Ternyata, Ini Jenis Musik Terbaik yang Cocok Digunakan Sebagai Pengantar Tidur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 02/03/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika susah tidur. Entah dengan mematikan lampu kamar, memasang aromaterapi, hingga mendengarkan musik pengantar tidur. Anda mungkin masih bingung saat memilih lagu, apakah benar harus lagu galau alias mellow atau boleh lagu rock, yang penting lagu favorit Anda sendiri?

Seperti apa, sih, musik pengantar tidur yang ideal?

mengatasi gangguan tidur

Manfaat musik dalam mengatasi gangguan tidur sudah dirasakan banyak orang. Anda mungkin juga sudah membuktikan sendiri bahwa mendengarkan musik pengantar tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda setiap malam.

Namun, Anda sering kali masih bingung saat menentukan genre musik mana yang cocok. Sebetulnya, adakah musik pengantar tidur yang ideal dan ampuh bikin tidur jadi lebih nyenyak? Apa benar lagu-lagu yang lembut adalah musik pengantar tidur yang paling baik?

Seorang peneliti asal Jerman, Laszlo Harmat, mengungkapkan kepada Today bahwa musik klasik paling banyak direkomendasikan sebagai musik pengantar tidur. Hal ini diperkuat oleh sebuah studi dalam Journal of Advanced Nursing tahun 2008, bahwa musik klasik terbukti efektif dalam mengurangi masalah tidur.

Ini karena musik klasik memiliki nada yang rendah dan irama lambat, sekitar 60 beat per menit. Irama lambat inilah yang dapat membantu menurunkan denyut jantung menjadi lebih rileks menuju tidur.

Selain itu, lagu dengan nada yang rendah dan bunyi perkusi yang sedikit pada musik klasik bisa bikin Anda lebih cepat mengantuk. Rasa cemas, tekanan darah, detak jantung, dan pernapasan jadi melambat sehingga tubuh Anda jadi lebih rileks.

Namun, bagaimana kalau tidak suka dengan musik klasik? Tenang, musik jazz bisa menjadi alternatif musik pengantar tidur yang baik, lho! Saat mendengar alunan musik jazz, Anda akan dibawa untuk mengingat kenangan-kenangan yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Anda pun jadi lebih cepat terlelap setelahnya.

Coba dengar berbagai genre musik sebelum tidur

terapi musik untuk kesehatan

Meski lagu dengan irama lambat menjadi pilihan musik pengantar tidur yang paling baik, setiap orang tetap saja memiliki selera musik yang berbeda-beda. Ada orang yang tidak suka musik klasik, tapi justru bisa cepat tidur setelah mendengar musik favoritnya, sekalipun itu musik pop atau rock.

Namun memang, musik dengan irama yang cepat dapat meningkatkan denyut jantung dan bisa bikin Anda lebih lama untuk terlelap. Jika Anda bingung menentukan musik pengantar tidur yang terbaik, coba saja dengarkan beberapa genre musik sebelum tidur. Lihat dan buktikan sendiri mana yang paling ampuh membuat Anda cepat terlelap tidur setiap malam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Benarkah frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dari es krim? Cari tahu di sini untuk memastikan apakah frozen yogurt memang lebih sehat.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut atau halitosis adalah masalah yang sangat mengganggu dan memalukan. Cari tahu semua tentang penyebab dan cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Otot Sering Kedutan, Bahaya atau Tidak?

Hampir semua orang pernah mengalami mata atau tangan kedutan. Namun, apakah Anda tahu arti kedutan dan risikonya bagi kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanggal kedaluwarsa

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 6 menit
mata plus pada anak

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit