Nama Generik: Ekstrak Pohon Birch

Manfaat

Apa manfaat ekstrak pohon birch?

Pohon birch adalah tanaman yang kerap kali digunakan sebagai obat herbal, dari daun hingga getahnya dapat digunakan untuk mengatasi suatu kondisi tertentu. Contohnya daun birch yang mengandung banyak vitamin C biasa digunakan untuk membuat obat.

Ekstrak pohon birch digunakan secara internal sebagai analgesik, diuretik, dan untuk mengobati infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan asam urat. Herbal ini juga digunakan sebagai pengobatan oles untuk nyeri sendi, nyeri otot, dan kejang otot. Birch juga dapat diterapkan secara eksternal untuk luka dan bisul.

Kegunaan lain termasuk mengobati rambut rontok, dan ruam kulit.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak pohon birch memiliki sifat diuretik. Studi terbaru memfokuskan pada efek birch dalam pengobatan kanker prostat.

Dosis

Informasi yang disediakan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan pengobatan ini.

Berapa dosis  yang biasa digunakan untuk ekstrak pohon birch?

Anda dapat membuat teh birch dengan merebus 2-3 gram kulit kayu dan ranting selama 1 jam; saring airnya dan minum tiga kali sehari. Ketika digunakan secara oles, Anda harus mengoleskan pada daerah yang ingin Anda obati.

Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja birch tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk rebusan daun, kulit kering, minyak esensial, dan teh.

Efek Samping

Apa efek samping ekstrak pohon birch?

Ekstrak pohon birch relatif aman untuk digunakan. Salah satu efek samping yang mungkin adalah reaksi alergi yang dapat menimbulkan gejala gatal dan ruam pada kulit.

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi birch?

Anda harus memerhatikan reaksi alergi, ruam, napas pendek, dan sesak dada. Jika gejala tersebut muncul, gunakan antihistamin (obat alergi) atau pengobatan lain yang dianjurkan dokter. Anda juga dapat memantau parameter jantung dan tekanan darah yang meningkat.

Pada percobaan pertama, Anda harus menghindari kontak kulit langsung dengan ekstrak pohon birch dengan cara menggunakan minyak perantara, menghindari penggunaan pada kulit yang terluka, dan untuk menguji minyak pada daerah yang kecil.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah birch?

Sampai penelitian lebih lanjut tersedia, birch tidak dianjurkan digunakan secara internal oleh orang yang sedang hamil atau menyusui, dan tidak boleh diberikan kepada anak-anak. Birch tidak boleh digunakan oleh orang dengan hipersensitivitas terhadap herbal ini atau dengan kondisi alergi lainnya, atau dengan orang dengan gagal jantung bawaan dan hipertensi.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi birch?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Birch dapat menurunkan efek diuretik dan menyebabkan lintas-sensitivitas bila digunakan dengan seledri.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 27, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 27, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan