5 Hal yang Mengganggu Kerja Alat Pacu Jantung Tanam

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Jika Anda mengalami masalah irama jantung, dokter mungkin akan menyarankan penggunaan alat pacu jantung yang ditanam di dada. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kerja alat pacu jantung tanam dapat terganggu oleh beberapa perangkat. Apa saajakah itu?

Peralatan yang memengaruhi kerja alat pacu jantung tanam

Perangkat-perangkat yang dapat memengaruhi kerja alat pacu jantung tanam implan biasanya terbuat dari bahan tertentu. Bisa juga, peralatan tersebut memancarkan gelombang elektromagnetik sehingga alat pacu jantung tidak bisa berfungsi seperti semestinya.

Untuk itu, Anda harus menghindari penggunaan beberapa peralatan berikut jika menggunakan alat pacu jantung.

1. Pemutar MP3 dan headphone

Pemutar MP3 pada dasarnya tidak memengaruhi kerja alat pacu jantung. Namun, kebanyakan headphone yang berbentuk kabel maupun dengan clip-on yang terbuat dari bahan magnetis yang mengganggu kerja alat tersebut.

Sebenarnya, Anda tetap bisa menggunakan headphone, asal memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Menjaga jarak aman antara headphone dan alat pacu jantung setidaknya sejauh 15,5 cm.
  • Tidak menyimpan headphone dalam kantung dada.
  • Tidak mengalungkan headphone di sekitar leher.
  • Menjaga jarak dari orang yang sedang menggunakan headphone.

2. Telepon genggam atau walkie-talkie

Telepon yang menggunakan transmisi sinyal dari antena hanya berpengaruh kecil terhadap fungsi alat pacu jantung tanam. Meski demikian, telepon genggam dengan jenis dan frekuensi terbaru memiliki pengaruh yang lebih besar.

Agar fungsinya tidak terganggu, jauhkan alat pacu jantung Anda dari semua jenis perangkat telepon, termasuk walkie-talkie. Jarak aman yang disarankan adalah minimal 15,5 cm.

3. Magnet

Gelombang elektromagnetik dari mesin dan perangkat yang mengandung magnet dapat mengganggu fungsi detak pada alat pacu jantung tanam. Selain itu, magnet juga dapat menghambat pengiriman tanda-tanda vital tubuh.

Itu sebabnya, Anda perlu menjaga jarak dari semua jenis perangkat yang mengandung magnet. Hindari pula terapi gelombang magnet, matras dan bantal magnetis, serta gelang dan kalung yang terbuat dari bahan tersebut.

Sumber: Healthline

4. Peralatan industri

Peralatan berat yang digunakan dalam industri dapat memengaruhi fungsi alat pacu jantung tanam. Ini disebabkan karena peralatan industri terbuat dari komponen yang memancarkan gelombang elektromagnetik kuat.

Selalu konsultasikan pada dokter apabila Anda tinggal atau bekerja di sekitar area industri. Terutama bila pekerjaan Anda melibatkan alat-alat berikut:

  • Pemanas elektrik untuk membengkokkan plastik
  • Tungku baja elektrik
  • Peralatan las elektrik
  • Pembangkit listrik
  • Magnet berukuran besar, misalnya yang terdapat pada pengeras suara
  • Menara sinyal radio dan televisi

5. Sistem pengapian mobil

Ignition system atau sistem pengapian merupakan bagian mobil yang berfungsi sebagai penghasil energi. Pada sistem pengapian bertenaga gas, terdapat sejenis komponen yang dapat mengganggu kerja alat pacu jantung tanam.

Walau demikian, Anda tidak perlu cemas. Pada mobil yang dinyalakan menggunakan kunci, komponen sistem pengapiannya berada jauh dari bangku penumpang sehingga alat pacu jantung Anda tetap berada dalam jarak aman.

Pengguna alat pacu jantung tanam perlu lebih berhati-hati saat menjalani kegiatan sehari-hari. Pasalnya, gelombang elektromagnetik dapat ditemukan pada hampir semua perangkat yang Anda gunakan.

Anda dapat mencegah dampak yang tidak diinginkan dengan menjaga jarak aman dari setiap perangkat tersebut. Bila perlu, pastikan keluarga dan rekan kerja memahami kondisi Anda agar mereka bisa turut membantu.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca