Unik, Anak Kembar Bisa Punya Orangtua yang Berbeda!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/03/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Anak kembar memang unik. Ada yang kembar dengan wajah yang sama persis, ada yang kembar tapi wajahnya tidak terlalu sama, ada kembar dengan bagian tubuh menyatu, bahkan ada yang kembar beda orangtua. Beda orangtua? Ya, anak kembar beda orangtua memang ada dan terjadi beberapa waktu lalu. Bagaimana bisa? Mari simak faktanya berikut ini.

Kembar tapi kok beda orangtua?

Selama ini yang Anda tahu dari anak kembar adalah dua anak atau lebih, yang lahir dari 1 ibu di waktu yang bersamaan. Namun dengan beberapa ilmu, teknologi, dan uji genetika yang kian canggih, ilmuwan bisa membuktikan bahwa anak kembar bisa punya orangtua, yaitu ayahnya yang berbeda.

Kondisi kembar beda orangtua ini hanya bisa terjadi pada kembar fraternal (dizigotik). Kembar dizigotik terjadi ketika dua buah sel telur yang berbeda sama-sama dilepaskan oleh tubuh, kemudian keduanya dibuahi oleh dua sperma, lalu menempel di rahim ibu.

Namun pada kasus kembar beda orangtua atau dikenal dengan superfecundation heteropaternal, kedua buah sel telur yang terpisah itu dibuahi oleh dua sperma dari pria yang berbeda.

Ini terjadi ketika tubuh melepas 2 sel telur, ibu melakukan hubungan seks dengan pria yang berbeda dalam selang waktu yang berdekatan. Biasanya perbedaan jangka waktunya mencapai 1 sampai 2 minggu setelah pembuahan pertama terjadi. Selain lewat hubungan seksual yang berbeda, kembar beda orangtua ini bisa juga terjadi karena IVF (fertilisasi in vitro) atau biasa dikenal sebagai program bayi tabung.

Beberapa contoh kasus kembar beda orangtua

Kembar tapi berbeda orangtua bisa terjadi pada siapa saja. Sebuah contoh kasus yang dikutip dari New York Times,  dialami oleh anak kembar dari New Jersey. Anak kembar tersebut menjalani tes DNA, yang hasilnya menunjukkan bahwa salah satu anak kembar adalah anak biologis dari pasangan ibunya.

Sedangkan anak kembar yang satunya, DNA-nya tidak cocok dengan pasangannya, atau memiliki ayah yang berbeda. Hal ini terjadi saat ibu tersebut mengakui bahwa ia telah berhubungan seks dengan pria lain di minggu yang sama saat ia  juga berhubungan seks dengan pasangannya.

Selain itu, kembar beda orangtua juga bisa terjadi lewat kehamilan IVF (fertilisasi in vitro). Anak kembar yang bernama Koen dan Tuen Stuart dari Belanda ini memiliki ayah yang berbeda disaat proses IVF berlangsung.

Pada saat proses IV,  terjadi kemungkinan bahwa peralatan IVF yang digunakan dua kali, tercampur dengan sperma pria lain. Ini adalah kemungkinan besar yang terjadi pada anak kembar dengan satu berkulit putih dan satu berkulit coklat.

Tapi, bukan berarti beda warna kulit sudah pasti beda ortu juga

Apabila anak kembar mempunyai wujud yang berbeda, contohnya dari beda warna kulit atau rambut, itu bukan selalu terjadi karena beda orangtua. Kembar beda ras juga bisa terjadi. Kembar beda ras terjadi apabila sel telur dan sperma dihasilkan dari kedua orang dengan pasangan yang ras nya berbeda.

Seperti contoh dari National Geographic yang mempublikasi si kembar Marcia dan Millie Bigs dengan usia 11 tahun. Marcia dan Millie punya warna kulit dan  rambut yang beda, meskipun wajah mereka menunjukkan adanya kemiripan.

Marcia memiliki rambut cokelat muda dan kulit cerah seperti ibunya yang lahir di Inggris. Millie memiliki rambut hitam dan kulit coklat seperti ayahnya yang keturunan Jamaika.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
sidik jari anak kembar

Benarkah Anak Kembar Memiliki Sidik Jari yang Juga Sama?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 4 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca