Tidak Bisa Bahasa Isyarat? Tenang, Anda Bisa Berkomunikasi Dengan Orang Tuli Melalui Cara Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Banyak orang yang merasa canggung atau bingung saat bertemu dengan orang Tuli. Jika biasanya Anda bisa berkomunikasi dengan mendengar dan berbicara, Anda tentu tidak bisa melakukan hal yang sama pada orang Tuli. Lantas, bagaimana, sih, cara yang tepat berkomunikasi dengan orang tuli? Apakah harus bisa bahasa isyarat?

Tips lancar berkomunikasi dengan orang Tuli

Ketika disinggung soal berkomunikasi dengan orang Tuli, Anda mungkin berpikir bahwa Anda harus menguasai bahasa isyarat. Ya, orang Tuli dapat berinteraksi dengan mudah menggunakan bahasa isyarat.

Namun bagaimana jika tidak paham soal bahasa isyarat? Tenang! Masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk bisa berkomunikasi dengan orang Tuli. Begini caranya.

1. Optimalkan pencahayaan

Sumber: WHO

Sebelum mulai berkomunikasi dengan orang Tuli, pastikan dulu bahwa lingkungan di sekitar Anda nyaman dengan pencahayaan yang baik. Pasalnya, pencahayaan yang baik dapat membantu orang Tuli untuk melihat gerak bibir Anda dengan jelas.

Hindari membelakangi cahaya, misalnya membelakangi jendela yang terkena sinar matahari, karena ini akan memberikan efek siluet atau gelap. Orang Tuli akan kesulitan melihat ekspresi wajah dan gerak bibir Anda.

2. Tatap matanya saat berbicara

cara kompromi dengan pasangan

Ketika ingin berkomunikasi dengan orang Tuli, tarik perhatiannya dengan melambaikan tangan, mengetuk meja, atau menyentuh pundaknya dengan pelan. Ini akan memberitahukannya bahwa Anda ingin mencoba berkomunikasi atau berbicara dengannya.

Setelah itu, berdirilah di depan teman Tuli dan saling berhadapan satu sama lain dengan posisi yang sejajar. Maksudnya tidak membuatnya harus membungkuk atau mendongak saat berbicara dengan Anda. Pastikan ia dapat melihat wajah Anda dengan jelas sehingga pesan akan lebih mudah disampaikan.

Yang terpenting lagi, jangan banyak bergerak saat berbicara dengan orang Tuli. Hal ini akan membuat ia sulit membaca gerak bibir atau mendengar suara Anda dengan jelas. Fokus dan tatap matanya supaya komunikasi berjalan lancar.

3. Bicaralah dengan jelas

berteman dengan mantan pacar

Kunci terpenting bagi orang Tuli saat berkomunikasi adalah membaca gerak bibir seseorang. Anda mungkin berpikir bahwa untuk berkomunikasi dengan orang Tuli, Anda harus berbicara sedikit lambat supaya lebih mudah dimengerti.

Hal ini justru kurang tepat. Dilansir dari Very Well Health, orang Tuli justru menyukai cara bicara yang normal, artinya tidak terlalu lambat atau cepat. Berbicara terlalu lambat justru akan membuatnya sulit memahami maksud Anda. Jadi, bicaralah dengan normal, jelas, dan tidak terburu-buru.

Selain itu, hindari hal-hal yang mengganggu gerak bibir Anda. Contohnya mengunyah permen karet, merokok, menutup mulut dengan tangan, atau memakai masker. Selain bisa membuatnya jadi kurang paham, hal ini juga akan meredam suara yang Anda buat. Alhasil, komunikasi dengan orang Tuli jadi kurang maksimal.

Gunakan volume suara yang normal saat mengobrol, artinya tidak terlalu kencang (berteriak) atau terlalu pelan. Terlebih pada anak atau orang dewasa Tuli yang menggunakan alat bantu dengar, mereka harus berkonsentrasi penuh supaya bisa mendengar suara Anda. Berbicara terlalu keras justru akan memberikan kesan membentak dan menyinggung perasaannya.

Maka itu, pastikan tidak ada suara lain yang mengganggu Anda berkomunikasi dengan orang Tuli. Contohnya suara kendaraan yang berlalu-lalang atau orang lain yang sedang mengobrol. Kurangi suara-suara yang tidak perlu dengan menutup jendela, pintu, atau mematikan mesin kendaraan.

4. Gunakan gerak tubuh dan ekspresi yang jelas

cara bicara

Jangan malu untuk menggunakan gerakan isyarat dan ekspresi yang Anda bisa walaupun sebetulnya Anda tidak menguasai bahasa isyarat. Hal ini sedikit banyak akan membantu melancarkan komunikasi Anda dengan orang Tuli.

Misalnya begini, ketika Anda ingin memberitahukan teman Tuli bahwa makanan sudah siap di meja, tunjukkan gerakan seperti sedang makan atau menyuap, lalu menunjuk ke meja makan. Cara ini akan membuatnya paham dengan maksud yang Anda sampaikan.

Jika Anda masih merasa kesulitan, Anda bisa menggunakan buku catatan dan pulpen, lalu tuliskan hal-hal yang ingin disampaikan. Dengan begitu, teman Tuli Anda akan lebih mudah memahami arah pembicaraan Anda.

Nah, mulai sekarang jangan ragu untuk berkomunikasi dengan orang Tuli, ya!

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca