Apa itu fumitory?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Manfaat

Apa manfaat fumitory?

Fumitory adalah tanaman semak liar yang memiliki daun berwarna keabuan dan bunga pink-ungu yang mekar setiap beberapa kali dalam setahun.

Fumitory kerap kali digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti:

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa fumitory mengandung zat yang dapat mengurangi kejang pada saluran empedu atau usus.

Dosis

Informasi yang disediakan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan pengobatan ini.

Berapa dosis  yang biasa digunakan untuk fumitory?

Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja fumitory tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk ramuan kering dan ekstrak.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh fumitory?

Efek samping yang dapat timbul ketika penggunaan herbal fumitory adalah:

  • Penurunan tekanan darah
  • Penurunan denyut nadi
  • Mual dan muntah
  • Anoreksia
  • Gagal ginjal akut
  • Reaksi hipersensitivitas
  • Kejang (apabila overdosis)

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi fumitory?

Simpan fumitory di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari panas dan kelembapan. Selama penggunaan, perhatikan apakah ada reaksi alergi yang muncul. Jika ada, hentikan penggunaan fumitory dan gunakan antihistamin atau terapi lain yang sesuai.

Distribusi dan penggunaan suplemen herbal tidak diatur ketat oleh BPOM layaknya obat medis. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanannya. Sebelum menggunakan, konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut untuk memastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya.

Seberapa amankah fumitory?

Fumitory sebaiknya tidak digunakan selama kehamilan dan menyusui. Herbal ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak. Fumitory tidak boleh digunakan oleh orang-orang dengan gangguan kejang atau alergi terhadap herbal ini.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi fumitory?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan. Untuk memastikan keselamatan Anda, penting untuk selalu memberitahu dokter dan apoteker apa obat dan suplemen lain yang sedang Anda minum.

Fumitory tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat antiaritmia, glikosida jantung, atau beta-blocker. Biasanya, obat-obatan ini dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi atau gangguan fungsi jantung.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 7, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 7, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan