Fungsi Alis Mata Plus Tips Jitu Merawatnya Supaya Tetap Sehat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tahukah Anda bahwa alis adalah aksesoris utama mata? Bagian tubuh yang satu ini memberikan nilai tambah pada kecantikan wajah Anda. Itulah sebabnya alis sering kali dibentuk dan diwarnai supaya terlihat lebih menarik. Namun, tahukah Anda apa fungsi alis mata sebenarnya? Yuk, pahami fungsi alis mata sekaligus pelajari cara merawatnya berikut ini.

Apa sih fungsi alis mata?

Setiap orang memiliki alis mata yang berbeda-beda. Baik itu dari tekstur rambut, bentuk alis, dan ketebalannya. Penampilan alis yang beragam ini dipengaruhi oleh keturunan. Namun, bisa juga bentuk dan ketebalannya berubah akibat cedera di sekitar kulit dekat alis.

Selain sebagai penghias, alis mata ternyata memiliki fungsi yang sangat penting. Untuk apa? Menurut ahli, ada dua fungsi alis mata, di antaranya:

1. Melindungi mata

Tanpa Anda sadari, alis mata ternyata menjaga kebersihan dan kejernihan mata Anda. Bagaimana caranya? Coba bayangkan ketika Anda sedang berkeringat atau kehujanan. Tanpa alis, keringat atau air hujan akan langsung jatuh mengalir ke bawah dan masuk ke mata. Mata tentu jadi perih dan tidak dapat membuka dengan benar.

Nah, di sinilah peran alis jadi menguntungkan buat mata.. Rambut alis yang tumbuh menyamping akan mengarahkan aliran air hujan atau keringat menjauhi mata. Bahkan, menyaring debu atau kotoran yang akan mengenai mata. Selain itu, alis juga membantu mengurangi jumlah cahaya dari atas yang masuk ke mata.

2. Mengekspresikan emosi dan mengenali seseorang

Emosi selalu melekat pada kehidupan Anda sehari-hari. Nah, alis mata adalah salah satu bagian penting untuk mengekpresikan emosi tersebut. Coba Anda perhatikan wajah Anda, ketika marah, sedih, murung, senang, ragu, atau terkejut. Pasti alis mata Anda akan berubah, bukan? Entah itu terangkat lebih ke atas atau malah mengerut.

Studi juga menunjukkan bahwa alis mata juga memiliki peran penting untuk mengenal wajah seseorang. Sebuah studi melaporkan bahwa hampir 46% orang tidak dapat mengenali wajah tokoh-tokoh terkenal dengan baik ketika wajahnya tidak dilengkapi alis.

Lalu bagaimana caranya menjaga kesehatan alis?

Sekarang ini banyak metode yang dilakukan untuk mempercantik tampilan alis mata, seperti diwarnai atau dibubuhi pensil alis. Supaya terhindar dari masalah, pilihan kosmetik untuk alis harus dipilih dengan benar.

Lakukan uji sensitivitas lebih dulu jika Anda menggunakan bahan-bahan alami untuk menebalkan alis. Sama seperti rambut, alis juga bisa rontok. Bila kerontokan terjadi sangat parah disertai rasa gatal mengganggu, segera pergi ke dokter.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca