Nama Generik: Chaparral

Manfaat

Untuk apa chaparral?

Chaparral adalah salah satu tanaman herbal. Daunnya biasa digunakan untuk dijadikan obat, tapi ada kekhawatiran serius tentang keamanannya. Chaparral banyak ditemukan di semak atau di gurun. Umummnya chaparral digunakan untuk beberapa kondisi berikut:

  • masalah pencernaan termasuk nyeri haid
  • masalah pernapasan termasuk pilek dan infeksi
  • gangguan kulit kronis
  • kanker
  • arthritis, tuberkulosis¬†
  • infeksi saluran urine
  • penyakit kelamin
  • kondisi sisem pusat saraf
  • cacar air
  • infeksi parasit
  • obesitas
  • gigitan ular

Bagaimana cara kerjanya?

Chaparral adalah satu tanaman herbal yang belum diteliti lebih lanjut tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Namun, ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa herbal ini berguna untuk hipoglisemik dan aksi anti tumor. Bahan kimia pada chaparral bekerja sebagai antioksidan. Ekstrak chaparral memiliki bahan aktif ganda, yang paling utama adalah asam nordihydroguaiaretic (NDGA), yang memiliki potensi sifat antioksidan.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk chaparral untuk orang dewasa?

Karena chaparral telah dilaporkan beracun pada dosis ramuan mentah dari dosis takaran 1,5 sampai 3,5 g per hari, penggunaannya sangat tidak disarankan.

Dosis suplemen herbal ini mungkin berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang digunakan tergantung usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Suplemen herbal tidak selalu aman. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk dosis yang sesuai.

Dalam bentuk apa saja chaparral tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, teh, dan larutan.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh chaparral?

Chaparral adalah tanaman yang tidak aman digunakan, menurut Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat yang setara dengan Badan POM di Indonesia. Ada beberapa laporan keracunan serius, hepatitis akut, dan kerusakan ginjal dan hati, termasuk gagal ginjal dan hati. Chaparral dapat juga menyebabkan dermatitis kontak.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir dengan efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi chaparral?

Simpan tanaman atau produk herbal chaparral jauh dari kelembapan dan cahaya matahari. Perhatikan gejala keracunan chaparral (seperti meningkatnya hasil tes hati AST dan ALT, feses berwarna pucat, dan sakit pada bagian tubuh kanan). Jika gejalanya terjadi, penggunaan obat herbal ini harus segera dihentikan.

Perhatikan jika ada gejala dermatitis kontak. Jika terjadi, penggunaan obat herbal ini harus dihentikan. Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah chaparral?

Hindari chaparral karena herbal ini dapat menyebabkan kerusakan hati serius. FDA menyatakan chaparral sebagai obat herbal yang tidak aman digunakan. Jangan berikan chaparral pada anak-anak, wanita hamil, atau menyusui sampai penelitian lebih lanjut tersedia.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika mengonsumsi chaparral?

Suplemen herbal ini dapat berpengaruh dengan obat yang sedang digunakan atau memperparah gejala penyakit Anda. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya. Chaparral dapat berpengaruh dengan beberapa obat:

  • Antikoagulan, antiplatelets, salisilat
  • MAOIs
  • Chaparral dapat meningkatkan ALT, AST, total bilirubin, dan bilirubin urine.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 28, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 28, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan