Kanker Payudara Stadium 2: Tahap, Harapan Hidup, dan Pengobatan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kanker payudara stadium 2 termasuk fase pertengahan. Namun, Anda pastinya tetap bertanya-tanya dan merasa waswas akan kondisi tubuh saat ini. Untuk lebih jelas lagi soal perkembangan kanker payudara dan pengobatannya di stadium ini, berikut ulasan singkatnya.

Apa artinya jika saya didiagnosis kanker payudara stadium 2?

Terkena kanker payudara stadium 2 artinya progres perkembangan sel kanker masih di tengah-tengah, belum dapat digolongkan stadium akhir tapi juga sudah lewat dari stadium dini.

Saat ini sel kanker sedang tumbuh dan berkembang dalam jaringan payudara, dan kemungkinan penyebarannya mungkin hanya sampai ke kelenjar getah bening terdekat.

Kanker payudara stadium 2 itu sendiri terbagi menjadi dua kelompok, yang dibedakan dari ukuran tumor dan sejauh mana penyebarannya ke kelenjar getah bening.

Stadium 2A

Di fase ini, ada tiga kemunginan kondisi yang mungkin dialami yaitu:

  • Tidak ada tumor pada payudara, tetapi ada kurang lebih 4 sel kanker di kelenjar getah bening di dekat ketiak atau tulang dada
  • Terdapat tumor di payudara yang ukurannya kurang dari 2 cm dan terdapat 4 sel kanker di kelenjar getah bening dekat ketiak atau tulang dada
  • Terdapat tumor berukuran 2 sampai 5 cm dan belum meenyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya

Stadium 2B

Pada tahap 2B, kemungkinan kondisi yang dialami yaitu:

  • Tumor berukuran lebih besar dari 2cm tetapi tidak lebih besar dari 5 cm. Selain itu, ada area kecil tempat sel kanker berkumpul di kelenjar getah bening
  • Tumor berukuran lebih besar dari 2cm tetapi kurang dari 5 cm. Selain itu, kanker telah menyebar ke 1 sampai 3 kelenjar getah bening di ketiak atau dekat tulang dada
  • Tumor berkuran lebih besar dari 5 cm dan belum menyebar ke kelenjar getah bening

Angka harapan hidup pengidap kanker payudara stadium 2

Angka harapan hidup menggambarkan berapa besar peluang pengidapnya masih dapat hidup dalam jangka waktu tertentu setelah didiagnosis. Kemungkinan bertahan hidup pasien kanker payudara stadium 2 terbilang cukup tinggi

Menurut Cancer Research UK, tingkat kelangsungan hidup dalam lima tahun setelah terdiagnosis kanker payudara stadium 2 adalah 90% untuk wanita yang telah menyelesaikan pengobatan. Artinya 90 orang dari 100 wanita bisa bertahan hidup selama 5 tahun setelah didiagnosis dengan bantuan pengobatan.

Di sisi lain, persentase angka harapan hidup akan tergantung pada banyak faktor, mulai dari kecepatan penyebaran kanker, usia, kebugaran, ukuran tumor, dan respon tubuh terhadap pengobatan.

Maka jangan jadikan hal ini sebagai patokan pasti karena tidak ada pernah yang tahu mengenai berapa lama manusia bisa hidup. Namun Anda juga tak boleh menyerah dalam menjalani pengobatan.

Pilihan pengobatan untuk kanker payudara stadium 2

Kanker payudara stadium 2 biasanya diobati dengan beberapa cara seperti:

Operasi

Untuk tumor yang berukuran kecil, dokter biasanya akan menganjurkan prosedur lumpektomi. Lumpektomi adalah prosedur pengangkatan tumor dan sebagian jaringan yang terkena.

Namun, untuk tumor yang berukuran besar, dokter akan merekomendasikan mastektomi. Mastektomi adalah pengangkatan seluruh jaringan payudara Anda. Selain jaringan payudara, dokter juga bisa mengangkat kelenjar getah bening yang terkena.

Terapi radiasi

Terapi radiasi adalah prosedur pengobatan dengan menggunakan sinar X tingkat tinggi. Tujuannya untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin tertinggal selama operasi. Selain pada stadium 2, radiasi juga digunakan untuk pengobatan kanker stadium lainnya.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah prosedur pengobatan untuk kanker payudara stadium 2 yang mungkin paling dikenal. Prosedur ini dilakukan dengan memberikan pengidapnya obat baik diminum langsung atau dimasukkan ke dalam pembuluh darah. Kemoterapi juga bisa dilakukan dengan tujuan mengecilkan tumor sebelum operasi sehingga lebih mudah diangkat.

Terapi hormon

Terapi hormon adalah prosedur pengobatan yang dilakukan ketika kanker adalah reseptor hormon positif. Artinya, kanker membutuhkan bantuan hormon untuk tumbuh dan berkembang.

Obat-obatan yang diberikan dalam terapi ini membantu mencegah tumor mendapatkan asupan hormon. Adapun berbagai obat yaang biasanya diberikan yaitu:

  • Tamoxifen
  • Anastrozole (Arimidex)
  • Exemestane (Aromasin)
  • Letrozole (Femara) untuk wanita pascamenopause

Obat-obatan ini bisa diberikan sebelum atau setelah operasi tergantung kondisi Anda dan kebijakan dokter.

Terapi target

Terapi target akan diberikan untuk pengidap kanker payudara stadium 2 yang sel kankernya HER2 positif. Obat ini akan langsung ditargetkan hanya pada sel kanker saja tanpa mengenai dan merusak sel sehat di dekatnya.

Trastuzumab (Herceptin) dan pertuzumab (Perjeta) menjadi pilihan obat yang biasanya digunakan. Trastuzumab biasanya akan diberikan pascaoperasi selama sekitar 6 bulan hingga satu tahun perawatan.

Kanker payudara stadium 2 biasanya merespon pengobatan dengan cukup baik. Oleh karena itu, diskusikan kondisi Anda beserta pengobatan terbaiknya dengan dokter yang menangani Anda.

Sumber foto: Aviva Romm MD

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca