Orang yang Bangun Pagi Lebih Cenderung Makan Makanan Sehat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Obesity Society menemukan bahwa orang yang bangun pagi cenderung makan makanan sehat. Selain itu, rata-rata bagi mereka yang bangun pagi, cenderung berperilaku lebih teliti dan lebih tepat waktu sehari-harinya

Penelitian: orang yang bangun pagi memilih makan makanan sehat

Periset mempelajari data 2.000 orang yang dipilih secara acak, hasilnya ditemukan kalau mereka yang bangun lebih awal di pagi hari tidak hanya sarapan dengan nutrisi yang baik, namun juga makan makanan sehat dari pagi hingga malam harinya.

Lalu, bagaimana dengan yang bangun tidur siang dan tidur tidak teratur pula? Tidak banyak para peserta bangun siang yang makan makanan sehat layaknya mereka yang bangun pagi. Selain itu orang yang bangun siang juga banyak terdeteksi kekurangan protein dan kelebihan kadar gula dalam tubuh, porsi makan mereka pun juga 2 kali lebih banyak umumnya.

Apa penyebabnya orang yang bangun siang cenderung makan tidak sehat?

Jika dihubungkan dengan kapan dan apa yang seseorang makan berdasarkan waktu aktifitas mereka, peneliti memberikan pandangan baru mengapa orang yang bangun siang lebih suka makan makanan yang kurang sehat. Penyebabnya adalah, adanya perbedaan dari chronotype (jam-jam waktu tubuh aktif) kedua kategori peserta, dan energi serta nutrisi yang mereka asup.

Pertama, perbedaan asupan paling jelas adalah oleh para manusia yang suka bangun siang. Mereka lebih senang untuk memperoleh makanan rendah protein tapi tinggi sukrosa (gula). Sedangkan di malam harinya mereka akan lebih banyak lagi mengonsumsi asupan gula, lemak, dan asam lemak jenuh.

Terlebih lagi di akhir pekan, perbedaan antara orang bangun pagi dan bangun siang hari bahkan lebih terasa. Orang yang bangun siang lebih cenderung memilih melawan waktu biologis umum mereka. Salah satunya gejalanya adalah memiliki waktu makan yang tidak teratur, pola tidur tidak teratur, dan secara fisik kurang aktif secara keseluruhan.

Pola tidur seseorang juga dapat memengaruhi pengeluaran hormon tertentu, misalnya leptin dan ghrelin, yang bisa membuat seseorang mudah lapar. Karenanya, jika Anda bertekad untuk hidup sehat atau menjaga berat badan, mulailah dengan mengatur pola tidur yang baik dan teratur.

Tips agar bisa bangun lebih pagi

1. Tidur lebih awal

Seperti yang Anda tahu, jika hendak bangun di awal hari pastinya Anda harus tidur lebih awal. Tidur yang cukup sekitar 7-9 jam per hari di awal malam dapat membuat tubuh bangun lebih pagi dari biasanya. Tidur dengan jam cukup pun dapat meningkatkan kesehatan tubuh, karena pada saat tidur tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak. Sehingga dipastikan tubuh Anda pun juga terasa lebih sehat dan bugar di kemudian hari nya

2. Hindari main gadget sebelum tidur

Bagi sebagian orang, memang tidak bisa menahan diri untuk main gadget dan menonton televisi untuk menghabiskan malam. Nah, kebiasaan inilah yang membuat Anda menjadi orang menjadi sering bangun telat atau lebih siang. Disarankan untuk meninggalkan semua alat elektronik 1 jam sebelum waktu tidur Anda. Coba usahakan dan terapkan pemeliharan ini setiap hari. Niscaya tidur malam Anda bisa berkualitas dan bangun pagi pun menjadi lebih mudah.

3. Langsung tidur kalau sudah merasa lelah

Banyak yang masih mengabaikan rasa lelah tubuh ketika malam hari. Padahal rasa lelah adalah sinyal dari otak bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk mengisi ulang energi, yaitu dengan tidur beristirahat. Cobalah untuk langsung mematikan lampu, gadget, dan televisi ketika tubuh sudah merasa mulai lelah. Karena kelelahan fisik yang terus menerus dipaksakan akan menyebabkan kondisi kesehatan yang menurun secara perlahan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 22, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca