Malah Stres Saat Liburan Tiba? Begini 5 Cara Mengatasinya!

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 29/01/2018
Bagikan sekarang

Liburan telah tiba! Bukankah Anda senang jika saat itu terjadi? Ya, ketika liburan datang, itu saatnya kita melepas penat dan kelelahan yang selama ini menumpuk bahkan meneror. Liburan membuat Anda lebih banyak waktu untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dan bertemu dengan teman lama. Sayangnya, banyak yang justru merasa stres saat liburan datang. Pasalnya, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk kebutuhan liburan, datang ke beberapa acara yang mungkin kurang Anda sukai (tapi harus hadir), dan sebagainya.

Apakah ini yang Anda rasakan juga ketika liburan datang? Ya, Anda tak sendiri, sebuah survei yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA), menemukan bahwa 8 dari 10 perempuan di Amerika Serikat mengalami stres saat liburan. Tentunya, tidak ada yang mau liburannya terganggu, apalagi stres saat liburan adalah hal yang buruk. Karena itu, simak tips dan trik menghindari stres saat liburan berikut ini. 

Trik menghilangkan stres saat liburan 

1. Merasa kesepian? Liburan adalah waktu yang tepat untuk mencari teman

Mungkin hal yang bikin Anda stres saat liburan tiba adalah tak memiliki teman berlibur. Sebenarnya, Anda tak perlu teman yang banyak untuk memulai liburan Anda. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda nikmati seorang diri. Anda bisa pergi keluar rumah dan menemui teman lama atau bahkan mencari teman baru.

Misalnya, Anda bisa mencoba untuk melakukan kegiatan sosial atau ikut jalan santai. Di tempat tersebut, Anda pasti menemukan banyak teman baru dan tentunya Anda tak lagi merasa sendiri di waktu liburan.

2. Tetap realistis

Terkadang, Anda sudah membayangkan akan menghabiskan liburan dengan orang-orang terkasih. Namun, pasti ada saja hal-hal yang membuat keinginan itu tak terwujud. Jangan bersedih, mungkin saja orang di sekitar Anda tidak bisa menghabiskan waktu bersama Anda saat liburan karena punya urusan yang genting.

Alih-alih bersedih, Anda tetap bisa melakukan hal lain dengannya, kok. Misalnya, menelepon atau sekadar video call agar bisa bertatap muka. 

menjaga kebersihan vagina liburan

3. Rencanakan anggaran dana liburan

Nah, biasanya yang membuat orang stres saat liburan adalah pengeluaran yang membengkak. Maka itu, sebelum liburan tiba, sebaiknya rencanakan semua hal yang akan Anda lakukan saat liburan. Mulai dari tempat, hingga anggaran dana yang akan dikeluarkan.

Anda harus disiplin dan tegas terhadap dana yang sudah dianggarkan. Jangan gunakan untuk hal-hal yang tidak ada dalam daftar. Banyak orang yang menyesal di kemudian hari karena tak bisa menahan diri ketika liburan tiba. Jadi, pastikan kalau semua sesuai dengan yang Anda rencanakan, agar liburan tetap menyenangkan dan bebas stres.

4. Jangan tinggalkan gaya hidup sehat saat liburan tiba

Biasanya, makanan berlimpah ketika liburan tiba, dari yang sehat hingga gorengan-gorengan berlemak. Ingat, Anda harus tetap mengendalikan asupan makan dan jangan makan berlebih saat liburan. Liburan hanya sesaat, tapi tumpukan lemak yang berasal dari makanan yang Anda makan saat itu akan bertahan hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan kemudian.

Jangan lupa untuk tetap olahraga saat liburan. Bukan berarti Anda harus kembali ke gym atau tempat olahraga lainnya. Namun, pastikan jika tubuh Anda aktif dan lakukanlah olahraga yang sederhana. Misalnya, setiap pagi Anda bisa melakukan lari-lari kecil di sekitar tempat liburan Anda. Ajak keluarga atau kerabat Anda bersama-sama agar lebih seru.

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Liburan memang lebih menyenangkan jika dihabiskan bersama orang-orang terdekat, tapi jangan lupakan untuk menyediakan waktu bagi diri sendiri. Ya, waktu khusus untuk Anda habiskan sendirian tanpa gangguan orang lain.

Tak perlu waktu yang lama, jika jadwal liburan Anda padat. Anda bisa melakukan hal sederhana seperti meditasi atau berjalan-jalan di sekitar tempat liburan dan menikmati waktu sendiri.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

WebMD. (2018). Quick Tips: Reducing Holiday Stress-Get started. [online] WebMD. Available at: https://www.webmd.com/balance/stress-management/tc/quick-tips-reducing-holiday-stress-get-started#1  [Accessed 17 Jan. 2018].

Mayo Clinic. (2018). Tips for coping with holiday stress. [online] Available at: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/stress/art-20047544  [Accessed 17 Jan. 2018].

Healthline. (2018). 5 Tips for Managing Holiday Stress | Healthline. [online] Available at: https://www.healthline.com/health/holiday-stress-management-tips#1  [Accessed 17 Jan. 2018].

Nichols, H. (2017). 5 life hacks for a stress-free Christmas. [online] Medical News Today. Available at: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320295.php  [Accessed 17 Jan. 2018].

 

Yang juga perlu Anda baca

Liburan Cuma di Rumah? Usir Rasa Bosan dengan 5 Kegiatan Seru Ini

Dengan aktivitas yang tepat, liburan hanya di rumah sekalipun bisa tetap terasa menyenangkan. Apa saja kegiatan yang bisa Anda lakukan?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020