Hati-hati, dari Dengkuran di Malam Hari Bisa Sebabkan Penyakit Jantung Pada Wanita

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Apakah Anda salah satu orang yang sering mendengkur ketika tidur? Mendengkur keras di malam hari sebenarnya bisa jadi tanda suatu gangguan pernapasan saat tidur atau yang disebut dengan sleep apnea. Suka disepelekan, padahal sleep apnea ini bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan, bahkan sampai memicu risiko penyakit jantung. Bagaimana bisa ya? 

Bahaya sleep apnea pada jantung wanita

Sleep apnea adalah gangguan pernapasan yang membuat pengidapnya tidak bisa bernapas ketika tidur. Maka itu, salah satu gejala yang paling khas adalah dengkuran yang keras. Dalam satu jam, pengidap sleep apnea bisa saja berhenti bernapas sebanyak 5 sampai 30 kali selama ia tidur. Tentu hal ini cukup serius karena dapat menyebabkan organ-organ kekurangan oksigen selama tidur.

Sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa bahaya sleep apnea ini memengaruhi fungsi organ jantung. Studi ini menemukan bahwa sleep apnea berisiko menyebabkan penyakit jantung, terutama pada kaum hawa.

Para ahli menemukan bahwa wanita yang mengalami sleep apnea ternyata memiliki risiko 30% lebih tinggi mengidap penyakit jantung, daripada mereka yang tidak punya. Dalam penelitian ini juga membuktikan bahwa para wanita lebih rentan alami gangguan jantung ketimbang pria. 

Meski begitu, para ahli belum menemukan alasan yang pasti

Kenapa bisa sleep apnea sebabkan gangguan jantung?

Nah, beberapa ahli percaya bahwa orang-orang yang memiliki gangguan pernapasan ini berisiko mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal tersebut disebabkan ketika Anda berhenti bernapas, tingkat oksigen pun menurun.

Selanjutnya, tubuh merespons dengan melepaskan epinerfin sebagai hormon stres. Jika hal tersebut terjadi berulang kali, kadar adrenalin pun menjadi tinggi dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung yang paling umum. Bila tekanan darah terus tinggi, maka fungsi jantung akan terganggu dan akhirnya timbul berbagai penyakit jantung.

Cara mengatasi bahaya sleep apnea

Bahaya sleep apnea memang tidak boleh disepelekan, terutama untuk wanita karena lebih jantungnya yang lebih rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, berikut tips untuk menghindari bahaya sleep apnea.

1. Hindari konsumsi alkohol

Usahakan untuk membatasi konsumsi alkohol, terutama pada malam hari. Pembatasan ini berlaku untuk pria maupun wanita. Bagi para wanita lebih baik minum hanya satu gelas alkohol per hari, sedangkan pria dua gelas per harinya. Konsumsi alkohol yang terlalu berlebihan dapat mengganggu kualitas tidur kita.

2. Lakukan kebiasaan sehat

Mulailah mengikuti aktivitas yang dianjurkan sebelum mengakhiri hari Anda. Rutinitas tersebut dapat berupa mandi air hangat atau minum teh herbal. Kemungkinan besar kegiatan tersebut dapat menghindarkan kita dari bahaya sleep apnea.

3. Rutin berolahraga

Mulailah untuk rutin berolahraga. Akan tetapi, jangan melakukannya sebelum tidur. Hal tersebut dapat mengakibatkan adrenalin Anda terpompa sehingga akan lebih sulit untuk tidur.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca