Nama Generik: Buah Bilberry

Manfaat

Untuk apa bilberry?

Buah bilberry adalah buah dari tanaman herbal. Buahnya (baik yang kering maupun matang) dan daunnya digunakan untuk membuat obat.

Buah bilberry digunakan untuk meningkatkan ketajaman penglihatan (termasuk penglihatan di malam hari) mencegah katarak, degenerasi makula, dan glaukoma. Beberapa orang menggunakan bilberry untuk kondisi jantung dan pembuluh darah termasuk pengerasan arteri (aterosklerosis), varises, penurunan aliran darah di pembuluh darah, dan nyeri dada.

Buah bilberry juga digunakan untuk sindrom kelelahan kronis, wasir atau ambeien, diabetes, osteoarthritis, encok, infeksi kulit, gangguan pencernaan, penyakit ginjal, dan infeksi saluran kemih (ISK).

Bilberry juga kadang diterapkan langsung ke bagian dalam mulut untuk nyeri tenggorokan dan keluhan lain pada mulut. Kegunaan bilberry yang lain termasuk mengurangi diare, maag pada orang dewasa atau anak-anak, menjaga kadar insulin, sebagai pencahar, serta sebagai antiseptik kemih.

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada penelitian yang cukup tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bilberry mengandung bahan kimia yang disebut tanin yang dapat membantu mengatasi diare serta iritasi pada mulut dan tenggorokan, dengan mengurangi pembengkakan (radang).

Ada juga beberapa bukti bahwa bahan kimia yang ditemukan dalam daun bilberry dapat membantu gula darah dan kadar kolesterol yang lebih rendah. Beberapa peneliti berpikir bahwa bahan kimia yang disebut flavonoid dalam daun bilberry juga dapat meningkatkan sirkulasi pada penderita diabetes. Masalah sirkulasi yang tidak ditangani dapat membahayakan retina mata.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk bilberry untuk orang dewasa?

Dosis untuk buah bilberry kering dan buah matang yaitu 20-60 gram sehari. Bisa juga diminum sebagai teh yang dibuat dari 5-10 gram (1-2 sendok teh) dari buah tumbuk. Dosis 160 mg ekstrak bilberry dipakai dua kali sehari telah diresepkan pada orang yang sakit pada retina.

Daun bilberry umumnya digunakan sebagai teh. Teh disiapkan oleh seduhan 1 gram atau 1-2 sendok teh, cincang halus daun kering di dalam 150 air mendidih ml selama 5-10 menit, kemudian saring. Jangan gunakan daun bilberry dalam jangka panjang.

Dosis suplemen herbal ini berbeda-beda bagi setiap pasien, karena ini tergantung  pada umur, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Suplemen herbal tidak selalu aman digunakan. Konsultasikan dengan herbalis atau dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Dalam bentuk apa saja bilberry tersedia?

Buah bilberry yang dijadikan suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk berikut:

  • kapsul
  • ekstrak cairan
  • buah segar
  • akar atau daun kering

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh bilberry?

Bilberry mungkin memiliki beberapa efek samping termasuk:

  • mata kering
  • mulut kering
  • sakit perut
  • sembelit

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menonsumsi bilberry?

Produk ini belum disetujui oleh Food and Drug Administration di Amerika Serikat (setara dengan BPOM Kementerian Kesehatan RI) meskipun diizinkan di negara-negara lain. Namunm ini berarti keselamatan dan kemanjurannya belum dipastikan. Keamanan jangka panjang dari produk herbal ini tidak diketahui dan sangat mungkin tidak aman.

Bilberry dapat memengaruhi kadar glukosa darah. Ini bisa mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Berhenti menggunakan bilberry setidaknya dua minggu sebelum operasi dijadwalkan.

Anda harus catat obat atau ramuan yang Anda gunakan atau yang berencana Anda gunakan dengan dokter Anda ketika mulai menggunakan bilberry. Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah bilberry?

Bilberry cukup aman untuk ibu hamil dan menyusui serta anak-anak. Namun, ingat untuk menggunakan bilberry secukupnya. Jumlah besar penggunaan bilberry mungkin tidak aman. Jangan gunakan bilberry untuk orang-orang yang alergi.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi bilberry?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan obat Anda saat ini atau kondisi medis Anda. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.
Daun bilberry dapat menurunkan gula darah. Penggunaan daun bilberry bersama dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah Anda terlalu rendah. Monitor gula darah Anda dengan cermat.



Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 19, 2018 | Terakhir Diedit: April 19, 2018