Anda Tergila-gila Makan Cokelat? Bisa Jadi Karena Gen Anda Berbeda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tak suka cokelat? Cokelat disebut-sebut sebagai jenis makanan yang dapat mood seseorang kembali membaik. Tak hanya rasanya saja yang enak, tetapi aroma dan teksturnya membuat makanan ini digemari banyak orang. Tapi ternyata Anda suka makan cokelat bukan karena rasanya yang enak, tetapi gen Anda sudah ‘berkata’ seperti itu sehingga Anda menyukainya.

Suka makan cokelat bisa jadi bawaan lahir

Genetik berperan penting untuk menentukan apapun yang membentuk seorang individu. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Tufts University. Penelitian ini menyatakan jika genetik di setiap individu memengaruhi preferensi rasa yang ia pilih. Termasuk, bila Anda sangat suka makan cokelat, bisa jadi kegemaran Anda ini sudah bawaan lahir.

Studi yang dilaporkan dalam pertemuan Experimental Biology 2017 ini meneliti genetik pada 818 peserta, yang terdiri dari 404 pria dan 414 wanita dewasa. Tim peneliti menganalisis genetik dan mendata makanan yang dikonsumsi masing-masing individu.  

Kemudian, diketahui bila orang yang suka makan cokelat memiliki gen oksitosin yang berbeda ketimbang dengan orang yang tidak gemar makan cokelat.

Gen memengaruhi selera makan seseorang

Gen ternyata tak hanya menentukan bagaimana penampilan fisik seseorang saja, namun ternyata kode-kode DNA tersebut memengaruhi dalam preferensi makanan Anda sehari-hari. Dalam penelitian ini, gen yang ditemukan berbeda adalah gen yang berperan terhadap fungsi dan kadar oksitosin di dalam tubuh.

Jadi begini sederhananya, tubuh menjadi lebih mudah untuk mengaktifkan oksitosin, yaitu hormon yang berfungsi memunculkan rasa senang, tenang, dan nyaman. Pada penyuka cokelat yang memiliki gen berbeda ini, oksitosin sangat mudah dirangsang hanya dengan cokelat saja.

Sehingga setelah makan cokelat ia merasa senang, nyaman dan tenang. Oleh karena itu, ia tak berpikir dua kali lagi untuk mengonsumsi cokelat kedua kalinya. Akhirnya, ia menjadi sangat suka makan cokelat.

Apakah hal ini memengaruhi kesehatan Anda?

Hal ini bisa saja menyebabkan makanan Anda cenderung tak beragam dan hanya itu-itu saja – karena Anda hanya menyukai makanan tersebut saja. Apabila hal ini terjadi, maka Anda berisiko mengalami kekurangan zat gizi tertentu (malnutrisi). Sebab, pada dasarnya tak ada satu jenis makanan yang sempurna dan memiliki semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun tenang, tentu pengaruh genetik juga akan dipengaruhi oleh lingkungan dan kebiasaan yang ada di keluarga Anda. Misalnya saja anak yang tak suka makan sayur atau buah karena tak pernah dibiasakan oleh orangtuanya sejak kecil.

Tentu, semua ini akan memengaruhi kesehatan Anda di kemudian hari. walaupun memang preferensi makanan Anda dipengaruhi oleh genetik dan lingkungan, namun tak ada salahnya untuk mencoba makanan dan minuman yang kurang Anda sukai sebelumnya demi menjaga kesehatan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Yang jelas, kabar bahwa tidur pakai bra bisa menyebabkan kanker payudara, itu sama sekali tidak benar. Tapi, apakah ini berarti kita boleh tidur pakai bra?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Minum obat terus minum madu? Boleh atau tidak? Baiknya Anda simak penjelasan di sini mengenai bahaya dan anjuran saat minum madu.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat, Fakta Unik 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Penting Diketahui Saat Menyiapkan Makanan bagi Lansia

Kehilangan nafsu makan saat lansia membuat tubuh tak ternutrisi optimal. Ada beberapa cara menyajikan makanan untuk lansia agar nutrisinya tetap terjaga.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
makanan untuk lansia
Hidup Sehat, Tips Sehat 27/07/2020 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nafsu seks

Nafsu Seks Siapa yang Lebih Besar? Pria atau Wanita?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
mengatasi rambut kering

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit