Apa itu chamomile?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Manfaat

Untuk apa chamomile (kamomil)?

Chamomile adalah tanaman bunga yang telah banyak digunakan  untuk mengobati sakit pada perut dan sebagai obat penenang ringan. Beberapa penelitian awalnya menggunakan kombinasi chamomile dengan tanaman lain, dan menunjukkan bahwa hal tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, seperti pada produk kombinasi lainnya, sulit untuk membuktikan jika manfaat itu datang hanya dari salah satu tanaman saja.

Produk yang berisi dengan chamomile (juga dikenal dengan sebutan kamomil) dan obat herbal lainnya telah terbukti dapat meringankan sakit perut, mulas, mual, dan muntah-muntah. Campuran lainnya dengan chamomile atau kamomil dapat meringankan sakit perut pada bayi.

Chamomile adalah salah satu bunga yang berguna untuk mengurangi luka pada mulut akibat kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa chamomile dapat membantu gejala lainnya, seperti diare pada anak-anak, wasir, cemas, dan insomnia. Ketika digunakan pada kulit, chamomile dapat membantu mengatasi iritasi kulit dan penyembuhan luka. Beberapa penelitian membuktikan jika chamomile juga efektif seperti krim hidrokortison untuk penderita eksim.

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada penelitian valid yang bisa jadi patokan mengenai cara kerja suplemen chamomile ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa salah satu komponen flavonoid pada chamomile, apigenin telah menunjukkan kualitas penenang. Bukti menyatakan bahwa dua flavonoid pada chamomile, yaitu glucoside dan chameameloside, dapat menghasilkan hipoglikemik.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk chamomile untuk orang dewasa?

Chamomile adalah salah satu bunga yang sering dijadikan bahan dalam ramuan herbal. Dosisnya berbeda, tergantung pada jenis dan bentuk chamomile yang Anda gunakan. Dosis yang Anda perlukan juga tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja chamomile tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk dan dosis seperti kapsul, krim yang mengandung chamomile, ekstrak cairan, losion, sampo dan conditioner,  teh, larutan obat, serta berbagai variasi kosmetik.

Efek Samping

Apa efek samping chamomile?

Chamomile adalah salah satu tanaman dalam ramuan herbal dapat menyebab beberapa efek samping, di antaranya:

  • wajah atau mata terasa terbakar
  • mengantuk, dan pada dosis yang lebih tinggi menyebabkan muntah-muntah
  • hipersensitif

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi chamomile?

Simpan chamomile di tempat yang sejuk, kering, jauh dari panas dan lembap. Chamomile mengandung sedikit jumlah coumarin, yang berpengaruh terhadap pengenceran darah ringan, tetapi biasanya hanya pada dosis tinggi untuk waktu yang lama. Hentikan penggunaan chamomile dua minggu sebelum operasi karena kemungkinan terjadinya interaksi dengan obat bius.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah chamomile?

Hati‐hati bagi wanita hamil. Beberapa penelitian menyatakan  bahwa chamomile mungkin dapat berbahaya bagi bayi dalam kandungan dan bisa berdampak pada keguguran. Namun, butuh penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hal ini. Hindari penggunaan chamomile bersamaan dengan obat penenang atau alkohol. Pasalnya, chamomile mungkin dapat meningkatkan efek berbahaya pada masing‐masing zat.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi chamomile?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Menggunakan chamomile German dengan pil KB dapat menurunkan efektivitas dari pil KB. Menggunakan chamomile German dengan pil estrogen dapat menurunkan efektivitas pil estrogen. Chamomile dapat mengubah efek obat yang diubah oleh liver, dan obat penenang.

Menggunakan chamomile German dan warfarin (Coumadin) bersamaan dapat memperlambat pembekuan darah dan menyebabkan luka serta perdarahan. Chamomile adalah bunga dalam rambuan herbal yang juga dapat meningkatkan efek alkohol.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Maret 28, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan