarik karena bisa mengetahui kondisi peradangan kronis di tubuh yang berhubungan dengan perkembangan penyakit lain. Meskipun penelitian ini sudah dilakukan selama enam bulan lamanya, peneliti masih butuh penelitian lanjutan agar hasilnya lebih valid.

Hasil penelitian ini juga didukung oleh penelitian lainnya dari Inggris. Para ahli dari Oxford Cambridge Universities dan Imperial College London mengatakan bahwa infeksi virus dan bakteri di otak sering menimbulkan gejala seperti demensia atau Alzheimer. Kesehatan gigi yang buruk karena jarang menyikat gigi dan merawat gusi juga sebagai salah satu penyebab lansia jadi ompong.

merawat gigi lansia

Bagaimana cara mencegah demensia lewat kesehatan gigi?

Memang belum diketahui secara pasti bagaimana penyakit gusi dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Bakteria periodontal meningkatkan peradangan tubuh. Inilah yang diduga dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengajak orangtua untuk bersama jaga kebersihan gigi dan gusi guna mencegah demensia. Umumnya, menyikat gigi dua kali sehari adalah hal yang wajib dilakukan semua orang. Pastikan bahwa orang demensia terus melakukan hal ini dengan cara membantu mereka menyikat gigi (bila kondisi fisiknya tidak mampu). Begini cara membersihkan gigi yang benar guna mencegah demensia:

  1. Topang dan buka rahang lebar-lebar untuk membantu membersihkan bagian depan gigi, bagian dalam, dan bagian permukaan gigi yang fungsinya untuk mengunyah makanan.
  2. Gunakan sikat gigi dengan kepala kecil dan bulu sedang. Bisa juga menggunakan sikat gigi anak yang lebih mudah ditemukan dan digunakan.
  3. Gunakan pasta gigi seukuran kacang polong yang mengandung setidaknya dari 1450 ppm fluoride (lihat tabel kemasan pasta gigi untuk mengetahui berapa banyak fluoride di dalamnya).
  4. Sikat gigi yang benar dengan gerakan melingkar secara lembut.
  5. Tunggu beberapa saat untuk membilas, karena zat fluoride dalam pasta gigi akan terus melindungi gigi selama beberapa saat.
  6. Coba mulai ganti sikat gigi dengan sikat baru setiap 3-4 bulan sekali.
  7. Ketika Anda membantu anggota keluarga atau kerabat yang demensia lalu menemukan gusi mereka berdarah saat sikat gigi, segera bawa ke dokter untuk perawatan lanjut agar demensia tidak semakin parah.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 9, 2018 | Terakhir Diedit: Juli 19, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca