Apa itu chromium?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Manfaat

Untuk apa chromium (kromium)?

Chromium adalah zat yang digunakan untuk meningkatkan kontrol gula darah pada orang dengan pra-diabetes, diabetes tipe 1 dan tipe 2, dan gula darah tinggi karena menggunakan steroid.

Herbal yang juga dikenal dengan istilah kromium ini juga bisa digunakan untuk depresi, polycystic ovary syndrome (PCOS), menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada orang yang menggunakan obat jantung beta-blockers.

Beberapa orang menggunakan chromium untuk kondisi tubuh termasuk kehilangan berat badan, meningkatkan otot, dan menurunkan lemak tubuh. Chromium juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja atlet dan menambah energi.

Bagaimana cara kerja chromium (kromium)?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa chromium adalah metal. Ini disebut “elemen esensial” karena chromium dalam jumlah sedikit sangat diperlukan untuk kesehatan manusia.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis chromium (kromium) untuk orang dewasa?

Chromium adalah zat yang bisa digunakan untuk mengataasi diabetes tipe 2. Umumnya bisa digunakan dalam dosis 200-1000 mcg setiap hari dalam beberapa waktu.

Dosis dari suplemen herbal mungkin berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja chromium (kromium) tersedia?

Chromium adalah suplemen kesehatan yang dapat tersedia dalam bentuk kapsul.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh chromium (kromium)?

Chromium adalah suplemen yang dapat mengakibatkan efek samping termasuk:

  • sakit kepala, insomnia, perubahan mood, gelisah, mudah marah
  • dosis tinggi: anemia, thrombocytopenia, hemolisis
  • dosis tinggi: gagal ginjal, disfungsi hati

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi chromium (kromium)?

Ada beberapa jenis chromium yang harus Anda tahu dalam produk suplemen. Umumnya. nutritional trivalent chromium (Cr+3) berbeda dari hexavalent chromium (Cr+6) buatan industri, yang sangat beracun. Industrial hexavalent chromium bertanggung jawab terhadap kelainan serius pada paru dan kanker pada pekerja yang tidak terlindungi.

Simpan chromium pada tempat sejuk, kering, serta jauhkan dari panas dan lembap.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah chromium (kromium)?

Jangan mengonsumsi chromium melebihi dosis dari yang dianjurkan jika digunakan pada anak-anak atau wanita hamil dan menyusui hingga ada penelitian lebih lanjut.

Jangan konsumsi suplemen chromium bila Anda memiliki penyakit ginjal. Jika Anda memiliki penyakit diabetes, gunakan chromium dengan hati-hati dan awasi dengan saksama kadar glukosa darah.

Chromium adalah suplemen yang bisa memengaruhi keseimbangan zat kimia otak dan dapat menambah parah kondisi perilaku atau kejiwaan.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi chromium (kromium)?

Kromium dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Chromium dapat berinteraksi dengan banyak jenis obat dan herbal, di antaranya:

  • antasid
  • obat anti-diabetik
  • asam askorbat
  • obat zat besi

Chromium bisa memengaruhi hasil pemeriksaan seperti glukosa darah, tingkat HDL, dan trigliserida.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Maret 28, 2018