Nama Generik: Chondroitin Reviews:

Manfaat

Untuk apa chondroitin?

Chondroitin digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan glucosamine untuk mengatasi kondisi sendi seperti arthritis. Ia juga digunakan sebagai antithrombotic, agen terapi extravasasi, dan sebagai pengobatan untuk penyakit jantung iskemik dan hiperlipidemia.

Beberapa orang menggunakan chondroitin sulfat untuk penyakit jantung, tulang lemah (osteoporosis), dan kolesterol tinggi. Chondroitin sulfat juga digunakan dalam kompleks dengan zat besi untuk mengatasi anemia kekurangan zat besi.

Beberapa orang dengan arthritis menggunakan chondroitin salep atau krim kulit yang mengandung chondroitin sulfat untuk mengatasi rasa sakit, dalam kombinasi dengan  glucosamine sulfate, tulang rawan, dan camphor.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa studi yang fokus pada penggunaan chondroitin sulfat yang membantu mengatasi sakit arthritis jika digunakan bersamaan dengan obat konvensional, seperti aspirin, untuk nyeri dan bengkak. Tapi setelah itu hasil penelitian tidak lagi positif. Sekarang, ilmuwan percaya bahwa chondroitin sulfat dapat mengurangi sedikit nyeri arthritis.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk chondroitin untuk orang dewasa?

Melalui mulut untuk osteoarthritis: dosis chondroitin sulfat biasanya 200-400 mg 2-3 kali setiap hari atau 1.000-1.200 mg sekali setiap hari.

Penggunaan pada kulit untuk osteoarthritis: krim yang mengandung 50 mg/g chondroitin sulfat, 30 mg/g glucosamine sulfate, 140 mg/g tulang rawan, dan 32 mg/g kamper telah digunakan sebagai kebutuhan untuk nyeri sendi sampai 8 minggu.

Dosis suplemen herbal ini dapat berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang digunakan tergantung usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Suplemen herbal tidak selalu aman. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk dosis yang sesuai.

Dalam bentuk apa saja chondroitin tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk kapsul.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh chondroitin?

Chondroitin dapat menyebabkan beberapa efek samping termasuk alopecia, sembelit, diare, sakit perut, edema kelopak mata, edema ekstremitas bawah, asma dan gejala kulit.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir dengan efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi chondroitin?

Simpan chondroitin pada tempat yang dingin, kering, jauh dari panas, dan lembap.

Jangan gunakan berbarengan dengan anticoagulant, NSAIDs, atau salicylate karena berisiko meningkatkan perdarahan.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah chondroitin?

Tidak banyak yang diketahui tentang penggunaan chondroitin sulfat saat hamil dan menyusui.

Chondroitin sulfate dapat membuat asma memburuk. Penggunaan chondroitin sulfat dapat meningkatkan risiko perdarahan pada orang-orang dengan gangguan penggumpalan darah. Chondroitin dapat menyebabkan penyebaran atau kanker prostat kambuhan.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi chondroitin?

Suplemen herbal ini dapat berpengaruh dengan obat yang sedang digunakan atau kondisi medis Anda. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya.

Peningkatan pada international normalized ratio (INR) dapat terjadi pada pasien yang menggunakan anticoagulant, seperti warfarin (contohnya Coumadin), juga dengan chondroitin sendiri atau dalam kombinasi dengan glucosamine.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 20, 2017 | Terakhir Diedit: Januari 20, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan