Manfaat Buah Kawista, Si Manis Nan Segar yang Menyehatkan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Buah kawista merupakan buah yang masih satu keluarga dengan jeruk. Buah kawista memiliki nama ilmiah Limonia acidissima. Buah kawista juga memiliki nama lain seperti wood appel atau bael fruit. Buah ini berasal dari India selatan hingga ke Asia Tenggara terutama di pulau Jawa dan Nusa Tenggara.

Beberapa wilayah di Indonesia memiliki nama tersendiri untuk menyebut buah ini. Seperti di Aceh, buah ini dikenal dengan nama buah batok dan dimanfaatkan sebagai bahan campuran bumbu rujak Aceh dan sirup. Di Kabupaten Rembang, buah kawista diolah menjadi sirup yang dikenal dengan nama sirup kawis. Masyarakat Bima dan Dompu di NTB menyebutnya kawi dan merupakan salah satu bahan pelengkap rujak khas suku Mbojo (Bima).

Namun, tak banyak masyarakat Indonesia yang mengenal buah ini. Hal ini dikarenakan budidaya buah ini di Indonesia masih sangat jarang. Buah ini sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Apa saja manfaat buah kawista yang sudah terbukti? Simak di bawah ini!

Apakah buah kawista sehat bagi tubuh?

Buah kawista adalah buah aromatik yang memiliki rasa manis. Buah ini dapat digunakan untuk pengobatan. Buah ini dapat dimakan utuh atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau teh. Buah kawista dapat membantu mengobati beberapa kondisi seperti gangguan pencernaan. Pada pengobatan alternatif tertentu (seperti Ayurveda), buah kawista mentah digunakan untuk gangguan pencernaan (seperti diare dan disentri).

Sementara itu, buah kawista matang memiliki efek pencahar. Dalam pengobatan alternatif, buah kawista juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk masalah kesehatan seperti asma, flu ringan, sembelit, diabetes, penyakit jantung, kolesterol tinggi dan ulcerative colitis.

Manfaat buah kawista untuk kesehatan

Membantu redakan diare

Menurut penelitian yang diterbitkan di BMC Complementary and Alternative, buah kawista mentah dapat membantu mengobati diare. Ekstrak buah kawista mentah memilki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan diare yang disebabkan infeksi bakteri.

Melawan radang usus

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology, salah satu manfaat buah kawista mentah yaitu melindungi Anda dari penyakit radang usus termasuk penyakit Crohn dan kolitis. Penelitian ini dilakukan pada sekelompok tikus dengan kolitis yang diobati dengan memberikan ekstrak buah kawista mentah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di usus.

Mengendalikan kadar gula darah

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2003, mencoba melihat apakah buah kawista dapat membantu pengelolaan diabetes. Ternyata dari penelitian tersebut ditemukan bahwa buah kawista dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus hewan coba.

Namun perlu diingat juga, kebanyakan penelitian yang dilakukan terkait manfaat buah kawista ini belum dilakukan di manusia sehingga keamanannya pada manusia masih dipertanyakan. Untuk itu, berhati-hatilah dalam penggunaannya karena dosis aman dan efek samping dari ekstrak buah kawista masih belum diketahui secara pasti.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca