Mengunyah Permen Karet Sambil Jalan Kaki Ternyata Menyehatkan, Lho!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Anda hobi mengunyah permen karet? Pernahkah Anda mencoba mengunyah permen karet sambil berjalan kaki atau jalan santai? Jika belum, sekarang saatnya Anda coba! Pasalnya, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan manfaat kesehatan dari mengunyah permen karet saat berjalan kaki

Manfaat mengunyah permen karet sambil jalan kaki

olahraga jalan kaki

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Yuka Hamada dan timnya di Universitas Waseda, Tokyo, Jepang, melaporkan bahwa mengunyah permen karet sambil jalan kaki dapat meningkatkan fungsi fisik dan fisiologis, terutama untuk pria paruh baya dan lansia.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physical Therapy Science, melakukan penelitian pada 46 orang pria dan wanita, yang berusia antara 21-69 tahun .

Peserta dibagi jadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi dua strip permen karet untuk dikunyah sambil berjalan dengan kecepatan normal selama 15 menit. Sementara peserta pada kelompok kedua berjalan selama 15 menit tanpa mengunyah permen karet, tapi diminta menelan bubuk yang mengandung bahan yang sama dengan permen karet.

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati beberapa faktor, yaitu dengan mengukur denyut jantung saat istirahat, rata-rata denyut jantung selama berjalan, jarak yang ditempuh, dan ritme berjalan.

Selain itu, peneliti juga menghitung berapa banyak energi yang dihabiskan selama berjalan. Ini dihitung dengan membandingkan kecepatan rata-rata berjalan dan berat badan masing-masing peserta.

Berdasarkan data yang telah dihitung, para peneliti menemukan bahwa rata-rata denyut jantung untuk kedua jenis kelamin meningkat secara signifikan saat mengunyah permen karet sambil berjalan.

Pria yang berusia 40 tahun ke atas membakar kalori lebih banyak saat mengunyah permen karet sambil jalan kaki. Sayangnya, wanita tidak mengalami manfaat ini karena tidak ada perubahan jumlah kalori yang dibakar saat berjalan kaki sambil mengunyah permen karet.

Jalan kaki sambil mengunyah permen karet bisa bantu Anda jalan lebih jauh

manfaat permen karet

Penelitian ini juga menemukan bahwa mengunyah permen karet sambil jalan kaki juga dapat meningkatkan jarak jalan kaki dan energi yang dikeluarkan pada pria paruh baya dan lansia.

Meski begitu, peneliti belum menemukan penyebab dari perubahan ini. Namun, para peneliti menduga bahwa peningkatan denyut jantung ini terkait dengan sinkronisasi jantung-lokomotor (cardiac-locomotor synchronization atau CLS).

CLS adalah mekanisme yang menyambungkan irama jantung dan ritme lokomotor seseorang. Ritme lokomotor adalah ritme seseorang yang ditandai dengan gerakan berpindah tempat seperti berjalan, berlari, dan melompat. Mekanisme ini juga lebih mungkin terjadi pada orang tua daripada orang yang lebih muda.

Mekanisme CLS ini diyakini muncul dari peningkatan aliran darah maksimum ke otot yang aktif, mengurangi afterload jantung (resistansi/tahanan otot jantung pada saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh selama kontraksi), dan peningkatan volume sistol yang menyertai peningkatan aliran pembuluh darah vena.

Hal inilah yang membuat peneliti menduga bahwa CSL berperan dalam perubahan ini. Para ahli sementara ini menduga bahwa permen karet dapat meningkatkan denyut jantung dan CLS mungkin menyebabkan peningkatan performa Anda saat jalan kaki.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca