Inilah 5 Alasan Kenapa Anda Perlu Memiliki Asuransi Kesehatan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/12/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Asuransi cukup penting bagi setiap orang, terutama asuransi untuk kesehatan, semua penyakit bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Sebenarnya, apa alasannya seseorang perlu asuransi kesehatan?

Berbagai alasan kenapa memiliki asuransi kesehatan itu perlu

Siapa yang ingin sakit atau terluka? Tidak ada, semua orang tentu ingin hidup sehat sepanjang waktu, termasuk Anda. Bukan hanya membuat aktivitas terhambat, sakit juga membutuhkan biaya pengobatan dan perawatan yang kadang tidak murah. Itulah sebabnya kesehatan itu mahal. Berikut beberapa alasan yang bisa jadi pertimbangan bagi Anda untuk segera memiliki asuransi untuk kesehatan.

1. Meringankan biaya pengobatan saat Anda butuh

polisitemia vera adalah

Tidak seorang pun yang tahu kapan akan jatuh sakit. Saat tubuh mulai menunjukkan gejala, barulah Anda menyadari bahwa tubuh Anda tidak dalam keadaan fit. Penyakit yang Anda alami pun beragam, bisa ringan maupun parah. Untuk penyakit ringan, mungkin akan sembuh dengan obat-obatan tanpa resep yang bisa dibeli di apotek.

Sebaliknya, jika penyakit parah yang Anda derita pasti perlu pemeriksaan dokter, tes kesehatan, obat, bahkan sampai rawat inap. Semua itu butuh biaya yang tidak sedikit.

Jika keuangan Anda sedang menipis, tentu Anda akan kesulitan untuk membayarnya, bukan? Inilah yang  menjadi salah satu alasan kenapa asuransi untuk kesehatan perlu Anda miliki. Asuransi ini dapat membantu meringankan biaya pengobatan dan perawatan yang harus Anda keluarkan.

2. Mengurangi risiko masalah keuangan

kena diabetes

Pengeluaran yang tak terduga bisa menimbulkan masalah pada keuangan Anda, salah satunya dari biaya rumah sakit. Apalagi jika Anda memiliki penyakit kronis, seperti penyakit jantung, ginjal, atau diabetes yang butuh pengobatan rutin dan berkelanjutan.

Jika hal ini terus terjadi, kemungkinan keuangan Anda akan terpuruk jadi lebih besar. Dengan iuran yang Anda bayarkan pada pihak asuransi, kemungkinan besar biaya untuk pengobatan akan menjadi lebih ringan. Jadi, risiko kebangkrutan karena biaya pengobatan dapat berkurang.

3. Membantu Anda untuk mengobati penyakit

tes kesehatan sebelum hamil

Masalah finansial bisa jadi penghambat Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Terutama pada prosedur pengobatan yang memakan biaya sangat besar. Akibatnya, kondisi Anda bisa bertambah buruk dan komplikasi pun bisa terjadi.

Biaya pengobatan yang diringankan oleh asuransi membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan pengobatan yang lebih cepat, lebih baik, dan sesuai.

4. Memudahkan Anda ketika diminta untuk rawat jalan

menurunkan tekanan darah

Tidak semua penyakit memerlukan rawat inap, tapi tetap tetap harus mengikuti rawat jalan. Nah, Selain rawat inap, keuntungan lainnya jika Anda memiliki asuransi kesehatan adalah Anda bisa melakukan pengobatan di rumah dengan rawat jalan.

Ini bisa meliputi keringan biaya konsultasi dokter umum atau spesialis, obat, atau berbagai alat bantu yang dianjurkan dokter.

5. Membantu Anda mendapatkan pengobatan yang lebih baik

asuransi kesehatan

Fasilitas kesehatan di dalam negeri yang tidak mendukung, bisa menghambat Anda untuk mengobati penyakit. Salah satu kelebihan asuransi adalah Anda dapat mengajukan pengobatan ke luar negeri. Bahkan, bisa digunakan untuk hal yang tidak terencana. Misalnya, mengalami sakit saat bepergian keluar negeri. Asuransi dapat meringankan biaya yang Anda keluarkan untuk pengobatan.

Tapi, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui

Keuntungan yang Anda dapatkan dari asuransi kesehatan sesuai dengan perjanjian yang telah Anda sepakati dengan pihak asuransi. Kemudahan dalam memperoleh pengobatan juga tetap ada batasnya. Kemudian, tidak semua penyakit bisa ditanggung atau diringankan biayanya oleh asuransi.

Contohnya, program asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu BPJS. BPJS sama sekali tidak menanggung biaya perawatan dan pengobatan dari penyakit akibat ketergantungan obat atau alkohol, operasi plastik, atau merapikan gigi (ortodontik).

Kemudian, beberapa asuransi swasta juga umumnya memiliki maksimum penggunaan dana setiap tahunnya untuk rawat jalan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca