Apakah Seseorang Bisa Mati Karena Tersedak?

Oleh

Salah seorang aktor Hollywood yang dikenal lewat sejumlah film kenamaan seperti Star Wars, Gordon Drewe Henley, meninggal dunia pada Januari 2016. Seperti dilansir dari beberapa media, Henley meninggal setelah tersedak seusai menikmati makan siangnya. Bila Anda melakukan penelusuran pada mesin pencari Google, mungkin Anda juga akan menemukan bahwa wikipedia bahkan telah membuat daftar beberapa tokoh yang meningga karena tersedak.

Bagaimana tersedak bisa menyebabkan kematian?

Tersedak terjadi karena tertutupnya jalan udara pada pernafpsan bagian atas. Hal yang menghambat pernapasan tersebut bisa berupa makanan atau benda lain. Orang yang tersedak biasanya ditandai dengan batuk-batuk dan kesulitan bernapas.

Dengan kata lain, tersedak adalah kondisi darurat yang memerlukan tindakan segera. Hal ini dikarenakan, bernapas adalah aktivitas yang penting. Oksigen yang kita hirup melalui aktivitas bernapas, sangat dibutuhkan tubuh untuk:

  • Sumber bahan bakar dalam pembuatan energi dari makanan yang kita konsumsi
  • Otak manusia sangat membutuhkan oksigen. Sehingga, ketiadaan oksigen pada otak dapat menyebabkan kematian dalam 4 hingga 6 menit. Dengan kata lain, benar adanya tersedak bisa menyebabkan kematian.

Kenapa seseorang bisa tersedak?

Pada bagian belakang mulut kita, terdapat 2 arah; esofagus (organ yang mengarah kepada perut) dan trakea (jalur masuk oksigen, sebelum akhirnya oksigen memasuki paru-paru). Meskipun begitu, terdapat beberapa hal yang menyebabkan seseorang tersedak, di antaranya :

  • Pada orang dewasa, tersedak sering kali disebabkan karena makanan tidak dikunyah dengan baik, berbicara atau bahkan tertawa sambil makan, mengonsumsi alkohol atau obat-obatan, dan mengidap penyakit seperti Parkinson, yang mampu memperlambat seseorang menelan makanannya.
  • Pada anak-anak, tersedak biasanya disebabkan terlalu banyaknya memasukkan makanan ke mulut dalam sekali makan, dan beberapa penyebab lain yang serupa dengan pada orang dewasa. Anak-anak juga terkadang masih suka memasukkan barang-barang nonmakanan ke dalam mulutnya.

Bagaimana cara mengatasi tersedak?

  1. Jangan berikan seseorang yang tersedak minuman apapun, karena cairan yang masuk justru akan lebih menghambat jalannya udara.
  2. Tanyakan dulu apakah dia tersedak. Bila ia masih mampu menjawab, Anda cukup boleh hanya mendampingi dia. Namun bila ia sudah tak mampu menjawab atau hanya mengangguk, sebaiknya berikan dia pertolongan selanjutnya.
  3. Pertolongan selanjutnya dapat dilakukan dengan pemberian pertolongan pertama: berdirilah di belakang orang tersebut, buatlah kepalan pada tangan Anda, lingkarkan lengan Anda di sekitar tubuh orang tersebut dan kepalan tangan Anda menekan bergerak ke atas di perut orang tersebut, seperti mencongkel. Lakukan dengan gerakan yang cepat.
  4. Bila benda asing tersebut tidak juga keluar, segera larikan dia ke rumah sakit terdekat.

Pertolongan napas buatan dapat diberikan bila korban dalam keadaan tidak sadarkan diri. Sedangkan tepukan di punggung dapat diberikan bila korban masih anak-anak.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca