Nama Generik: Kapulaga

Manfaat

Untuk apa kapulaga?

Kapulaga adalah jenis rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai penambah rasa serta aroma pada masakan. Rempah ini umum dikonsumsi di Asia terutama di wilayah India dan sekitarnya. Kegunaan utama kapulaga adalah sebagai penguat rasa pada makanan.

Ada banyak manfaat kapulaga, dari penyedap makanan hingga baik bagi kesehatan. Manfaat kapulaga bagi kesehatan adalah untuk mengatasi:

Bahkan rempah-rempah ini dapat membantu menurunkan berat badan. Karena manfaat kapulaga cukup banyak, maka banyak yang mengambil ekstraknya dan kemudian dikemas dalam suplemen herbal.

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada studi yang mencukupi tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Salah satu manfaat kapulaga adalah mencegah dan mengatasi penyakit infeksi. Hal ini disebabkan karena dalam kapulaga terdapat zat yang berperan sebagai antimikroba, yang berarti dapat melawan bakteri tertentu dan jamur.

Sementara, manfaat kapulaga lainnya adalah mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. Sebenarnya, hal ini dapat terjadi karena kapulaga mengandung banyak serat. Dalam satu sendok kapulaga saja, ada 2 gram serat.

Dosis

Informasi yang diberikan tidak dapat digunakan pengganti saran medis. SELALU konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk kapulaga?

Sampai saat ini, tidak ada takaran dosis yang pasti dalam penggunaan suplemen herbal ini. Dosis suplemen kapulaga juga akan berbeda-beda setiap orang, tergantung dengan kondisi kesehatan, usia, serta berbagai kondisi lainnya.

Suplemen herbal tidak selalu aman. Harap diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang tepat.

Dalam bentuk apa saja kapulaga tersedia?

Berbagai bentuk sedian untuk suplemen atau ekstrak kapulaga adalah sebagai berikut:

  • cairan
  • bubuk
  • biji (kering dan utuh)
  • teh

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh kapulaga?

Meski banyak manfaat kapulaga yang ditawarkan, namun penggunaan suplemen herbal ini tetap saja menimbulkan efek samping, yaitu:

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menggunakan kapulaga?

Sebagai makanan dan bahan yang diproduksi dalam skala besar, rempah-rempah diatur oleh AS Food and Drug Administration (FDA). Namun, suplemen makanan tidak diatur, yang berarti ada kemungkinan mereka bisa terkontaminasi dengan bahan lain atau dipasarkan dengan klaim palsu.

Simpan suplemen kapulaga jauh dari sinar matahari dan kelembapan. Gunakan tepat sebelum makan.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah kapulaga?

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa kapulaga tidak aman untuk digunakan. Namun, memang efek samping lanjutan belum diketahui, karena harus dilakukan penelitian lebih dalam lagi.

Tak ada bukti juga apakah rempah-rempah ini aman atau tidak untuk ibu hamil dan menyusui. Akan tetapi, jika Anda sedang hamil atau menyusui, sebaiknya konsultasikan dulu hal ini pada dokter sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi kapulaga?

Suplemen herbal ini dapat berpengaruh dengan obat Anda saat ini atau kondisi medis Anda. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum mengonsumsi kapulaga.

Hello Health Group tidak melayani rekomendasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Februari 14, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 14, 2018