Bisakah Biaya Pengobatan Alternatif Ditanggung Asuransi Kesehatan ?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/03/2020
Bagikan sekarang

Salah satu keuntungan memiliki asuransi kesehatan adalah kemudahan mendapatkan layanan kesehatan dan keringanan biaya pengobatan. Akan tetapi, pengobatan tidak hanya didapatkan dari dokter saja. Sekarang ini, banyak orang yang juga tertarik mengikuti pengobatan alternatif (nonmedis).

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah biaya pengobatan nonmedis tersebut juga bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan? Cari tahu jawabannya pada ulasannya berikut ini.

Pengobatan alternatif yang populer di Indonesia

Saat ini, praktik pengobatan nonmedis semakin marak dan menarik perhatian banyak orang. Pengobatan ini dianggap lebih terjangkau, aksesnya lebih mudah, dan dinilai minim risiko efek samping karena menggunakan obat-obatan dari bahan alami.

Biasanya seseorang akan memilih pengobatan ini untuk mengurangi gejala, memulihkan kondisi dari suatu penyakit, atau untuk menjaga kesehatan secara umum. Bukan digunakan sebagai pengobatan utama untuk menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kronis.

Ada banyak praktik pengobatan nonmedis yang ada di Indonesia, seperti  bekam, akupuntur, shin she (pengobatan dengan obat-obatan cina) atau chiropactice. 

Pengobatan ini sering dijadikan sampingan untuk memulihkan beberapa kesehatan dari penyakit tertentu. Misalnya, pengobatan akupunktur untuk membantu redakan gejala diabetes.

Bisakah biaya pengobatan alternatif ditanggung oleh asuransi kesehatan?

obat-obatan tradisional
Sumber: IFP News

Asuransi kesehatan memang dapat menanggung atau meringankan biaya pengobatan, tapi tetap ada batasannya. Salah satunya untuk biaya pengobatan alternatif.

Jika Anda memiliki asuransi kesehatan JKN KIS dari BPJS, biaya pengobatan nonmedis tidak akan ditanggung sama sekali. Artinya, Anda harus mengeluarkan uang sendiri atau tidak memperoleh potongan biaya apa pun dari pengobatan tersebut. Kebijakan ini tercantum dalam Buku Pegangan Sosialisasi JKN dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Namun, itu tidak berlaku pada semua asuransi kesehatan. Bila Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, ada beberapa lembaga asuransi yang membolehkan nasabahnya untuk melakukan pengobatan nonmedis.

Pihak asuransi akan membantu nasabah dalam meringankan biaya pengobatan tersebut, meliputi akupuntur, chiropractic, homeopati osteopati, dan pengobatan tradisional cina. Dengan syarat, pengobatan tersebut harus dilakukan oleh tenaga profesional.

Kenapa biaya pengobatan alternatif tidak dijamin oleh beberapa asuransi?

Walaupun semua asuransi kesehatan memiliki tujuan yang sama, yaitu meringankan akses kesehatan nasabah atau anggotanya. Akan tetapi, setiap asuransi kesehatan memiliki kebijakan yang berbeda, salah satunya biaya pengobatan nonmedis.

Asuransi dari BPJS tidak menjamin biaya pengobatan jika tidak dilakukan oleh tenaga medis terpercaya yang ada di rumah sakit, puskesmas, atau klinik. Sebab pengobatan yang dilakukan melalui atau dengan shin sei, chiropractic, akupuntur, dan lain sebagainya belum diakui efektif berdasarkan penilaian teknologi kesehatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

BPJS hanya menjamin pelayanan kesehatan mencakup administrasi, obat, transfusi darah, dan perawatan lanjutan sepert rawat jalan atau opname yang semuanya dilakukan atau diresepkan dari rumah sakit, klinik, maupun puskesmas.

Sementara pihak asuransi swasta memiliki alasan tersendiri, kenapa pihak mereka mau menjamin biaya pengobatan nonmedis. Pihak asuransi ingin memberikan kebebasan pada nasabahnya untuk tidak terpaku pada pengobatan medis saja.

Nah, terlepas dari masalah jaminan biaya pengobatan, memilih pengobatan medis maupun alternatif ada pada keputusan Anda. Yang terpenting Anda harus mempertimbangkan manfaat serta risikonya dan mana yang lebih baik bagi kesehatan Anda.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Asuransi Mandiri Kesehatan Prima. https://www.axa-mandiri.co.id/produk/asuransi-mandiri-kesehatan-prima/. Diakses pada 9 Agustus 2018.

Medical Definition of Alternative medicine. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=2211. Diakses pada 9 Agustus 2018.

Buku Pegangan SosialisasiJaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. http://www.depkes.go.id/resources/download/jkn/buku-pegangan-sosialisasi-jkn.pdf. Diakses pada 9 Agustus 2018.

Asuransi ini tanggung biaya pengobatan alternatif. https://www.merdeka.com/uang/asuransi-ini-tanggung-biaya-pengobatan-alternatif.html. Diakses pada 9 Agustus 2018.

Akupuntur bisa ditanggung BPJS Kesehatan. http://nasional.kontan.co.id/news/akupuntur-bisa-ditanggung-bpjs-kesehatan. Diakses pada 9 Agustus 2018.

Yang juga perlu Anda baca

Apa Pentingnya Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?

Mungkin sebagian orang belum tahu menenai asuransi penyakit kritis. Terdapat perbedaan dan keuntungan yang berbeda pula dari asuransi kesehatan umumnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Asuransi, Hidup Sehat 17/02/2020

Mulai Resolusi Keuangan dengan Melakukan 5 Hal Berikut Ini

Anda dapat membuat resolusi di tahun baru ini dengan mulai mengontrol situasi keuangan. Dengan begitu, kualitas hidup termasuk kesehatan jadi lebih baik .

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Asuransi, Hidup Sehat 31/01/2020

5 Pilihan Obat Asma Alami yang Aman untuk Anak-anak

Asma anak dapat diredakan dengan menggunakan obat-obatan herbal yang ada di dapur. Ssst.. obat asma anak tradisional ini sudah dikenal sejak zaman dulu lho!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Asma, Health Centers 19/12/2019

4 Jenis Tanaman Herbal yang Dapat Mengurangi Sakit Leher Anda

Nyeri pada leher yang menyiksa tentu akan menghambat aktivitas Anda. Maka itu, cobalah beberapa obat herbal ini untuk mengurangi sakit leher yang Anda alami

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Direkomendasikan untuk Anda

LIPI Uji Obat Herbal COVID-19 dari Daun Ketepeng dan Benalu

LIPI Uji Obat Herbal COVID-19 dari Daun Ketepeng dan Benalu

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
Menilik Kandungan Herbavid-19, Ramuan Herbal untuk Pengobatan COVID-19

Menilik Kandungan Herbavid-19, Ramuan Herbal untuk Pengobatan COVID-19

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
Cantiknya Bunga Telang dengan 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Cantiknya Bunga Telang dengan 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020
6 Pilihan Obat Herbal untuk Kanker Serviks Melihat dari Sisi Medisnya

6 Pilihan Obat Herbal untuk Kanker Serviks Melihat dari Sisi Medisnya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28/02/2020