Malah Stres Saat Liburan Tiba? Begini 5 Cara Mengatasinya!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Liburan telah tiba! Bukankah Anda senang jika saat itu terjadi? Ya, ketika liburan datang, itu saatnya kita melepas penat dan kelelahan yang selama ini menumpuk bahkan meneror. Liburan membuat Anda lebih banyak waktu untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dan bertemu dengan teman lama. Sayangnya, banyak yang justru merasa stres saat liburan datang. Pasalnya, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk kebutuhan liburan, datang ke beberapa acara yang mungkin kurang Anda sukai (tapi harus hadir), dan sebagainya.

Apakah ini yang Anda rasakan juga ketika liburan datang? Ya, Anda tak sendiri, sebuah survei yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA), menemukan bahwa 8 dari 10 perempuan di Amerika Serikat mengalami stres saat liburan. Tentunya, tidak ada yang mau liburannya terganggu, apalagi stres saat liburan adalah hal yang buruk. Karena itu, simak tips dan trik menghindari stres saat liburan berikut ini. 

Trik menghilangkan stres saat liburan 

1. Merasa kesepian? Liburan adalah waktu yang tepat untuk mencari teman

Mungkin hal yang bikin Anda stres saat liburan tiba adalah tak memiliki teman berlibur. Sebenarnya, Anda tak perlu teman yang banyak untuk memulai liburan Anda. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda nikmati seorang diri. Anda bisa pergi keluar rumah dan menemui teman lama atau bahkan mencari teman baru.

Misalnya, Anda bisa mencoba untuk melakukan kegiatan sosial atau ikut jalan santai. Di tempat tersebut, Anda pasti menemukan banyak teman baru dan tentunya Anda tak lagi merasa sendiri di waktu liburan.

2. Tetap realistis

Terkadang, Anda sudah membayangkan akan menghabiskan liburan dengan orang-orang terkasih. Namun, pasti ada saja hal-hal yang membuat keinginan itu tak terwujud. Jangan bersedih, mungkin saja orang di sekitar Anda tidak bisa menghabiskan waktu bersama Anda saat liburan karena punya urusan yang genting.

Alih-alih bersedih, Anda tetap bisa melakukan hal lain dengannya, kok. Misalnya, menelepon atau sekadar video call agar bisa bertatap muka. 

menjaga kebersihan vagina liburan

3. Rencanakan anggaran dana liburan

Nah, biasanya yang membuat orang stres saat liburan adalah pengeluaran yang membengkak. Maka itu, sebelum liburan tiba, sebaiknya rencanakan semua hal yang akan Anda lakukan saat liburan. Mulai dari tempat, hingga anggaran dana yang akan dikeluarkan.

Anda harus disiplin dan tegas terhadap dana yang sudah dianggarkan. Jangan gunakan untuk hal-hal yang tidak ada dalam daftar. Banyak orang yang menyesal di kemudian hari karena tak bisa menahan diri ketika liburan tiba. Jadi, pastikan kalau semua sesuai dengan yang Anda rencanakan, agar liburan tetap menyenangkan dan bebas stres.

4. Jangan tinggalkan gaya hidup sehat saat liburan tiba

Biasanya, makanan berlimpah ketika liburan tiba, dari yang sehat hingga gorengan-gorengan berlemak. Ingat, Anda harus tetap mengendalikan asupan makan dan jangan makan berlebih saat liburan. Liburan hanya sesaat, tapi tumpukan lemak yang berasal dari makanan yang Anda makan saat itu akan bertahan hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan kemudian.

Jangan lupa untuk tetap olahraga saat liburan. Bukan berarti Anda harus kembali ke gym atau tempat olahraga lainnya. Namun, pastikan jika tubuh Anda aktif dan lakukanlah olahraga yang sederhana. Misalnya, setiap pagi Anda bisa melakukan lari-lari kecil di sekitar tempat liburan Anda. Ajak keluarga atau kerabat Anda bersama-sama agar lebih seru.

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Liburan memang lebih menyenangkan jika dihabiskan bersama orang-orang terdekat, tapi jangan lupakan untuk menyediakan waktu bagi diri sendiri. Ya, waktu khusus untuk Anda habiskan sendirian tanpa gangguan orang lain.

Tak perlu waktu yang lama, jika jadwal liburan Anda padat. Anda bisa melakukan hal sederhana seperti meditasi atau berjalan-jalan di sekitar tempat liburan dan menikmati waktu sendiri.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca