Kanker payudara termasuk masalah kesehatan yang sering terjadi pada wanita. Penyebab kanker payudara sendiri belum diketahui pasti, tapi ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risikonya. Misalnya usia, riwayat keluarga, mewarisi gen tertentu, obesitas, paparan radiasi, dan banyak mengonsumsi alkohol. Bagaimana jika terlalu banyak minum kopi? Kandungan kafein dalam kopi dikatakan bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Benarkah? Adakah hubungannya antara efek kafein dan kanker payudara? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Benarkah kafein meningkatkan risiko kanker payudara?

Kafein adalah senyawa stimulan alami yang sering ditemui di kopi, teh, minuman ringan dan bersoda, atau produk cokelat. Minuman berkafein katanya bisa memengaruhi risiko Anda memiliki kanker payudara.

Penelitian dari Harvard University menemukan bahwa orang yang menjalani diet yang mengandung banyak kafein lebih berisiko terkena kanker payudara. Tingginya asupan kafein mungkin dapat meningkatkan kemungkinan wanita memiliki tumor yang lebih besar dan lebih sulit diobati. Alasannya belum diketahui, tapi peneliti percaya bahwa terlalu banyak stimulan berpengaruh pada pertumbuhan tumor.

Meski begitu, belum banyak penelitian yang mengatakan bahwa kafein dapat meningkatkan risiko atau menyebabkan kanker payudara.

Kafein mungkin juga menurunkan risiko kanker

Di tahun 2013, hasil dari analisis 37 penelitian dengan lebih dari 59.000 kasus kanker payudara melaporkan bahwa tidak ada hubungan antara kanker payudara dan kafein. Kafein justru bisa sedikit menurunkan risiko kanker payudara pada wanita pascamenopause.

Penelitian lain juga melaporkan bahwa wanita yang minum lebih dari 5 cangkir kopi dalam sehari dapat mengurangi risiko kanker payudara, meskipun minum kopi dalam takaran ini tidak dianjurkan.

Alasan mengapa kafein bisa menurunkan risiko kanker payudara juga belum jelas. Namun, salah satu kemungkinannya adalah adanya kandungan polifenol dalam kafein yang dapat menghambat pertumbuhan kanker.

Pengaruh kafein lainnya pada kesehatan payudara

Sebuah penelitian dalam Archives of Internal Medicine mengungkapkan bahwa kafein dapat mengakibatkan payudara non-kanker berubah menjadi kanker payudara pada wanita. Namun, ini bisa terjadi jika wanita minum kopi lebih dari 4 cangkir dalam sehari. Efek kafein ini juga masih dalam perdebatan dan tidak didukung penelitian lain.

Beberapa wanita beranggapan bahwa kafein bisa memengaruhi kesehatan payudara. Beberapa wanita yang memiliki payudara fibrokistik (tumor jinak) merasakan gejalanya membaik ketika tidak mengonsumsi produk berkafein. Namun, belum ada bukti ilmiah yang mendukung ini.

Efek kafein terhadap risiko kanker payudara masih belum pasti

Efek kafein pada risiko kanker payudara memang masih pro dan kontra. Kafein mungkin bisa menurunkan risiko kanker payudara, tapi bukan berarti ini bisa dijadikan alasan untuk minum kopi sebanyak-banyaknya.

Menurunkan risiko kanker bukan dengan mengonsumsi kafein. Cara terbaik adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Berikut beberapa perubahan pola hidup yang bisa Anda lakukan.

  • Mengonsumsi buah dan sayuran lebih banyak
  • Olahraga rutin
  • Hindari atau batasi konsumsi alkohol
  • Pertahankan indeks massa tubuh yang sehat

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca