Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 07/10/2017
Bagikan sekarang

Seberapa kesalnya Anda jika menemukan orang di sebelah Anda memiliki bau badan yang sangat mengganggu? Seberapa malunya Anda jika orang-orang tidak mau mendekat karena bau badan Anda tidak sedap? Bau badan yang mengganggu terjadi ketika bakteri yang ada di kulit mengubah keringat menjadi asam. Akibatnya, muncullah aroma tidak sedap. Hal ini dikenal juga dengan istilah bromhidrosis, osmidrosis, dan ozochrotia.

Keringat sendiri sebenarnya tidak berbau, tetapi perkembangbiakan bakteri pada keringatlah yang dapat menyebabkan timbulnya bau tidak sedap tersebut. Bau badan tidak sedap ini paling banyak muncul saat usia pubertas. Ini akan terus meningkat ketika Anda memakai pakaian yang ketat dalam waktu yang lama.

Anda sebenarnya bisa mengurangi bau badan tidak sedap dengan menggunakan pakaian yang longgar dari bahan yang mampu menyerap keringat seperti katun. Anda juga bisa menggunakan deodoran atau antiperspiran yang bisa membantu membatasi produksi keringat dan pertumbuhan bakteri. Akan tetapi, kadang cara-cara tersebut masih kurang ampuh untuk mengurangi bau badan tidak sedap. Nah, jangan cemas dulu. Memakai bahan-bahan alami yang ada di rumah dapat membantu Anda mengurangi bau badan.

Apa saja bahan-bahan alami untuk mengurangi bau badan?

1. Cuka

Cuka bisa digunakan untuk mengendalikan bau badan tak sedap. Ini lantaran cuka mampu mengubah kadar pH kulit menjadi lebih asam. Kadar pH kulit yang agak asam bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang dapat menimbulkan bau tidak sedap tersebut.

Cuka dapat digunakan melalui beberapa macam cara untuk mengurangi bau badan. Anda dapat menggunakan cuka apel yang dicampur dengan air, kemudian dioleskan pada area ketiak Anda. Cara ini dapat membantu mengurangi bau tidak sedap pada ketiak Anda selama seharian.

Beberapa orang juga ada yang mencoba merendam kaki pada air hangat yang telah dicampur beberapa tetes cuka. Hal ini bisa membantu membunuh bakteri atau jamur di kaki, yang biasanya jadi penyebab kaki bau tidak sedap.

2. Daun sage

Ada tiga manfaat yang Anda dapatkan dengan menggunakan daun sage. Pertama, daun sage dapat mengurangi aktifitas kelenjar keringat sehingga dapat mengurangi produksi keringat berlebih.

Manfaat kedua, daun sage merupakan tanaman anti bakteri yang akan mencegah bakteri berkembang biak pada kulit sehingga menyebabkan bau badan.

Sedangkan manfaat yang ketiga, daun sage memiliki aroma alami yang berfungsi sebagai deodoran. Daun sage menawarkan kandungan aromatik yang dapat tetap menjaga Anda tetap harum sepanjang hari.

Nah, Anda dapat menggunakan daun sage ini dalam rupa minyak dan mengoleskannya langsung di bawah ketiak Anda atau di bagian tubuh lainnya yang berbau tidak sedap. Cara lainnya adalah menyeduh daun sage segar bersama teh untuk diminum atau menuangkan minyak sage ke dalam air mandi Anda.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020