Seberapa kesalnya Anda jika menemukan orang di sebelah Anda memiliki bau badan yang sangat mengganggu? Seberapa malunya Anda jika orang-orang tidak mau mendekat karena bau badan Anda tidak sedap? Bau badan yang mengganggu terjadi ketika bakteri yang ada di kulit mengubah keringat menjadi asam. Akibatnya, muncullah aroma tidak sedap. Hal ini dikenal juga dengan istilah bromhidrosis, osmidrosis, dan ozochrotia.

Keringat sendiri sebenarnya tidak berbau, tetapi perkembangbiakan bakteri pada keringatlah yang dapat menyebabkan timbulnya bau tidak sedap tersebut. Bau badan tidak sedap ini paling banyak muncul saat usia pubertas. Ini akan terus meningkat ketika Anda memakai pakaian yang ketat dalam waktu yang lama.

Anda sebenarnya bisa mengurangi bau badan tidak sedap dengan menggunakan pakaian yang longgar dari bahan yang mampu menyerap keringat seperti katun. Anda juga bisa menggunakan deodoran atau antiperspiran yang bisa membantu membatasi produksi keringat dan pertumbuhan bakteri. Akan tetapi, kadang cara-cara tersebut masih kurang ampuh untuk mengurangi bau badan tidak sedap. Nah, jangan cemas dulu. Memakai bahan-bahan alami yang ada di rumah dapat membantu Anda mengurangi bau badan.

Apa saja bahan-bahan alami untuk mengurangi bau badan?

1. Cuka

Cuka bisa digunakan untuk mengendalikan bau badan tak sedap. Ini lantaran cuka mampu mengubah kadar pH kulit menjadi lebih asam. Kadar pH kulit yang agak asam bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang dapat menimbulkan bau tidak sedap tersebut.

Cuka dapat digunakan melalui beberapa macam cara untuk mengurangi bau badan. Anda dapat menggunakan cuka apel yang dicampur dengan air, kemudian dioleskan pada area ketiak Anda. Cara ini dapat membantu mengurangi bau tidak sedap pada ketiak Anda selama seharian.

Beberapa orang juga ada yang mencoba merendam kaki pada air hangat yang telah dicampur beberapa tetes cuka. Hal ini bisa membantu membunuh bakteri atau jamur di kaki, yang biasanya jadi penyebab kaki bau tidak sedap.

2. Daun sage

Ada tiga manfaat yang Anda dapatkan dengan menggunakan daun sage. Pertama, daun sage dapat mengurangi aktifitas kelenjar keringat sehingga dapat mengurangi produksi keringat berlebih.

Manfaat kedua, daun sage merupakan tanaman anti bakteri yang akan mencegah bakteri berkembang biak pada kulit sehingga menyebabkan bau badan.

Sedangkan manfaat yang ketiga, daun sage memiliki aroma alami yang berfungsi sebagai deodoran. Daun sage menawarkan kandungan aromatik yang dapat tetap menjaga Anda tetap harum sepanjang hari.

Nah, Anda dapat menggunakan daun sage ini dalam rupa minyak dan mengoleskannya langsung di bawah ketiak Anda atau di bagian tubuh lainnya yang berbau tidak sedap. Cara lainnya adalah menyeduh daun sage segar bersama teh untuk diminum atau menuangkan minyak sage ke dalam air mandi Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca