Untuk Anda yang tinggal di perkotaan, teriknya sinar matahari tentu bukan lagi hal yang asing untuk Anda. Apalagi kalau Anda perlu berjalan kaki, atau naik angkutan umum untuk menjalani aktivitas rutin Anda, Anda akan terpapar sinar matahari setiap harinya. Atau mungkin Anda yang suka sekali liburan di pantai atau berenang di siang hari di tempat terbuka, tentu saja sinar matahari akan membuatĀ kulit Anda lebih gelap.

Seperti yang mungkin Anda sudah ketahui, matahari memancarkan sinar UV yang tidak baik untuk Anda, terutama untuk kulit. Selama ini, kebanyakan orang bergantung pada sunscreen untuk melindungi kulit Anda dari pancaran sinar UV. Padahal, terkadang sunscreen juga mengandung bahan-bahan kimia lain yang justru berbahaya untuk Anda. Kabar baik untuk Anda, ada jenis-jenis makanan yang dapat membantu Anda menyerang sinar UV. Selain itu, makanan ini juga aman untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Makanan yang mengandung antioksidan adalah makanan yang paling baik untuk menyerang efek sinar UV, karena antioksidan dapat membantu menetralisasi efek dari pancaran sinar UV. Berikut daftar makanan yang dapat membantu Anda menyerang sinar UV:

1. Tomat

Tomat merah (semakin merah semakin bagus) mengandung likopen, yaitu jenis antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Menambahkan saus tomat di makanan Anda sudah terbukti dapat membantu melindungi kulit Anda dari terbakar matahari. Para peneliti menunjukkan bahwa mengonsumsi 5 sendok makan saus tomat setiap harinya meningkatkan 33% proteksi terhadap sinar matahari dibanding dengan tidak mengonsumsi saus tomat sama sekali. Tomat ini lebih mudah diserap oleh tubuh Anda bila sudah dimasak sebab proses memasak tersebut membantu likopen dikeluarkan oleh tomat itu sendiri.

2. Biji labu

Biji labu mengandung zinc, yaitu mineral yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, anti peradangan, melindungi efek radiasi sinar UV, mempercepat penyembuhan luka, dan meningkatkan sistem imun. Bukan saja melindungi kulit wajah Anda rusak akibat paparan sinar matahari, biji labu juga dapat membantu memperlambat tumbuhnya jerawat akibat bakteri.

3. Green tea atau white tea

Green tea dan white tea kaya akan polifenol (terutama catechins) yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, yang bisa jadi dakibatkan dari efek pancaran sinar UV.

4. Minyak zaitun

Belakangan ini sudah banyak orang yang mulaiĀ mengganti margarin atau mentega berlemak biasa dengan minyak zaitun, dengan alasan bahwa minyak zaitun lebih sehat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa minyak zaitun juga mengandung lemak omega-3 yang tinggi, dilengkapi dengan antioksidan dan anti peradangan? Jadi, bukan saja mengurangi risiko Anda terkena kanker kulit akibat paparan sinar UV, minyak zaitun juga bisa membantu Anda memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit.

5. Kunyit

Tahukah Anda bahwa di India (yang notabene makanannya kebanyakan mengandung kunyit) memiliki angka yang rendah dalam pasien pengidap kanker usus besar dan Alzheimer? Menurut ahli, kunyitlah penyebabnya. Kunyit mengandung kurkumin, yaitu komponen yang dapat melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dari sinar UV. Kunyit mengandung komponen antioksidan yang sangat ampuh untuk melawan penyakit akibat radikal bebas.

6. Brokoli

Penelitian menunjukkan bahwa brokoli, yang mengandung banyak serat, dapat membantu mencegah kanker dan mencegah pertumbuhan sel yang tidak sehat, yang bisa jadi disebabkan oleh pancaran sinar UV.

7. Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega 3, yang sudah diketahui bagus untuk otak Anda. Akan tetapi, ternyata asam lemak omega 3 ini juga mengandung anti peradangan dan antioksidan yang baik untuk kulit Anda dalam menyerangi efek sinar UV.

8. Raspberry

Terpapar sinar UV mengakibatkan produksi matrix metalloproteinase enzymes (MMP) pada tubuh Anda, yang merusak kolagen pada kulit. Raspberry mengandung antioksidan yang disebut ellagic acid, yang dapat mencegah produksi enzim MMP ini. Raspberry juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu menyerang kerusakan DNA di sel kulit.

9. Dark chocolate

Dark chocolate kaya akan inpolifenol yang dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. Penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi dark chocolate dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar kulitnya dua kali lebih lama dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengonsumsi dark chocolate. Untuk proteksi kulit yang terbaik, konsumsilah dark chocolate yang mengandung paling sedikit cocoa sebanyak 70%.

10. Walnuts

Walnuts mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, yang dapat menurunkan peradangan pada kulit setelah terpapar sinar UV. Selain itu, walnuts juga bisa membantu tubuh Anda menyerang kanker kulit.

Untuk hasil terbaik, Anda perlu memakan salah satu dari jenis-jenis makanan yang dapat menyerang sinar UV ini setiap harinya. Selain menyerang sinar UV, makanan-makanan ini juga mengandung nutrisi yang memberikan efek baik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

BACA JUGA:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca