Nama Generik: Buah Bayberry

Manfaat

Untuk apa bayberry?

Buah bayberry adalah salah satu jenis buah dalam keluarga beri. Secara tradisional, buah bayberry telah digunakan atau diracik untuk mengobati diare, sakit kuning, batuk, dan pilek, serta untuk mendorong emesis, sebagai antipiretik, dan perdarahan rahim.

Bentuk obat oles dari buah bayberry digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti varises, wasir, bisul, dan untuk membantu penyembuhan luka. Herbal dari buah bayberry  ini juga digunakan sebagai obat semprot untuk pengobatan leucorrhea (keputihan dan cairan vagina warna kuning). Bayberry dapat digunakan sebagai obat kumur untuk meredakan sakit tenggorokan dan sakit gusi.

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada penelitian yang cukup mengenai cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bayberry mengandung bahan kimia yang  disebut tanin. Tanin ini memiliki efek mengeringkan kulit.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk bayberry untuk orang dewasa?

Tidak ada bukti klinis terbaru untuk petunjuk dosis bayberry. Penggunaan umum dari kulit buah bayberry dan ekstrak kulit kayu yang digunakan sebanyak 0,5 gram per hari.

Dosis dari suplemen herbal mungkin berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja bayberry tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai kapsul, ekstrak cairan, dan teh.

Efek Samping

Apa efek samping bayberry?

Buah bayberry mungkin menyebabkan beberapa efek samping. Di antaranya yaitu:

  • Hipertensi (tekanan darah tinggi), bertambahnya berat badan, atau retensi cairan.
  • Mual, muntah, anoreksia, iritasi lambung, dan hepatotoksisitas.
  • Rhinitis alergi atau hipersensitivitas.

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi bayberry?

Sewaktu menggunakan herbal buah bayberry, Anda harus memerhatikan gejala penyakit jantung (hipertensi, takikardia); memantau tekanan darah, denyut nadi, dan berat badan Anda selama seminggu.

Anda harus secara teratur memeriksa berat badan Anda untuk memantau edema (penumpukan cairan).

Hati-hati, penggunaan bayberry yang berlebihan dalam dosis besar dapat menyebabkan mual dan muntah.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah bayberry?

Jangan berikan suplemen atau buah bayberry pada anak-anak atau wanita yang sedang hamil atau menyusui sampai penelitian lebih lanjut tersedia. Jangan mengonsumsi  bayberry jika Anda alergi. Serbuk sari bayberry juga telah tercatat sebagai aeroallergen (alergen yang ada di udara, seperti serbuk sari).

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi bayberry?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan. Buah bayberry mungkin memiliki interaksi dengan obat antihipertensi. Hal ini dapat meningkatkan retensi natrium dan air.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 19, 2018 | Terakhir Diedit: April 19, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan