5 Cara Menurunkan Berat Badan yang Naik Akibat Efek Samping Obat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Tidak sedikit orang yang melaporkan berat badan mereka naik karena minum obat resep dari dokter. Apa penyebabnya, dan apakah berat tambahan ini bisa dipangkas?

Penyebab berat badan naik karena minum obat

obat penghilang rasa sakit

Beberapa obat memengaruhi bagaimana tubuh Anda menyerap dan menyimpan glukosa. Beberapa obat juga ada yang menyebabkan tubuh membakar kalori lebih lambat. Selain itu, berat badan naik juga disebabkan karena obat tersebut punya fungsi merangsang nafsu makan. Alhasil, efeknya bisa terlihat dari adanya timbunan lemak di perut.

Obat-obatan yang sering bikin berat badan bertambah termasuk obat resep untuk penyakit Crohn, rheumatoid arthritis (radang sendi), antidepresan, pil KB, obat kortikosteroid, dan bupropion.

Cara menurunkan berat badan naik karena obat

1. Konsultasi dulu ke dokter

Ketika Anda masih berada di bawah pengawasan dokter, baiknya tanyakan pada dokter apakah ada obat yang tidak berdampak pada naiknya berat badan. Anda juga bisa antisipasi dengan menanyakan pada dokter obat mana saja yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Konsultasikan tentang apa yang Anda khawatirkan dengan dokter. Bila perlu, minta ubah rencana pengobatan yang lebih sedikit risikonya.

2. Makan makanan berserat

Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa memperbanyak makan makanan berserat untuk mengatasi berat badan naik karena efek obat.

Makanan berserat bisa menurunkan berat badan naik karena obat dengan cara menahan rasa lapar lebih lama. Selain itu, makanan berserat tidak membuat Anda mengalami respon hormon inslulin yang meningkat. Alhasil, tubuh jadi lebih sedikit menyimpan lemak.

Dianjurkan untuk makan makanan berserat seperti kacang-kacangan, makanan dari gandum, dan juga biji-bijian.

3. Makan sedikit tapi banyak

Karena nafsu makan Anda dapat meningkat saat menggunakan obat-obatan tertentu, Anda harus mengakali rasa lapar ini. Bagaimana caranya? Makan porsi sedikit namun lebih dari 3 kali.

Makan besar 3 kali sehari bisa bikin Anda jadi lapar terus menerus. Namun, makan porsi sedikit namun banyak bisa mencegah Anda ingin mengasup banyak kalori. Dianjurkan untuk makan lebih banyak buah dan sayur agar kenyang tahan lama dan berat badan naik pun bisa dihindari

4. Jangan terlalu banyak ngemil

Kadang beberapa obat dari dokter bikin Anda ingin makan terus menerus. Anda pun berpikiran bahwa ini normal, sebagai cara mempercepat masa penyembuhan Anda.

Namun, baiknya makanlah ketika Anda hanya benar-benar lapar. Jangan sedikit-sedikit lapar langsung makan besar. Anda juga bisa mengatasi lapar dengan minum air putih yang banyak. Selain itu, menyikat gigi saat lapar bisa mengurangi rangsangan pada tubuh untuk makan lebih banyak.

5. Perbanyak gerak dan aktivitas

Cara lainnya untuk mengatasi berat badan naik karena obat adalah dengan aktif bergerak setiap hari. Hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda, tapi baiknya konsultasi dulu ke dokter untuk aktivitas apa saja yang boleh dilakukan.

Kemungkinan Anda tidak akan seaktif waktu kondisi tubuh Anda masih sehat. Namun, berjalan santai 15 menit sehari di pagi hari, yoga setelah bangun tidur, atau sekadar bersih-bersih santai di rumah bisa membuat tubuh tetap aktif bergerak.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca