Cermati 6 Kesalahan Umum Saat Membeli Asuransi Kesehatan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Membeli asuransi kesehatan tidak bisa sembarangan. Anda perlu cermat dalam membandingkan antara satu produk asuransi kesehatan dengan yang lainnya. Selain itu, dibutuhkan ketelitian saat membaca isi persyaratan yang biasanya tertera di dalam polis. Jika sudah salah memilih asuransi, tentu akan merugikan diri sendiri. Lalu, kesalahan apa saja yang biasanya terjadi saat beli asuransi?

Berbagai kesalahan umum saat membeli asuransi kesehatan

Berikut ini ada berbagai kesalahan umum saat membeli asuransi kesehatan:

1. Tidak membaca polis dengan teliti

klaim asuransi kesehatan

Melihat daftar syarat dan ketentuan pada polis yang sangat banyak sering kali membuat seseorang malas untuk membacanya. Padahal polis berisi hak dan kewajiban Anda sebagai nasabah.

Belum lagi terdapat informasi penting seperti batas sewa kamar, durasi waktu tunggu jika Anda sudah memiliki penyakit bawaan, biaya pra dan pascainap, serta berbagai ketentuan lainnya. Jika Anda menyetujuinya begitu saja tanpa membaca dengan teliti maka Anda bisa mengalami kerugian di kemudian hari.

Misalnya, ternyata harga sewa kamar yang dibayarkan di perjanjian jauh lebih rendah dibandingkan dengan yang Anda pilih. Jika sudah begitu, Anda harus membayar selisihnya dari kantong sendiri.

Oleh karena itu, meskipun terasa malas Anda tetap perlu membacanya sampai selesai dengan teliti dan menanyakan pada agen asuransi jika ada poin-poin yang kurang dimengerti.

2. Mencari premi yang murah tanpa memikirkan jumlah biaya tanggungannya

Sumber: Realtor News

Premi sering kali menjadi hal utama untuk dipertimbangkan saat membeli asuransi kesehatan. Umumnya, banyak orang tergiur dengan premi yang rendah tanpa memikirkan besaran biaya yang ditanggung.

Akibatnya, asuransi yang Anda miliki tidak cukup untuk menanggung semua biaya perawatan yang dibutuhkan. Alih-alih terbebas dari biaya yang memberatkan dengan adanya asuransi, Anda tetap harus membayar sejumlah besar uang karena premi yang terlalu kecil dan tidak bisa menutupi biaya perawatan.

Untuk itu berhati-hatilah sebelum membeli asuransi kesehatan. Coba ukur berapa nilai kebutuhan perawatan kesehatan Anda dan bandingkan dengan yang ditawarkan perusahaan asuransi. Setelah itu, barulah buat kesepakatan dengan berbagai pertimbangan matang yang telah disesuaikan dengan kondisi.

3. Menyembunyikan riwayat kesehatan

klaim asuransi

Saat membeli asuransi kesehatan tidak sedikit orang yang menyembunyikan riwayat kesehatannya. Biasanya hal ini dilakukan dengan sengaja untuk menghindari membayar premi yang terlalu tinggi.

Alasan lainnya juga biasanya karena merasa khawatir pengajuan asuransinya akan ditolak. Hal ini terjadi terutama jika Anda atau keluarga ada yang memiliki penyakit serius.

Padahal, langkah ini menjadi kesalahan besar karena tidak mengungkapkan kondisi medis secara jelas dan rinci justru bisa meningkatkan risiko penolakan klaim di kemudian hari. Selain itu, menyembunyikan fakta mengenai riwayat kesehatan Anda juga sama saja dengan menipu perusahaan asuransi.

4. Tidak mencari produk pembanding

jenis asuransi, Hospital Cash Plan

Terkadang karena tergiur dengan penawaran di awal yang terkesan menarik, orang terburu-buru memutuskan untuk memilih asuransi kesehatan tertentu. Padahal hal ini keliru karena Anda seharusnya mencari pembanding dari produk asuransi lain yang sejenis.

Hal ini karena mungkin ada banyak produk asuransi kesehatan lain di luar sana yang lebih sesuai dengan kondisi keuangan Anda tetapi tetap dapat memberikan manfaat maksimal sesuai kondisi.

Coba bandingkan beberapa produk asuransi lainnya dengan melihat biaya tanggungan, biaya premi, plafon yang ditawarkan, rawat inap, sistem pembayaran, dan yang lainnya.

5. Tidak mengetahui tata cara klaim

telat bayar premi

Ada berbagai kesalahan di awal pembuatan asuransi yang bisa merugikan Anda, salah satunya ialah tidak mengetahui cara klaim.

Penting untuk mencari tahu tata cara klaim dari tiap asuransi, bukan satu asuransi saja. Kemudian, carilah perusahaan dengan tata cara klaim yang paling mudah agar tidak merepotkan Anda nantinya.

6. Tidak meminta ilustrasi dan contoh produk

jenis asuransi

Asuransi adalah produk keuangan yang cukup rumit. Banyak orang yang sebenarnya tidak begitu mengerti saat agen menjelaskan informasi yang ditawarkan tetapi tetap memutuskan untuk membelinya.

Jika sudah begini, sangat rawan terjadi kesalahpahaman informasi mengenai produk asuransi kesehatan yang Anda beli. Oleh sebab itu, ilustrasi menjadi salah satu cara terbaik untuk memahami produk asuransi yang ingin dibeli.

Karenanya, Anda wajib meminta penjelasan dengan menggunakan ilustrasi dari agen yang bersangkutan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca