Lima Hal yang Perlu Anda Tahu Seputar Menstruasi

Oleh

Sebagai wanita, menstruasi akan jadi bagian kehidupan sehari-hari selama bertahun-tahun lamanya, dimulai dari masa puber di usia sekitar 12 tahun, hingga mencapai usia menopause sekitar umur 50-an. Tapi kalau Anda masih baru dan belum terlalu berpengalaman seputar menstruasi, mungkin ada beberapa hal yang perlu diketahui, seperti dijabarkan di bawah ini.

1. Bagaimana saya memberitahu ibu atau ayah saya bahwa saya baru saja mendapat menstruasi pertama?

Normal untuk merasa sedikit malu dalam mengabarkan berita ini. Dalam beberapa keluarga, membicarakan hal-hal tentang tubuh mungkin bukanlah hal besar. Dengan tipe keluarga seperti ini, mereka mungkin akan mengajak Anda makan malam keluar untuk merayakan momen Anda sebagai wanita dewasa.

Keluarga lainnya mungkin lebih sedikit tertutup, sehingga seorang wanita mungkin akan merasa bingung harus bagaimana memberitahukan hal ini dan kepada siapa ia akan memberi tahu. Tetapi berita ini perlu dibicarakan, setidaknya dengan satu orang dewasa dalam keluarga. Mungkin Anda dapat menarik seseorang itu kemudian katakan secara jelas, misalnya, “Aku baru saja mendapatkan menstruasi pertamaku hari ini. Apakah kamu bisa membantu saya mendapatkan beberapa perlengkapan haid?”

Jika kakak atau adik Anda tahu, mungkin mereka akan menggoda Anda sedikit. Katakan pada mereka bahwa ini berarti Anda telah bertambah dewasa.

2. Bagaimana cara kerja tampon?

Tidak seperti pembalut yang akan menyerap darah sesaat setelah keluar dari vagina, tampon harus dimasukkan ke dalam vagina. Tampon biasanya terbuat dari bahan yang lembut dengan tali agar mudah dilepas dan dimasukkan ke pembukaan vagina, alias lubang di antara uretra (tempat air kencing keluar) dan anus (tempat kotoran keluar).

Mungkin butuh sedikit waktu untuk belajar menggunakan tampon. Pemasang tampon dapat berupa plastik atau kardus, Anda dapat menggunakan manapun yang Anda suka. Di dalam tiap kotak, terdapat buku instruksi yang akan memberi tahu Anda bagaimana memasangnya. Tampon tersedia dalam tingkat penyerapan yang berbeda. Cobalah mulai dengan yang regular baru kemudian gunakan ganti jika dirasa sudah diperlukan. Anda harus mengganti tampon setiap 4 hingga 8 jam atau ketika sudah penuh dengan darah.

Jika tampon terasa tersangkut, itu hanya sementara. Tampon tidak dapat masuk lebih jauh ke dalam vagina Anda karena tidak ada tempat keluar lain selain vagina. Santai dan tunggu beberapa menit, dan Anda akan bisa menarik tampon Anda keluar lagi.

3. Bisakah saya berenang selama menstruasi?

Berenang selama menstruasi tidak akan menjadi masalah. Namun, Anda mungkin ingin menggunakan tampon dan bukan pembalut saat berenang agar tidak mengotori baju renang (dan air kolam renang) dengan darah. Tampon tidak akan lepas jika dimasukkan secara benar, jadi silakan berenang!

Tampon juga akan berguna untuk wanita yang melakukan olahraga selama menstruasinya. Walaupun pembalut juga sama, tetapi biasanya akan terasa tebal dan tidak nyaman.

4. Apa yang terjadi jika saya tidak memiliki pembalut ataupun tampon?

Jika ini terjadi, pilihan Anda adalah meminta pada teman Anda, temui perawat sekolah (petugas UKS) jika Anda ada di sekolah, atau telepon ke rumah sehingga ibu atau ayah Anda dapat membawakan apa yang Anda perlukan. Jika Anda khawatir pakaian Anda terkena bernoda, Anda dapat melipat beberapa lembar tissue dan letakkan di celana dalam Anda sebagai pembalut sementara. Tetapi ini tidak akan bertahan lama, jadi Anda perlu mendapatkan pembalut secepatnya.

Akan lebih baik lagi jika Anda selalu mempersiapkan pembalut di tas, loker, laci meja sekolah Anda.

5. Bagaimana jika darah tembus melalui celana atau rok saya?

Oh, no! Ada darah di bagian belakang celana saya! Apa yang harus saya lakukan? Hal ini pasti pernah terjadi pada hampir semua wanita. Sering kali ini terjadi ketika Anda sedang berada di luar rumah, sehingga Anda tidak dapat berganti pakaian secepatnya. Tapi jika Anda memakai baju hangat atau jaket, Anda dapat melepasnya dan mengikatkan melingkar di pinggang Anda. Lalu cari pembalut baru sehingga darah tidak akan menembus celana Anda lebih banyak dari sebelumnya.

Setelah mendapatkan pembalut baru, gantilah secepat yang Anda bisa. Anda perlu mencuci noda darah di celana dalam dan pakaian Anda dengan air dingin secepatnya. Terkadang nodanya dapat hilang dan terkadang juga tidak. Untuk menghindari masalah ini, gantilah pembalut Anda secara rutin dan tetap bawa cadangan lebih di tas.

Untuk proteksi ekstra pada hari-hari berat, beberapa wanita menggunakan pembalut yang didobel dengan tampon. Anda juga sebaiknya memakai bawahan berwarna gelap selama menstruasi.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca