Menstruasi memiliki banyak nama lain, mulai dari haid, “lagi dapet”, “tamu bulanan”, hingga datang bulan, atau sejumlah eufisme aneh lainnya yang hanya berfungsi untuk membingungkan dan menyembunyikan proses alami yang dilalui oleh setiap perempuan setiap bulannya. Memahami menstruasi dan kesehatan perempuan penting untuk kesejahteraan menyeluruh, namun banyak fakta-fakta dasar yang masih belum diketahui. Di bawah ini, kita akan menguak beberapa fakta paling mengejutkan dan menarik seputar menstruasi.

1. Rata-rata darah yang hilang kurang dari satu gelas

Umumnya, perempuan hanya kehilangan antara beberapa sendok makan hingga 1 gelas darah setiap kali siklus — setiap perempuan bisa berbeda.

Jumlah rata-rata darah yang hilang setiap siklus mencapai 30-40 ml, 9 dari 10 perempuan bisa kehilangan kurang dari 80 ml darah setiap kalinya. Menstruasi berat bisa kehilangan 60-80 ml darah atau lebih setiap kali siklusnya.

2. Anda terlahir dengan persediaan sel telur yang cukup untuk seumur hidup

Wanita dilahirkan dengan kurang lebih satu hingga dua juta sel telur yang belum matang (atau folikel) di indung telur mereka. Sebagian besar folikel ini akan mati seiring perempuan bertumbuh, dan hanya sekitar 400 yang akan mencapai tahap matang.

3. Darah menstruasi bukan darah kotor

Darah menstruasi bukanlah darah kotor, seperti yang selama ini banyak dipercaya. Darah haid sebenarnya tidak berbeda dengan dari luka berdarah di lutut atau darah mimisan. Hanya saja, darah haid mengandung sisa jaringan dari dinding rahim yang luruh setelah proses ovulasi.

4. Anda tidak akan diserang hiu jika berenang di laut saat menstruasi

Ini hanyalah mitos belaka. Tidak pernah ada laporan tercatat yang terkait dengan serangan hiu disebabkan oleh wanita menstruasi. Dilansir dari Outside Online, jumlah darah yang dihasilkan saat menstruasi sangat kecil (lihat poin 1) dan akan tertutupi oleh ribuan komponen lain di dalam air.

Hiu tertarik dengan asam amino dalam darah Anda. Asam amino, unsur pembangun protein, juga hadir dalam keringat dan urin. Bahkan jika Anda memproduksi tiga kali lipat asam amino dengan berkeringat, buang air kecil, dan dari haid saat berenang di lautan, jumlah asam amino yang Anda lepaskan relatif tidak memiliki pengaruh apapun begitu asam ini larut dalam air, tegas Chris Lowe, kepala California State University, Long Beach’s Shark Lab.

Hiu akan mengandalkan indera lain, termasuk penglihatan, suara, dan electroreception, untuk melacak Anda. Satu lagi yang harus dipahami, peluang hiu menyerang manusia lebih didasari oleh perasaan takut dan terancam, bukan karena mereka mencium bau darah Anda atau menganggap Anda adalah mangsa yang mudah.

5. Gairah seks Anda akan lebih tinggi saat sedang haid

Kadar libido Anda bisa melesat sangat tinggi selama Anda haid akibat hormon estrogen dan progesteron yang menurun. Tertarik berhubungan seks saat menstruasi?

6. Anda masih bisa hamil saat menstruasi

Walaupun kemungkinannya sangat kecil, jangan jadikan ini alasan untuk tidak menggunakan perlindungan saat berhubungan seks.

7. IUD hormon bisa membuat menstruasi absen selama setahun penuh

Kontrasepsi IUD hormon bisa membuat Anda tidak mengalami haid sama sekali selama setahun pertama pemakaian. Tetapi, siklus menstruasi normal dan kesuburan akan kembali normal di akhir tahun setelah satu tahun melepas IUD.

Kebalikan dari mitos yang beredar, IUD tidak menyebabkan kemandulan. Beberapa merek IUD menyebabkan menstruasi yang lebih ringan (untuk beberapa wanita, bahkan tidak mengalami haid sama sekali) karena hormon dalam perangkat tersebut, dan hormon bisa bertahan hingga 3-10 tahun, tergantung dari perangkat apa yang Anda pilih. Walaupun begitu, setelah IUD dilepas, tubuh anda akan mulai mengatur diri kembali dan kesuburan normal akan kembali dalam tahun pertama.

8. Vicarious menstruation, menstruasi dari seluruh lubang di tubuh

Wanita yang mengidap vicarious menstruation mengalami perdarahan bulanan tidak hanya dari rahim, tetapi juga keluar dari bagian tubuh lainnya. Banyak perempuan melaporkan mengeluarkan darah dari hidung, lengan, paru, payudara, saluran pencernaan, mulut, kandung kemih, mata dan mulut setiap bulannya mengikuti siklus haid mereka, dan akan mereda setelah beberapa hari.

9. Bangsa yunani kuno memiliki ritual pertumpahan darah terinspirasi oleh menstruasi

Mereka mempercayai haid adalah cara tubuh menghilangkan darah berpenyakit. Ritual pertumpahan darah — proses yang sangat mirip dengan menstruasi pada perempuan — diresepkan oleh para tabib Yunani kuno untuk menyembuhkan segala penyakit, namun menyebabkan kerusakan hebat. George Washington dicurigai meninggal akibat kehilangan banyak darah, setara dengan tujuh kaleng soda, yang dikuras dari tubuhnya dari ritual ini.

10. Di abad lalu, anak perempuan dilarang masuk perguruan tinggi karena menstruasi

Orang-orang menganggap darah menstruasi akan mengalir ke otak yang bisa merusak sistem reproduksi perempuan tersebut secara permanen, sehingga pada akhirnya menyebabkan ia untuk mengandung anak cacat dan sakit-sakitan.

11. Darah menstruasi dianggap sebagai penyembuh

Sepanjang sejarah dunia, darah menstruasi dianggap sebagai obat penawar manjur untuk berbagai penyakit seperti epilepsi, wasir, gondok, kutil, atau sakit kepala biasa.

Laporan juga mengklaim bahwa di abad pertengahan, darah haid digunakan dalam ritual pengusiran setan. Orang-orang percaya bahwa sapu tangan pertama yang digunakan oleh seorang gadis perawan pada saat menstruasi pertama bisa menyembuhkan wabah penyakit.

12. Ada filmnya

Tahun 1946, Disney merilis The Story of Menstruation sebagai bahan topik kelas pendidikan seks. Banyak yang mengklaim bahwa film ini adalah film pertama yang menggunakan kata “vagina”.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca