Zaman sekarang ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memperindah bagian tubuh yang diinginkan, salah satunya dengan suntik pantat. Tren yang diprakarsai sejak tahun 2000-an ini semakin naik daun setelah digaungkan oleh keluarga Kardashian karena hasil dan prosesnya yang tidak makan banyak waktu. Beda jika Anda melakukan squat ataupun gerakan olahraga lain untuk mengencangkan pantat yang bisa membutuhkan waktu lama dan kerja keras ekstra. Tapi sebelum Anda merogoh kocek untuk pergi ke dokter meminta suntik pantat, baca dulu artikel ini.

Apa itu suntik pantat?

Suntik pantat adalah sebuah operasi non-bedah yang dilakukan untuk menunjang atau memperbaiki bentuk pantat lewat suntikan. Prosedur ini harus dilakukan oleh ahli bedah dan masa pembedahannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Ada dua pilihan cairan suntik untuk mengisi ruang pada pantat Anda, yaitu menggunakan transfer lemak (biasa dikenal dengan Brazillian Butt Lift) atau menggunakan kolagen. Keduanya disuntikkan ke dalam pantat untuk membuat pantat terlihat lebih besar. FDA (Food and Drugs Administration) di Amerika hanya menyetujui metode menggunakan transfer lemak.

Bagaimana prosedur suntik pantat di dokter?

1. Metode suntik transfer lemak

Pada metode ini, lemak di bagian tubuh lain dikeluarkan dan lemak tersebut dipindahkan ke bagian pantat atau pinggul pasien untuk membentuk lengkungan siluet bokong yang diinginkan. Lemak yang digunakan juga bukan lemak sembarangan dan menggunakan alat pemisah lemak. Lemak disaring dan kemudian “ditanam” ke dalam pantat. Kalau sel lemak yang ditemusedikit tidak akan dipakai selama operasi ini berlangsung.

2. Metode suntik kolagen (sculptra)

Suntik pantat dengan kolagen sebetulnya menggunakan cairan sculptra, yaitu zat yang merangsang pertumbuhan kolagen di bagian tubuh Anda. Meskipun masih menjadi perdebatan di antara FDA, sudah banyak dokter yang melakukan operasi ini karena hasilnya cukup aman dan efektif.

Suntik pantat ini mengisi jaringan yang kosong, menghasilkan volume, membentuk agar pantat lebih bulat dan kencang. Setiap prosedur suntik sculptra memakan waktu kurang dari satu jam dan bisa bertahan hingga 2 tahun. Kebanyakan pasien melakukan 3-4 kali suntikan, biasanya dilakukan sekitar dua sampai tiga minggu terpisah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Adakah bahaya yang didapat akibat suntik pantat?

Seperti yang dinyatakan di atas tadi,  masih ada beberapa bahan isi suntikkan seperti silikon dan kolagen belum disetujui FDA terkait risiko serius seperti memar, kerusakan permanen pada jaringan otot dan lemak pantat, dan bahkan kematian.

Ada juga kemungkinan risiko pembengkakkan dan mati rasa pada pantat yang biasanya sembuh dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan pertama. Komplikasi pembedahan yang lebih parah biasanya meliputi infeksi, luka terbuka, mati rasa terus-menerus, pembengkakkan yang terus-menerus dan kontur kulit yang tidak rata.

Kebanyakan orang dapat melanjutkan aktivitas normal dalam beberapa hari sampai beberapa minggu setelah melakukan suntik pantat. Mungkin juga, Anda akan mengalami kesulitan duduk untuk menyesuaikan bentuk pantat dalam beberapa minggu pertama.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca