Faktanya, makan pelan bisa membuat Anda kenyang lebih cepat. Untuk itu, kebiasaan makan pelan akan sangat cocok untuk Anda yang berniat menurunkan berat badan. Dengan merasa kenyang lebih cepat, tandanya Anda tak akan makan dengan kalap hingga menimbun kalori berlebih di dalam tubuh. Namun, mengapa makan pelan bisa bikin cepat kenyang? Berikut ulasannya.

Kenapa makan pelan bikin cepat kenyang?

menambah porsi makan

Makan dengan perlahan telah terbukti mampu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan kadar hormon antilapar yang diproduksi saat Anda tidak makan secara terburu-buru. Dengan makan secara perlahan, otak memiliki waktu untuk menerima serangkaian sinyal dari hormon yang dikeluarkan oleh saluran pencernaan.

Reseptor salah satu saraf di perut bisa langsung memberi sinyal pada otak melalui saraf vagus yang menghubungkan usus dan batang otak. Sinyal ini biasanya dilepaskan saat makanan dicerna sebagian di usus kecil. Hormon cholecystokinin akan dikeluarkan oleh usus sebagai respon terhadap makanan yang dikonsumsi selama makan.

Selain hormon cholecystokinin, hormon leptin yang dikeluarkan oleh sel lemak akan memperkuat sinyal untuk meningkatkan perasaan kenyang. Dikutip dari laman Harvard Health Publishing, leptin berinteraksi dengan neurotransmitter dopamin di otak untuk menghasilkan perasaan senang setelah makan.

Berbagai rangsangan dan interaksi ini membutuhkan waku. Oleh karena itu, Anda cenderung lebih cepat kenyang saat makan pelan karena otak, sistem saraf, dan hormon bisa saling memengaruhi dan memberikan rangsangan.

Manfaat makan pelan-pelan

ketularan batuk pilek

Jika tubuh lebih cepat kenyang otomatis Anda akan makan lebih sedikit kalori. Jika Anda makan lebih sedikit kalori, otomatis risiko obesitas pun akan menurun. Bahkan, Anda bisa mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis jika diterapkan setiap hari.

Selain membantu menurunkan berat badan, makan pelan juga memiliki beberapa manfaat lainnya seperti:

  • Membuat Anda lebih menikmati makanan.
  • Kesehatan pencernaan meningkat.
  • Membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dengan lebih maksimal.
  • Menjaga gigi tetap sehat.
  • Membuat Anda lebih tenang dan terkendali.

Untuk itu, tak ada ruginya untuk makan pelan-pelan. Nikmati setiap kunyahannya dan jangan terburu-buru. Pasalnya, tidak ada kerugian yang Anda dapat dari makan secara perlahan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca