Tubuh manusia memang selalu menyimpan banyak hal menarik untuk diungkap. Salah satunya mengenai virus, yang bisa datang dan hadir kapan pun sebagai penyebab penyakit. Namun, jangan disepelekan. Mari pahami semua fakta tentang perkembangan virus pada tubuh manusia lewat ulasan ini, ya!

Berbagai fakta tentang virus di dalam tubuh manusia

Virus adalah mikroorganisme berukuran kecil yang tersusun atas DNA dan RNA, serta dilapisi oleh protein di bagian luarnya. Meski ukurannya terbilang “mini”, tapi virus yang masuk ke dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

Terlebih karena ukuran virus yang tidak kasat mata sehingga menyulitkannya untuk terdeteksi dengan mudah. Sebenarnya, bagaimana virus tumbuh dan menimbulkan berbagai efeknya pada tubuh manusia?

Berikut fakta menarik tentang virus yang perlu Anda ketahui:

Fakta 1: Virus berkembang dengan membentuk salinan diri

Ketika terserang penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu, Anda mungkin akan bertanya-tanya bagaimana kerja virus hingga kemudian menimbulkan penyakit. Ya, cukup banyak orang yang masih kurang paham mengenai fakta tentang virus yang satu ini.

Pada dasarnya, virus yang masuk ke dalam tubuh tidak “berjuang” sendirian, melainkan menghasilkan banyak salinan diri yang menyerupai bentuknya.

Di sini, virus memanfaatkan sel inang yang sedang ditempatinya untuk memproduksi lebih banyak salinan diri. Tubuh manusia yang dijadikan sel inang oleh virus tidak menyadari hal tersebut. Ini karena virus memberikan instruksi kepada tubuh dalam bentuk DNA atau RNA.

Alhasil, tubuh mengenali instruksi tersebut sebagai hal biasa guna menunjang fungsinya. Tubuh yang telah dijadikan sumber daya oleh virus tersebut, kemudian membuat partikel virus dalam jumlah yang lebih banyak.

Selanjutnya sejumlah virus yang telah berkembang tersebut langsung menjalankan aksinya, sehingga menimbulkan berbagai gejala khas suatu penyakit.

Fakta 2: Virus di dalam tubuh tidak hanya menular antar manusia

Jika selama ini Anda mengira bahwa semua penyakit yang disebabkan oleh virus itu menular dari orang ke orang, nyatanya fakta tentang virus tidaklah demikian. Dari beragam jenis penyakit akibat virus, beberapa di antaranya tidak selalu menyebar langsung dari orang ke orang.

Flu, HIV, herpes, serta hepatitis, merupakan beberapa penyakit yang diakibatkan oleh penularan virus dari kontak langsung antar manusia. Sementara penularan virus lainnya bisa diakibatkan oleh gigitan serangga, hewan, maupun mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi virus.

Ambil contoh seperti penyakit Ebola. Penyakit ini sebenarnya bisa ditularkan langsung dari orang ke orang. Akan tetapi, hewan yang telah terinfeksi virus Ebola juga bisa menularkan penyakitnya pada manusia.

ciri-ciri asma

Fakta 3: Virus yang berkembang bisa menyerang bagian tubuh mana pun

Sebelum menimbulkan satu atau lebih gejala khas penanda suatu penyakit, virus yang telah berkembang dan tersebar ini akan mendatangi bagian tubuh mana pun. Fakta tentang virus yang satu ini perlu dipahami, karena perkembangan suatu penyakit ditentukan oleh bagian tubuh mana yang menjadi sasaran virus.

Ada berbagi bagian di dalam tubuh yang kerap menjadi lokasi penyerangan virus, hingga nantinya menimbulkan gejala. Mulai dari di saluran pernapasan, yang kemudian menyebabkan flu dan pilek. Selanjutnya sistem pencernaan, yang kemudian mengakibatkan diare bahkan muntah-muntah.

Ada juga di kulit, yang akhirnya muncul ruam, bintik-bintik kemerahan, hingga lenting berisi cairan. Bahkan virus bisa menyerang hingga organ hati, sehingga menimbulkan peradangan.

Fakta 4: Tubuh punya kemampuan khusus untuk menghambat perkembangan virus

Fakta tentang virus lainnya yang harus Anda tahu bahwa bukan hanya virus saja yang punya trik untuk mengelabui sel inangnya, tapi tubuh juga demikian. Ya, tubuh manusia sebenarnya mampu membela diri untuk menghambat perkembangan virus.

Tugas tersebut dilakukan oleh sel T sebagai bagian dari sistem imun tubuh. Ketika sistem imun mendeteksi adanya perkembangan virus, sel T mulai menjalankan aksinya untuk menyerang virus dan menghancurkannya.

Di saat tersebut, sistem kekebalan kemudian memproduksi antibodi khusus guna mengikat virus agar tidak menular. Akhirnya, dilanjutkan oleh kerja sel-T yang mematikan virus tersebut.

Selain itu, sel-T juga bertugas memberikan sinyal kepada sel-sel lain untuk menjalankan tugasnya, misalnya sel fagosit.

Fakta 5: Perkembangan virus hanya bisa dihentikan oleh obat antivirus

Virus yang berkembang di dalam tubuh tidak bisa dihentikan oleh sembarang obat. Tak sedikit orang yang keliru dan mengira bahwa obat antibiotik ampuh untuk mengatasi penyakit akibat virus.

Padahal, fakta tentang virus yang kerap kali rancu ini bukanlah demikian. Penggunaan antibiotik yang keliru justru tidak menghentikan perkembangan virus, tapi malah meningkatkan risiko mengalami resistensi antibiotik.

Cara mengobati virus yang paling efektif yakni dengan menggunakan obat antivirus. Antivirus akan mencegah reproduksi virus atau membuat salinan diri, sekaligus meningkatkan kekuatan pada sistem imun tubuh.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca