Anda dalam program diet dan menurunkan berat badan? Mungkin Anda telah mencoba berbagai cara, dari menahan nafsu makan dan mengurangi porsi makanan Anda, tetapi pada akhirnya Anda gagal dan menyerah dengan godaan semua makanan enak yang ada di hadapan Anda. Jika ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk membuat diari makanan. Mengapa buku harian makanan ini bisa membuat berat badan turun? Bagaimana cara membuatnya?

Apa itu diari makanan?

Memiliki diari makanan bisa jadi salah satu usaha yang dianggap mampu membuat porsi makan Anda berkurang secara perlahan, sehingga berat badan juga akan turun. Sebenarnya telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mempunyai diari atau catatan tentang makanan mampu membuat berat badan turun. Salah satunya penelitian yang dimuat dalam American Journal of Preventive Medicine yang melibatkan 1.685 orang dewasa yang obesitas dan kelebihan berat badan.

Selama 6 bulan, semua partisipan diminta untuk mencatat semua makanan yang dimakannya. Catatan tersebut terdiri dari jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi, sebanyak apa porsinya, serta berapa kali makanan tersebut dimakan. Semua partisipan juga diajak untuk melakukan pertemuan setiap minggu dan diminta agar saling berbagi cerita tentang makanan yang telah dimakan selama seminggu. 

Kemudian, setelah 6 bulan berlalu rata-rata para partisipan diketahui mengalami penurunan berat badan sekitar 5-6 kg. Bahkan dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang mencatat makanannya terus menerus selama kurang lebih satu bulan, mengalami penurunan berat badan yang lebih besar ketimbang dengan orang yang hanya memiliki catatan makanan dalam jangka waktu seminggu saja.

Bagaimana diari makanan bisa menurunkan berat badan saya?

Para peneliti percaya orang yang mempunyai catatan makanan dan minuman yang telah dikonsumsinya tersebut akan lebih bisa mengendalikan apa yang mereka makan. Diari makanan yang dimiliki masing-masing partisipan meningkatkan kesadaran mereka terhadap apa yang mereka makan.

Misalnya, di malam hari, Anda mencatat menu sarapan hingga makan malam Anda, dari porsi hingga jenisnya. Kemudian, Anda melakukannya dalam beberapa hari ke depan. Lalu ketika Anda membacanya kembali, Anda akan teringat bahwa ‘oh saya sudah makan terlalu banyak hari ini’ atau ‘hari ini saya makan makanan yang tidak sehat’, sehingga Anda akan secara perlahan mengurangi asupan kalori Anda. Oleh karena itu, membuat buku harian makanan bisa jadi cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana cara membuat diari makanan?

Anda hanya membutuhkan buku serta alat tulis atau gadget untuk membuat catatan makanan sendiri. Berikut adalah cara membuat catatan makanan sehari-hari:

  • Persiapkan alat pencatat, entah itu buku beserta alat tulis, atau gadget Anda, tidak masalah apapun itu medianya yang terpenting bisa digunakan untuk mencatat.
  • Mulailah mencatat makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Anda bisa mencatat semua makanan yang Anda makan sekaligus di malam hari sebelum tidur. Atau jika takut lupa, setiap makanan atau minuman apapun yang Anda makan saat itu, sebaiknya langsung Anda catat. Jangan lupa berikan jam serta tanggal per hari.
  • Jangan lupakan untuk mencatat porsi makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Anda bisa mencatatnya dalam ukuran porsi rumah tangga, contohnya satu gelas belimbing, satu centong nasi, atau satu sendok makan.
  • Apapun yang masuk ke dalam perut Anda harus dicatat, entah itu hanya secangkir kecil teh atau beberapa sendok makan nasi. Sebab, semua itu mempunyai kandungan kalori, kecuali air putih yang tidak mengandung kalori sama sekali.
  • Biasakan membaca kembali catatan makanan harian Anda setiap malam, agar Anda menyadari seberapa banyak makanan yang telah masuk ke dalam perut.
  • Jangan lupa juga untuk menimbang berat badan Anda setiap hari, sehingga Anda mengetahui apakah terjadi perubahan berat badan dengan pola makan Anda saat itu. Jika angka timbangan berat badan tidak berubah atau berkurang, maka lihat lagi catatan dalam diari makanan Anda, seberapa banyak Anda makan hari itu dan hari-hari sebelumnya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca